Di bulan Oktober ini, isu kesehatan mental menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan, terutama di kanal media sosial. Kesehatan mental sendiri adalah cara berpikir, serta kemampuan untuk menghadapi berbagai masalah. Bertepatan dengan hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh di setiap tanggal 10 Oktober, semakin penting untuk menyadari bahwa kita tidak hanya perlu menjaga kesehatan fisik saja melainkan juga perlu menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental sangat penting bagi semua orang, termasuk kalian yang sudah bekerja. Kesehatan mental yang tidak dijaga akan berdampak pada gangguan atau penyakit lain yang lebih serius. Jika kita memiliki kesehatan mental yang baik maka kita akan lebih mudah untuk menentukan tujuan hidup, energi untuk bekerja, dan kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

Nah, lalu gimana sih caranya menjaga kesehatan mental?

Di artikel ini, kita akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang sudah bekerja agar kesehatan mental kalian tetap prima. Simak lima cara menjaga kesehatan mental di bawah ini:

  1. Menjalin komunikasi dan terbuka mengenai perasaan kita

Seperti yang kita ketahui, kesehatan mental dipengaruhi oleh banyaknya faktor. Tetapi, yang menjadi pemicu utama mental kita tidak sehat adalah sulitnya managing stres di lingkungan kita termasuk di tempat kerja. Untuk menjaga kesehatan mental bisa dimulai dari hal kecil terlebih dahulu, yaitu rajin menjalin komunikasi. Kalau kalian sudah merasa terbebani dalam kerjaan atau merasa stress, mulailah bercerita dengan orang-orang terdekat – atau bisa memanfaatkan jasa konseling dari kantor. Dengan bercerita, kita tidak memendam emosi sendirian dan bisa mendapatkan jalan keluar yang terbaik untuk masalah yang dihadapi.

  1. Pastikan kesehatan fisik kamu baik

Ternyata, kondisi kesehatan mental kamu itu dipengaruhi juga oleh kondisi kesehatan fisik. Apa kalian ingat pepatah yang mengatakan bahwa “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”? Pepatah ini ternyata ada benarnya. Makanya, penting untuk meluangkan waktu berolahraga dan menjaga asupan makanan setiap hari. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih ya.

  1. Take a break

Rutinitas bisa menjadi salah satu penyebab stress, sehingga penting bagi kita untuk mengambil rehat sejenak ketika bekerja. Rehat yang diambil bisa berbentuk macam-macam, mulai dari jeda selama 5 menit tidak melakukan apapun hingga liburan ketika weekend. Jangan lupa, cuti itu adalah hak kalian lho, karena seringkali kita segan untuk mengambil cuti ketika sedang stress. Cobalah untuk merencanakan periode-periode liburan untuk setahun mendatang. Kalau kita sudah merencanakan liburan biasanya pikiranpun akan positif dan lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

  1. Jangan lupakan hobi

Menjadi pekerja terkadang kita hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan hobi. Padahal hobi itu penting untuk kesehatan mental lho. Dengan berkonsentrasi pada hobi, seperti berkebun atau travelling, kalian dapat melupakan pikiran-pikiran negatif dan bahkan mengubah mood kalian menjadi positif.

  1. Luangkan waktu untuk orang lain

Meluangkan waktu untuk orang lain adalah salah satu komponen penting dalam menjaga relasi dengan orang-orang terdekat kalian. Selain itu, dengan membantu orang lain juga membuat diri kita merasa dibutuhkan dan dihargai oleh orang lain. Perasaan dihargai ini bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri dan berujung kepada mental yang sehat. Karena itu cobalah meluangkan waktu sejenak untuk membantu rekan kerja atau ikut serta dalam program sukarelawan yang ada di sekitar kalian ya.

Kalau kita berpikir mengenai kesehatan fisik, maka ada tempat-tempat seperti gym yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Juga ada tempat untuk mendapatkan pertolongan ketika fisik kalian sakit. Kesehatan mental pun sama. Jangan ragu untuk meminta pertolongan profesional jika dibutuhkan. Yang perlu diingat adalah kesehatan mental kalian tidak selalu sama, melainkan berfluktuasi sesuai dengan situasi yang kalian hadapi. Jadi jangan pernah juga melakukan self-diagnose ya.

Dengan merawat kesehatan mental diri pastinya hidup kita akan lebih bahagia!