Communication in Action (COMIC)

COMIC merupakan salah satu event tahunan yang diadakan oleh Communication Department BINUS University dengan mengangkat tema-tema seputar Ilmu Komunikasi. Kompetisi ini bertaraf nasional yang terbuka untuk Siswa/I SMU dan sederajat dan mahasiswa. COMIC menjadi salah satu wadah bagi para siswa/i SMU dan sederajat untuk mengetahui Communication Department, Binus University.

 

Latar Belakang Comic 2019

            Mental Health (Kesehatan Mental) menjadi salah satu kampanye yang telah diusung secara global. Pengertian Mental Health adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri dan dapat menikmati hidup serta menciptakan keseimbangan antara aktivitas kehidupan dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis (Snyder, Lopez, Pedrotti, 2015). Mental Health Mental Health meliputi kesejahteraan subyektif pada kondisi emosional, psikologis, dan kesejahteraan sosial. Kesehatan emosional seseorang dapat memengaruhi kesehatan fisiknya.

Namun, Mental Health sering disalah artikan dengan Mental Disorder (Penyakit Kejiwaan). Yang membuat pembahasan mengenai Mental Health dianggap tabu. Di Indonesia sendiri, khususnya di kalangan anak muda, masih kurangnya pemahaman mengenai Mental Health, membuat adanya berbedaan pengertian dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga mental health.

COMIC 2019 mengangkat tema besar Mental Health. Tema tersebut berangkat dari masih banyaknya kesalah pahaman di para generasi muda mengenai Mental Health. Mental Healt hmasih dikaitkan dengan penyakit atau ganguan jiwa dan menjadi hal yang sensitif untuk dibahas secara terbuka.Untuk itu, COMIC 2019 mengajak para generasi muda untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai Mental Health. Tujuan dari COMIC 2019 sekaligus untuk mengedukasi mengenai pentingnya menjaga Mental Health dalam meningkatkan produktifitas.

 

Mata Lomba Comic 2019

  • Video Campaign, Registrasi: 125K/karya
  • E-Poster, Registrasi: 100K/karya
  • Campaign Proposal, Registrasi: 125K/karya

Timeline Comic 2019

 

Ketentuan Umum COMIC 2019

  1. Peserta adalah Siswa/i SMA sederajat dan Mahasiswa aktif seluruh Indonesia, yang dibuktikan dengan mengirimkan kartu identitas Siswa/ Mahasiswa.
  2. Peserta lomba terdiri dari 3-7 orang anggota dan dapat berasal dari SMU Sederajat atau Universitas yang berbeda.
  3. Karya yang dilombakan merupakan karya asli (orisinil) peserta dan belum pernah diikut sertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil.
  4. Untuk membuktikan hasil karya dan kreativitas yang ORISINIL, peserta diwajibkan mengirimkan dengan surat pernyataan orisinalitas yang ditanda tangani diatas materai Rp.6000,-. Surat pernyataan orisinalitas di kirimkan bersamaan dengan pengiriman karya lomba
  5. Panitia berhak menggunakan karya untuk keperluan publikasi
  6. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Mekanisme Pendaftaran Comic 2019

  1. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran pada periode 20 Agustus – 20 September 2019 melalui laman: bit.ly/PendaftaranCOMIC2019
  2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta melakukan pembayaran pada periode 25 Agustus – 25 September 2019 melalui rekening berikut: BCA 5271752998 a.n. Sari Ramadanty
  3. Peserta yang telah melakukan pembayaran lomba dapat melakukan konfirmasi pembayaran kepada panitia via SMS/WA di 0813-168-997-19(Riana)dan email ke comicbinus@gmail.comdengan format:

COMIC2019_Pendaftaran atas nama_Asal Universitas_Lomba yang diikuti_Transfer atas nama

Contoh: COMIC2019_Naura_BINUS_ VideoCampaign_Naura

  1. Peserta yang telah melakukan pembayaran akan mendapatkan email dari panitia mengenai Brief mata lomba yang diikuti.

 

Reference

Richards, K. C, Campania, C, Muse-Burke, J. (2010). “Self-care and Well-being in Mental Health Professionals: The Mediating Effects of Self-awareness and Mindfulness”. Journal of Mental Health Counseling. 32 (3): 247–264. doi:10.17744/mehc.32.3.0n31v88304423806

Snyder, R. C., Lopez, S. J., Pedrotti, J. T, (2015). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. (Third ed.). London: SAGE Publications. ISBN 9781452276434.

“Mental health: a state of well-being”: https://www.who.int/features/factfiles/mental_health/en/

“What Is Mental Health?”: https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health

“5 Mental Health Campaigns that Made a Difference”: https://blog.globalwebindex.com/marketing/mental-health/