Ada salah satu quotes dari Film Joker yang menunjukkan betapa buruknya stigma tentang mental illness di masyarakat, “the worst part of having a mental illness is people expect you to behave as if you don’t”. Di Indonesia sendiri, bicara tentang mental illness, masih menjadi pembicaraan yang tabu.

Masyarakat masih percaya bahwa mental illness adalah hal yang harus disembunyikan dan memalukan. Padahal, dengan kita terbuka membicarakannya, korban bisa lebih mudah untuk terbantu dan orang sekitarnya bisa lebih baik dalam memperlakukan mereka. Jadi, penting sekali untuk mengubah stigma negatif tersebut, dan pembicaraan tentang kesehatan mental dapat menjadi obrolan sehari-hari.

Nah, jika teman-teman ingin ikut aktif terlibat dalam kampanye kesehatan mental, atau membutuhkan kawan untuk bercerita, berikut beberapa komunitas dan yayasan yang aktif dalam isu kesehatan mental:

  1. Into The Light

Didirikan pada Mei 2013 oleh Benny Prawira, Komunitas Into The Light diharapkan dapat menjadi wadah untuk masyakat berbagi tentang kesehatan mental, terutama dalam upaya pencegahan bunuh diri. Tagline yang diangkat komunitas ini adalah “Hapus Stigma, Peduli Sesama, Sayangi Jiwa”. Untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang kesehatan mental, komunitas ini rutin membuat berbagai diskusi, movie screening, sharing story, dan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan Komunitas Into The Light dapat dicek di kanal Instagram @intothelight

  1. I Smile 4 You.

Komunitas ini didirikan oleh Fika Dian ini  fokus untuk  “menyebarkan senyuman”, agar masyarakat tidak merasa sendiri dan dikucilkan. Komunitas ini percaya bahwa senyuman dapat mengubah mood seseorang. Yuk kenal lebih jauh dengan komunitas ini dengan mengunjungi kanal Instagram mereka @I_smile4you

  1. Sehatmental.id

SehatMental.id didirikan pada Mei 2015 oleh Ade Binarko yang dibantu oleh Dr. Vivid Argarini, akademisi dan praktisi komunikasi, dan dr. Rama Giovani, Sp.KJ, seorang psikiater. Sehatmental.id bertujuan untuk memberikan ruang serta informasi yang berkaitan dengan kesehatan mental melalui media digital, terutama media sosial dan website. Nah, buat tahu lebih dalam lagi, yuk kunjungi laman mereka di sehatmental.id.

  1. Indonesia Mental Health Foundation

Nah kalau yang satu ini bentuknya yayasan yang fokus kepada isu kesehatan jiwa. Yayasan ini aktif untuk memberikan layanan rehabilitasi, kesehatan, edukasi dan advokasi untuk mereka yang membutuhkan. Untuk kenal lebih lanjut, yuk kunjungi laman mereka di mentalhealthcare.or.id atau melalui surel kepada mentalitycareid@gmail.com.