People Innovation Excellence

Sate Bebek Khas Serang, Menyerap Sampai ke Hati

Tahun 2017 makanan khas Padang yaitu rendang dinobatkan menjadi makanan terenak di dunia dengan berbagai makanan terenak di dunia yang sudah dinobatkan juga. Namun, kita masyarakat Indonesia tak boleh melihat atau memandang dengan sebelah mata saja, karena masih banyak makanan ciri khas kota Serang yang mungkin anda belum ketahui, yaitu makanan ciri khas dari Serang adalah sate bebek.

Sate adalah ejaan dari kata satai, yang berarti dengan adanya daging-daging kecil dari berbagai daging seperti ayam, sapi, kambing, ular, kelinci yang ditusuk di lidi yang kecil untuk dibakar sampai matang. Ada berbagai jenis sate, terutama orang orang Indonesia lebih tahu kalau sate itu hanya ada sate ayam dan sate kambing, padahal masih banyak jenis jenis sate yang lainnya, terutama adalah sate ciri khas kota Serang ini, yaitu sate bebek. Sate bebek ini sama dibuatnya dengan sate yang lainnya, dengan cara dibakar dan memiliki bumbu masing masing untuk membuatnya menjadi yang lebih sedap.

Masyarakat Indonesia terutama yang berada di wilayah kota Serang pasti sudah tidak terlalu asing lagi untuk mengetahui makanan ciri khas kota Serang ini. Makanan yang merupakan jenis sate dengan adanya daging bebek yang ditusuk di lidi, dalam satu buah lidi bisa membawa 3 daging empuk bebek yang sudah matang dengan dicampur dengan bumbu bumbu untuk sate bebek ciri khas kota Serang ini.

Dalam perkembangan adanya sate bebek ciri khas kota Serang ini biasanya memakai gerobak dorong dengan berjualan secara berkeliling desa atau kampung. Ada juga yang berjualan secara mangkal (hanya tinggal membawa barang barang pokok, gerobak sudah ada di tempat dan tidak hilang).

Perbedaan sate bebek ciri khas kota Serang jika dibandingkan dengan sate ayam adalah sate bebek ciri khas kota Serang dari daging bebeknya yang kenyal dan gurih, sedangkan ciri ciri dari sate ayam biasa adalah tidak terlalu kenyal dan gurih. Perbedaan yang kedua adalah bumbu dari masing-masing sate tersebut, jika jenis sate ayam bumbunya adalah memakai bumbu kacang, sedangkan sate kambing memakai bumbu kecap dengan ditaburi bawang bawang, dan sate bebek sudah pasti tidak kalah enak makannya dengan memakai bumbu kecap manis dengan sedikit kecap manis dan kuah kacang atau kuah tepung.

Tempat penjualan sate ayam, sate kambing, sate kelinci dan sate bebek ciri khas kota Serang sudah ada di berbagai belahan Indonesia, di kota Jakarta ada, kota Bandung ada, kota Bogor ada, kota Bekasi ada dan sekitarnya. Dari yang menjual sate bebek ciri khas kota Serang ini menggunakan gerobak pangkal, menggunakan gerobak keliling, ada yang menjual dengan memakai tenda, sampai ada yang menjual sate bebek ciri khas kota Serang di sebuah restoran.

Sajian sate bebek ciri khas kota Serang ini hampir sama dengan sate ayam yang biasa menggunakan bumbu kacang untuk melengkapi salah satu kelezatan dari sate bebek ciri khas kota Serang ataupun sate ayam.

Sate bebek ciri khas kota Serang ini dibuat dengan adanya baha-bahan seperti 2 kg daging bebek, 15 biji bawang merah, 15 biji cabe merah, 1/8 liter minyak sayur, asam jawa secukupnya, merica secukupnya, garam secukupnya, dan gula merah secukupnya. Cara membuat sate bebek ciri khas kota Serang ini yang pertama adalah potong daging bebek tersebut dengan panjang kuranglebih 1,5 cm. Yang kedua adalah kumpulkan daging daging bebek tersebut kedalam wadah dan semua bumbu digoreng setengah matang kecuali asam jawa, merica, garam dan gula merah. Yang ketiga adalah semua bumbu dihaluskan bersama dengan minyak goreng. Yang keempat adalah campur aduk daging dengan bumbu bumbu yang sudah dimasak, lalu diamkan dengan waktu kuranglebih 4 jam agar bumbu bumbu menyerap kedalam daging bebek tersebut, setelah itu bakar di bara api arang hingga daging itu matang agar lebih lezat, lebih nikmat sampai menyerap ke hati kita untuk mengembangkan makanan ciri khas kota Serang ini.

Harga dari sate bebek ciri khas kota Serang ini sangaat variatif, harga mulai dari Rp, 15,000 saja sudah bisa membeli 1 porsi sate bebek ciri khas kota Serang ini. Penjualan sate bebek ciri khas kota Serang ini sudah banyak yang jual dengan nama usaha tersebut seperti sate bebek ciri khas kota Serang babang alex dan yang lain-lain hingga membawa nama senriri untuk bisa menjadi lebih dikenal oleh pembeli sate bebek ciri khas kota Serang itu.

Makanan khas daerah sudah sepatutnya kita budayakan, jaga atau melestarikan itu untuk masa yang akan datang. Makanan khas daerah harus kita pertahankan karena kita tahubahwa sejarah sudah membuktikan kalua itu ciptaan makanan untuk dipertahankan oleh mayarakat Indonesia.

Ranu Narotama Said


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close