Perkenalkan, Tana Toraja, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Kota kecil ini merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia. Hal yang paling dikenal dari daerah ini adalah upacara adat pemakamannya yang terkesan cukup hedon, berbau mistis, ngeri tapi sangat menarik dan unik.

Keunikan Tana Toraja tidak berhenti sampai disitu. Ada begitu banyak objek wisata yang instagramable dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi dengan pesonanya yang mampu memikat mata wisatawan. Berikut adalah 3 objek wisata Tana Toraja yang sayang banget kalau kamu lewatkan!

  1. Lolai (Negeri di Atas Awan)

Obyek wisata di Tana Toraja yang paling diminati wisatawan adalah Lolai yang berlokasi di Kapala Pitu, Rantepao. Rasa penat selama diperjalan yang berliku-liku, sempit dan menanjak dapat terbayar lunas setelah sampai dipuncak Lolai yang berada di ketinggian 1.300 mdpl. Wahh.. beneran serasa udah diatas awan yaah

Disarankan untuk datang ke tempat ini sebelum jam 5 subuh yaa.. agar bisa menyaksikan indahnya matahari terbit. Di Lolai juga kalian boleh banget membawa atau menyewa tenda untuk berkemah

2.  Londa

Pernah denger gak sih tentang peti mayat yang disimpan didalam tebing? Bagi kamu yang suka berwisata ke tempat berbau mistis dengan penuh petualangan, sayang banget kalau melewatkan tempat wisata satu ini. Di Londa kamu bisa berjelajah ke dalam gua di bawah tebing, melewati tengkorak-tengkorak dan peti-peti yang menyimpan ceritanya masing-masing. Ada yang ceritanya mirip kisah Romeo and Juliet looh. Ada juga mitos yang mengatakan jika kamu berfoto bersama seseorang di belakang batu dalam gua yang berbentuk frame love, maka kalian akan berjodoh.

Selama berjelajah di dalam gua kamu bakal dipandu oleh seorang tour guide dari masuk hingga keluar dari gua.

3.  Pango-Pango

Selain menyajikan wisata berbau mistis, Tana Toraja juga punya tempat wisata yang bertema fantasi lohh! Di Pango-Pango kamu bisa merasa seakan-akan berada di film The Hobbit. Dengan rumah-rumah mungil ala hobbit yang dikelilingi pohon pinus dengan udara sejuk dan tentunya sangat cocok sebagai tempat piknik maupun berkemah.

4. Tilangnga

Tilangnga ini merupakan tempat permandian mata air di Toraja yang berbentuk telaga. Airnya yang jernih bersumber langsung dari mata air yang keluar dari celah-celah bebatuan dan tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau. Di dalam telaga ini juga terdapat ikan masapi yang akan muncul ke permukaan bila diberi makan telur rebus. Pemandangan alam yang indah, air jernih dan suasana yang sejuk juga tenang menjadikan tempat ini sangat cocok untuk berefreshing dan rileks.

5. Ollon

Bukan hanya telaga dan wisata mistis yang bisa kamu temukan di Toraja. Ada surga  tersembunyi juga yang dapat kamu nikmati di sana. Pesona bukit Ollon atau sering juga disebut bukit Teletubbies sangat sulit untuk ditolak. Udara sejuk dengan pemandangan savana yang sangat indah menjadi daya tariknya. Ollon juga menyewakan tunggangan kuda untuk bisa berkeliling santai. Vibesnya cocok juga nih untuk kamu foto prewedding hehe..

“Jangan mati sebelum ke Toraja” sungguh slogan pariwisata Tana Toraja yang tepat. Sangatlah disayangkan jika melewatkan menyaksikan langsung keindahan Tana Toraja yang misterius.