People Innovation Excellence

Trust Issues

Adakah yang pernah mendengar kata Trust Issues atau juga dapat di sebut juga sebagai masalah pada kepercayaan. Saya rasa semua orang pasti pernah mengalami sebuah masalah kepercayaan pada masa hidupnya terutama terhadap kaum hawa . Masalah kepercayaan juga dapat timbul dan berkembang karena pasangan, sahabat, teman maupun keluarga. Sebelum saya memulai membahas topik ini  lebih dalam, saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya nih waktu saya SMA, dulu saya berpacaran dengan seseorang sebut saja dia Andi. Saya menjalin hubungan kurang lebih satu tahun satu bulan. Dalam satu tahun satu bulan itu saya pernah diselingkuhi sebanyak tiga kali, akibatnya saya sering merasa curiga dan sering overthinking  tetapi saya selalu memaafkan andi atas kejadian tersebut. Sampai akhirnya saya lelah dan memutuskan hubungan begitu saja. Jujur, putus dengan andi saya merasa benar benar sakit hati dan kejadian itu membuat saya menjadi menutup hati dan tidak mau untuk pacaran lagi pada saat itu, miris ya? Tapi akhirnya pacaran juga sih biarpun sekarang putus lagi.

 

Ternyata masih banyak loh yang masih belum tahu apa itu Trust Issues. Nih disini saya akan lebih menjelaskan apa itu pengertian dari trust issues itu sendiri. Trust Issues adalah sulit untuk menaruh kepercayaan pada orang lain seperti apa yang sudah bahas diatas. Trust Issues ini timbul karena mempunyai ketakutan tersendiri pada ketidaksetiaan dalam menjalin hubungan. Akibatnya, orang yang memiliki masalah ini selalu memikirkan hal-hal buruk dan negatuf yang mungkin terjadi dalam hubungannya dengan orang lain.

 

Sebenarnya apasih yang menyebabkan seseorang mengalami trust issues?

Trust issues biasanya disebabkan oleh pengalaman dikhianati oleh seseorang atau karena pernah melalui pengalaman yang buruk pada menjalin hubungan. Contohnya seperti pengalaman yang saya alami tadi karena dulu saya sering diselingkuhi akibatnya saya sangat sulit untuk menaruh kepercayaan pada seseorang dan merasa takut hal yang sama akan terulang kembali. Menurut data hasil survey dari wolipop.detik.com Survei dilakukan di Inggris terhadap 1.000 orang yang berada dalam sebuah hubungan dan 57% wanita mengeluh karena tidak mendapatkan hal yang mereka inginkan pada pasangannya, wanita mengininkan pasangan percaya sepenuhnya mencapai 62%.

 

Lalu apa solusinya ketika kita mengalami trust issues itu sendiri? Yang harus kita lakukan adalah selalu percaya dan komunikasi.  Saya sangat tahu rasanya susah untuk percaya setelah pernah dihianati sebelumnya didalam hubungan saya dulu. Tetapi hal yang sangat penting untuk menghindari trust issues adalah percaya. Percaya adalah satu kunci kelanggengan untuk hubungan kalian. Untuk apa kita menjain hubungan ketika kita tidak percaya dengan pasangan kita? Jika tidak siap karena masih terbayang-bayang akan masa lalu maka jangan pernah untuk memulai suatu hubungan. Cobalah untuk percaya terhadap pasangan kalian, dan hilangkan sifat overthinking atau terlalu banyak memikirkan sesuatu hal negatif terhadap pasangan kita kalian, pikiran hal-hal yang positive. Hal terpenting lainnya adalah komunikasi. Jika kalian merasa curiga atau cemburu pada pasangan maka sebaiknya kalian komunikasikan kepada pasangan kalian agar tidak terjadi miss komunikasi dalam hubungan.

 

Jadi udah mulai tercerahkan kan harus ngapain ketika mengalami trust issues? Tadi kita udah membahas tentang pengertian trust issues masih pada inget kan? Trust issues adalah sulit untuk menaruh kepercayaan pada orang lain karena mempunyai ketakutan tersendiri pada ketidaksetiaan. Akibatnya, orang yang memiliki masalah ini selalu memikirkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi dalam hubungannya dengan orang lain. Penyebabnya disebabkan oleh pengalaman dikhianati oleh seseorang atau karena pernah melalui pengalaman yang buruk seperti contoh saya yang dulu sering diselingkuhi. Nah solusinya yang baru aja kita bahas yaitu percaya dan komunikasi, jangan pernah memulai suatu hubungan kalau kita sendiri tidak percaya pada pasangan kita dan jangan pernah untuk tidak mengkomunikasikan masalah apapun yang ada di hubungan kalian karena dengan cara itu kalian bisa menemukan solusinya dan agar tidak menyebabkan miss komunikasi diantara kalian hubungan kalian.

 

Kesimpulannya adalah kita tidak bisa memukul rata kalau semua laki-laki itu sama karena, pada dasarnya manusia dilahirkan berbeda – beda serta berbeda – beda pula dengan cara pola pikir masing- masing individu. Mungkin dulu kalian pernah dilukai dengan pasangan kalian, tapi tinggalkan oleh pasangan kalian. Itu semua terjadi di masa lalu kalian. Ketika kita merasa siap untuk memulai kembali menjalin hubungan maka jangan pernah takut hal yang kalian rasakan terulang karena itu hanya akan menyiksa diri kalian sendiri.

 

Adapun juga dapat diambil kesimpulan bahwa mengatasi masalah kepercayaan untuk sebuah hubungan adalah proses yang panjang. Saya sangat menyarankan kalian untuk menemukan konselor untuk membantu mengatasi masalah kepercayaan untuk diri kalian sendiri. Bersama dengan konselor kalian bisa mengupas masa lalu dan masa kini. Seorang konselor juga dapat mengajarkan kalian untuk mulai mempercayai lagi dan untuk mengambil pandangan baru dari masa lalu. Dan penting bagi kalian untuk melihat bahwa kalian dapat mempercayai orang-orang di sekitar kalian. Dan bahkan jika kalian mengambil satu langkah pada saat itu, anda akan sampai di sana!

Dania Elisya


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close