Kendaraan listrik pada saat ini sudah banyak diciptakan oleh berbagai merk otomotif mobil maupun motor di dunia. Indonesia tentunya juga ikut turut memberikan sumbangsih dengan meluncurkan motor listrik dengan merk Gesits. Tentu motor ini diciptakan langsung oleh anak bangsa. Kira-kira bagaimana ya ulasannya? 

 

Motor ini hasil dari kerja sama antara PT Gesits Technologies Indo (GTI) dan Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Ini merupakan hal yang inovatif terlebih untuk industri otomotif di Indonesia. Dengan menciptakan motor listrik dan menjualnya secara massal, maka dapat membantu membersihkan polusi di kota. Apalagi tingkat polusi di Indonesia sebagian besar dari kendaraan motor karena jumlahnya yang sangat banyak.

Motor ini pertama kali diluncurkan pada event otomotif IIMS (Indonesia International Motor Show) tahun 2019. Tentunya motor ini sudah di resmikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo. Masyarakat juga antusias untuk mencobanya. Di pameran tersebut juga tersedia motor untuk dicoba bagaimana performa, dan pengalaman berkendaranya.

Dari segi design, motor ini mempunyai design layaknya skutik-skutik lainnya hanya saja ada beberapa tarikan dan lengkungan yang unik. Banyak design yang menekuk sehingga mengeluarkan kesan sporty dan dinamis pada motor. Selain itu motor juga terlihat ramping dan mudah untuk dikontrol saat perjalanan macet.

Dilihat dari depan design motor ini terlihat seperti Honda Vario 125 LED, namun hanya lebih ramping dibagian sayap dan belakangnya. Pada bagian dek depan, motor ini mempunyai luas yang cukup tetapi tidak lebih. Untuk jok penumpang terlihat ramping dan kecil tetapi untuk perjalanan dekat masih terbilang nyaman.

Pada Bagian belakang karena motor ini tidak mempunyai knalpot dan hanya memiliki belt dan satu suspensi di tengah,  maka terlihat sederhana dan ramping. Terlihat sekali ban motor ini yang sudah disertai rem cakram dan lampu LED yang dinamis dibagian belakang maupun depan. Serta yang unik yaitu pegangan belakang yang memisah dan lancip. Untuk penumpang belakang memang mendapat jok yang kecil dan ramping tetapi tetap nyaman untuk postur badan yang tidak tinggi.

Untuk faktor dapur pacunya, ia dilengkapi dengan Motor Listrik 5 KW dengan Baterai 50 V, 40 AH berjenis Li-Ion (Lithium-Ion). Baterai motor ini dapat diisi secara penuh dengan waktu 3-4 jam. Kelebihannya baterai ini dapat dengan mudah di ganti ketika baterai habis atau disebut dengan battery swapping. Motor Gesits ini mampu melaju 5 kW pada putaran ke 3600 rpm dan maksimum torsi mencapai 30 Nm per 3600 rpm.

Ketahanan daya baterai motor ini mampu mencapai 50 Km dengan satu baterai atau 100 Km dengan dua baterai. Untuk kebutuhan perjalanan harian mungkin memang cukup tetapi untuk perjalanan jauh ditambah jumlah pengisian battery di Indonesia belum memadai. Baterai juga bisa diisi di rumah masing-masing dengan  charger port yang telah diberikan saat membeli.

Kesimpulannya motor listrik Gesits ini sangat memberikan pandangan dan pilihan baru bagi kita yang ingin membantu industri otomotif di Indonesia dan membantu mengurangi polusi di kota. Dengan harga yang dibanderol Rp. 24.900.000 Off The Road motor ini mampu memberikan kesan modern dengan berbagai fitur yang baik dan bentuk yang sporty. Demikian ulasan mengenai Motor listrik karya anak bangsa ini semoga dapat memberikan informasi.