Film “Tom & Jerry” adalah film kartun anak-anak yang menceritakan kehidupan seekor kucing, tikus dan anjing di satu lingkungan. Di film tersebut, sang kucing selalu menghindari sang anjing yang suka mengganggu sang kucing. Tetapi, tahukah anda bahwa anjing dan kucing bisa hidup rukun bersama? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memelihara anjing dan kucing bersamaan.

            Yang pertama adalah anjing dan kucing dikenalkan sejak masih kecil. Jika mereka sudah berumur lebih dari satu tahun, itu akan lebih sulit untuk memelihara mereka karena mereka tidak biasa dengan adanya binatang lain. Ada solusi yang dapat dilakukan jika pemelihara mempunyai anjing yang berumur satu tahun dan ingin memelihara kucing, yaitu pemelihara harus melatih anjing mereka untuk menuruti perintah pemelihara agar tidak menggangu kucing barunya.

Yang kedua, berikan mereka privasinya masing-masing. Tempatkan mereka di kandang yang berbeda tetapi di ruangan yang sama agar mereka mempunyai wilayahnya masing-masing. Mereka juga harus mempunyai tempat makan dan minum masing-masing. Jika tidak maka akan terjadi keributan diantara mereka. Pemelihara harus tetap mengawasi kedua binatang tersebut agar tidak merebut wilayah yang lain.

Yang ketiga, anjing dan kucing harus saling mencium baunya masing-masing. Mereka akan lebih tenang jika sudah biasa dengan bau yang biasa mereka cium. Pemelihara bisa melakukan cara ketiga tersebut dengan menaruh mainan anjing yang biasa digigit di kandang kucing dan menaruh mainan kucing mereka di kandang anjing. Itu adalah cara termudah untuk mengenalkan bau dari masing-masing binatang tersebut. Ketika pemeihara sudah melakukan ketiga cara tersebut, pemelihara akan menikmati anjing dan kcuing mereka bermain bersama di satu ruangan yang sama.

            Untuk melakukan cara-cara tersebut, pemelihara anjing dan kucing membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pemelihara harus bersikap sabar dengan prosesnya dan melakukan ketiga cara tersebut perlahan. Wajar jika pemelihara merasa gagal, tetapi pemelihara tetap harus mencobanya lagi sampai anjing dan kucing mereka hidup rukun. Pemelihara juga harus bisa bersikap tegas kepada binatang peliharaannya agar menuruti perintah sang