Anda pasti tidak asing lagi mendengar kata “mental illness”, tetapi sering kali anda tidak mengerti apa itu mental illness. Hal tersebut di sebabkan karena kurangnya keinginan orang -orang untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu mental illness, bahkan cendrung mengabaikan hal tersebut. Akibat banyaknya orang yang tidak memiliki pengetahuan lebih dalam akan kesehatan mental, sehingga kita tidak menyadari bahwa bisa saja orang – orang yang berada di sekeliling kita merupakan salah satu pengidap mental illness. Di Indonesia, mental illness merupakan suatu hal yang tabu. Banyak orang yang menganggap bahwa penderita gangguan kesehatan mental adalah orang yang aneh, harus dihindari dan memalukan. Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang mengidap gangguan kesehatan mental tidak berani untuk menunjukkan bahwa dirinya itu sakit. Dan hal tersebut bisa memperburuk kondisi orang-orang pengidap mental illness di sekitar kita, karena tidak adanya dukungan social dan adanya tekanan yang terus menerus datang dari orang sekitar.

Seperti yang kita tahu pada tahun 2009, salah satu artis Indonesia yaitu Marshanda atau yang lebih akrab di sapa Caca pernah membuat suatu video yang di publikasikan di youtube. Sebagai artis yang dikenal banyak orang, video itu pun langsung menjadi perbicangan hangat para warganet. Di video tersebut Marshanda terlihat meluapan kekesalanya terhadap orang di sekitarnya. Dan pada beberapa tahun kemudian Caca mengaku bahwa pada saat itu dia sedang depresi dan dia menyatakan bahwa dia mengidap bipolar yaitu salah satu penyakitan gangguan jiwa.

Dari cerita tersebut kita bisa tahu bahwa kebanyakan orang yang mengidap gangguan kesehatan mental tidak berani untuk menunjukkan bahwa dirinya itu sakit. Karena begitu banyak stigma-stigma masyrakat tentang mental illness yang menimbulkan keengganan bagi para penderitanya untuk cerita kepada orang di sekitarnya. Maka dari penting sekali bagi kalian semua yang berda di sekelilingna untuk mendukung dan mendampinginya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara memperlakukan orang dengan gangguan mental yang perlu Anda ketahui:

1.      berikan mereka ruang untuk mengekspresikan perasaan mereka sendiri, dengarkan, dan biarkan mereka tahu bahwa mereka didengar. 2.      Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka alami dan yakinkan mereka bahwa Anda tidak menghakimi mereka.3.       Dengan menjadikan diri Anda tempat yang aman bagi mereka, Anda dapat membantu mencegah mereka menarik diri dari penyakit mereka dan kehilangan kontak dengan dunia di sekitar mereka. Ini adalah bagian penting dari pengaturan mereka untuk sukses, karena dukungan sosial sangat berkorelasi dengan hasil yang lebih baik.

Seperti yang dikatakan Maxwell:“Your love, acceptance, and patients are more effective than you will ever realize. My parents will likely never know how important, how life-saving, and life-changing their support was for me, especially when I was in full resistance mode. So although you may feel helpless and see little progress at times, without those three elements—any other kind of help is empty. It does get better.”