Jakarta, 26 Oktober 2019 – Communication Department BINUS University kembali mengadakan kompetisi tahunan Communication in Action 2019 (COMIC 2019) dengan tema “Mental health Awareness”. Kompetisi ini mengusung tiga (3) mata lomba: Video Campaign, Proposal Campaign dan e-Poster dengan 107 total karya yang terkumpul dari berbagai universitas di Indonesia. Acara puncak telah dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2019 yang lalu, Fdi Recreation Room, Library Anggrek Campus, BINUS University, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27 Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Tema COMIC 2019, sejalan dengan tema besar kampanye yang diangkat oleh Communication Department BINUS University pada tahun 2019. Kampanye mental health awareness merupakan bentuk keseriusan Communication Department BINUS University dalam menanggapi isu-isu seputar pentingnya menjaga kesehatan mental di kalangan generasi muda.

Para ahli menyebutkan bahwa sehat mental merupakan suatu keadaan di mana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri dan dapat menikmati hidup serta menciptakan keseimbangan antara aktivitas kehidupan dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis . Mental health meliputi kesejahteraan subyektif pada kondisi emosional, psikologis, dan kesejahteraan sosial. Artinya, kesehatan emosional seseorang dapat mempengaruhi kesehatan fisiknya.

Mental health masih menjadi pembahasan yang tabu karena masih banyak disalahartikan dengan penyakit jiwa. Kurangnya pemahaman masyarakat ini membuat stigma negatif tentang kesehatan mental masih membutuhkan banyak perhatian. Padahal kesehatan mental tak kalah pentingnya dengan kesehatan jasmani. Karena itu perlu kesadaran lebih untuk terus mejaga kesehatan mental kita” ujar Maria Anggia selaku Head of Communication Department, BINUS University. Maria juga menambahkan bahwa melalui event COMIC 2019, Communication Department, BINUS University mengajak para generasi muda untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai kesehatan mental.

Rangkaian event COMIC 2019 juga diisi dengan mini talkshow dengan judul “Mental Health for Youth: Let’s Change the Stigma and Talk About It” bersama para ahli yang menekuni bidang kesehatan mental. Pembicara pada sesi sharing session yang ikut meramaikan COMIC 2019 adalah Slamet Rivai dari Komunitas #ISmile4You, Arif Fajar Saputra yang merupakan Co-Founder ibunda.id dan Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi. dari Jurusan Psikologi, BINUS University.

Setelah sesi talkshow, acara COMIC 2019 dilanjutkan dengan presentasi para finalis setiap mata lomba. Sebagai juri kompetisi COMIC 2019 adalah Bapak Medo Maulianza selaku Eksekutif Produser Metro TV, Tamara Amelia, selaku PR Komunitas #ISmile4You dan Dr. Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi. selaku dosen Jurusan Psikologi, BINUS University. Pada sesi penjurian, para finalis diminta untuk menceritakan ide dan gagasan karya lomba mereka di depan para juri dan audience.

Pemenang COMIC 2019 kategori e-Poster adalah Scientific Medico dari Universitas Muhammadiyah Malang, Ella Xenia Maharani dari Binus University, dan KOI dari Universitas Prasetiya Mulya. Sedangkan pemenang untuk kategori Campaign Proposal adalah PRemiere dari Universitas Gajah Mada, Oranger dari Universitas Diponegoro, dan Vialactea dari Binus University. Terakhir, pemenang dari kategori Video Campaign adalah Joins Production dari Binus University, Nestapa dari Universitas Brawijaya, dan SKS Prod. dari Binus University.

Communication in Action 2019 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami pentingnya kesehatan mental.