Skateboard memang nggak pernah kehilangan penggemarnya. Apalagi, dengan bermunculan berbagai tempat bermain skate yang nyaman dan aman buat para skater. Tentunya makin banyak juga orang yang tertarik untuk mencoba olahraga ekstrim satu ini. Apakah kamu juga termasuk yang ingin mencoba hobi main skateboard? Sebelum memulai hobi ini, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan pahami agar melaju di atas skateboard jadi lancar dan aman.

Mengingat banyaknya resiko yang bisa didapatkan seperti terjatuh, kaki terkilir, atau bahkan bisa patah tulang maka permainan yang satu ini nggak bisa dianggap remeh. Apalagi kalau kamu punya ambisi jadi skater profesional yang melakukan trik bagus saat bermain di atas skateboard. Karena hampir semua skater professional pasti pernah merasakan cedera seperti yang disebutkan diatas. Oleh karena itu, disini saya akan menjelasakan 4 teknik dasar bermain skateboard untuk pemula, Semoga membantu!

  • Mulai dari belajar jatuh-kendalikan-lompat                                            

Saat mengawali hobi skate, hal pertama yang perlu dipelajari adalah teknik jatuh. Tentu saat bermain skate, pemula akan sering jatuh karena belum terbiasa. Jika tidak hati-hati, posisi atau cara jatuh yang salah bisa saja berakibat fatal. Jadi, pastikan kamu menguasai teknik jatuh yang benar agar belajar main skate bisa jadi lebih aman dan mengurangi resiko cedera.

  • Semua teknik bisa dikembangkan dari lompatan (Ollie)

Teknik melompat alias “Ollie” ini pelan-pelan bisa kamu kembangkan menjadi teknik lainnya seperti loncat memutar sehingga papannya menempel. Lalu, teknik ini bisa dikembangkan lagi menjadi putaran papan skate  Setelah menghapal teknik-teknik dasar melompat, perlahan kamu bisa mulai mencoba menaiki benda seperti bangku atau rail flatbar. Semua trik ini bisa kamu satukan dan coba aplikasikan pada obstacle lain yang cocok untuk bermain skate.

  • Jaga keseimbangan dan kenali kekuatan kaki sendiri

Kesalahan umum yang kerap dilakukan skater pemula yaitu mengenai posisi kaki di atas papan skate. Hal ini penting karena akan mempengaruhi keseimbangan dan pengendalian dari papan skate. Pahami kekuatan kaki sendiri. Kaki mana yang lebih cepat merespon dalam mengendalikan papan, dan yang mana yang lebih merespon untuk melepas papan saat kamu mulai kehilangan kendali.

  • Pilih papan skate yang cocok dengan ukuran kaki

Meski papan skate tidak ada yang dibuat khusus untuk nyaman digunakan saat masih dalam fase belajar, bukan berarti nggak ada yang perlu kamu perhatikan saat memilih papan skate. Memilih papan skate harus disesuaikan dengan ukuran dan kenyamanan dari kaki sendiri. Misalkan untuk yang memiliki kaki yang lebar, maka memakai papan skate yang berukuran lebar akan lebih nyaman, dan bagi yang memiliki kaki yang kecil, tentu akan lebih nyaman jika memakai papan skate yang berukuran kecil.

Itulah beberapa teknik dasar bermain skateboard untuk para pemula versi saya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin memulai belajar bermain skateboard namun masih takut dan ragu. Semoga bermanfaat!