Setelah 150 juta tahun lamanya bertahan hidup, kini ilmuwan dari Science of The Total Enviroment menyatakan bahwa ikan Chinese Paddlefish (Psephurus gladius) dinyatakan punah.

Chinese Paddlefish merupakan ikan endemic yang berasal dari Sungai Yangtze, China. Dahulu ikan ini umum dijumpai dan ukurannya dapat mencapai 9,8 kaki atau 3 meter, menjadikannya salah satu spesies ikan air tawar terbesar selain Arapaima gigas . Ikan ini hidup di perairan menengah dan hidup dengan memakan ikan yang berukuran kecil hingga sedang. Umumnya ikan ini di jumpai di muara dan berenang kembali ke sungai untuk bertelur.

Penyebab utama punahnya ikan ini adalah pemancingan yang berlebihan dan juga berdirinya bendungan di sungai Yangtze. Semenjak dibangunnya bendungan sungai Yangtze pada tahun 2012, jumlah Chinese Paddlefish beserta ikan endemic lainnya seperti Yangtze River Dolphin mengalami penurunan yang drastis, dikarenakan mereka menggunakan jalur yang telah tertutup bendungan tersebut untuk berkembang biak.

Dengan terus berjalannya penggunaan bendungan yang berada di Sungai Yangtze, serta pemancingan yang berlebihan, akan terus mendukung punahnya spesies – spesies ikan, serangga, amphibi, serta tanaman endemik yang berada disana.