Tidak jarang kita sering merasakan sifat malas, kita sering menunda-nunda pekerjaan yang cukup penting dan mengerjakannya ketika mendekati deadline. Mengerjakan tugas ketika mendekati deadline merupakan kebiasaan yang buruk dan akan berdampak di masa depan.

Semua tugas yang bisa kamu kerjakan dengan tepat waktu dan maksimal akan keteteran serta tidak maksimal, sehingga pekerjaan tersebut bisa menjadi beban buat kamu dan menimbulkan stres. Berikut merupakan tips agar kamu tidak bermalas-malasan lagi.

  1. Menggunakan Metode Kaizen

Jepang merupakan negara yang dikenal memiliki masyarkat dengan etos kerja yang baik dan memiliki etika, orang Jepang sering menggunakan prinsip mengulang berbagai macam rutinitas yang bersifat positif pada setiap hari. Prinsip tersebut dinamakan Kaizen dan sering digunakan oleh masyarakat Jepang sejak kecil.

 Kaizen juga dikenal sebagai prinsip satu menit, melakukan sesuatu yang berisat positif selama satu menit dan jika itu dilakuka secara rutin akan menjadi kebiasaan dan tentunya juga akan menambah ilmu.

  1. Menumbuhkan Motivasi

Perasaan malas tersebut muncul karena tidak adanya motivasi atau dorongan untuk maju. Kita melakukan pekerjaan membutuhkan motivasi agar target kita tercapai. Misalnya motivasi kamu adalah untuk membanggakan orang tua, tanpa sadar kita pastinya akan bekerja keras untuk membanggakan orang tua .

  1. Membuat Target

Dengan membuat target, tujuan hidup kamu semakin jelas dan terarah. Selain itu target akan membuat kamu bekerja keras untuk berusaha mencapai target yang kamu inginkan.

  1. Memberikan Self Reward

Setelah mencapai target yang kamu inginkan itu , sebaiknya kamu memberikan Self Reward. Self Reward  adalah memberikan hadiah kepada diri sendiri yang sudah bekerja keras. Hadiah itu bisa berupa shopping, nonton konser atau jalan-jalan. Dengan kamu melakukan ini, kamu akan semangat untuk mencapai target selanjutnya.

  1. Menghindari alat elektronik pada saat pagi hari

Jika kamu bangun tidur kemudian langsung memainkan alat elektronik, itu akan membuat diri kamu bermalas-malasan sepanjang hari di tempat tidur. Sebab kamu sudah keasyikan dengan alat elektronik yang kamu gunakan dan melupakan agenda yang akan kamu lakukan.