Pada hari Jumat, 4 Oktober kemarin, Binus University dan MNC Media bekerjasama mengadakan seminar berjudul “Media Literasi MNC Media: Talk Show Televisi” dengan Wakil Pemimpin Redaksi MNC News Bapak Latief Siregar sebagai pembicaranya. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa ilmu komunikasi Binus University ini bertempat di Faculty Lounge Binus Kampus Anggrek. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Indra Prawira yang sekaligus bertindak sebagai moderator acara.

Bapak Latief Siregar menyukai tulis menulis sejak ia duduk di bangku SMA. setelah lulus SMA, ia melanjutkan studi di jurusan Teknik fisika. Setelah lulus kuliah, ia bekerja sebagai reporter majalah Gatra namun pindah ke Majalah Gamma. Pertama kali ia masuk ke dunia pertelevisian, Pak Latief bekerja di Metro TV. Dengan beberapa pengalaman yang ia miliki, ia akhirnya menempati jabatan sebagai Wakil Pemimpin Redaksi MNC News.

Seminar yang termasuk dalam program CSR MNC Media ini membahas tentang talk showdi televisi. Komponen apa saja yang dibutuhkan dalam menyiapkan talk show, dan bagaimana cara mengemas talk showdengan baik. Pak Latief mengatakan bahwa dalam mencari tema talk show, kita harus menetapkan bahasan yang disukai hampir seluruh lapisan masyarakat, salah satunya adalah current issue. Ia juga mengatakan bahwa talk showyang baik adalah yang seimbang dari segi talkdan shownya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa dan pemberian goodie bagbagi penanya dengan pertanyaan paling menarik lalu ditutup dengan foto bersama. Seru ya acara-acara yang diadakan oleh Communication Department? Selain menambah ilmu juga bisa berkenalan langsung dengan para praktisi lho. Oya, liputan acaranya bisa dibaca atau ditonton di bawah ini ya.

IDN NEWS