People Innovation Excellence

Tips menaikkan berat badan dengan fitness

Mungkin dijaman ini mempunyai tubuh yang gemuk akan membuat anda tidak percaya diri, apalagi bila anda seorang wanita. Mempunyai tubuh langsing dan kurus adalah impian banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai tubuh dan berat badan yang ideal agar enak di pandang. Bagaimana bila sebaliknya? Mempunyai tubuh yang terlalu kurus juga tidak enak dipandang. Banyak orang frustasi karena mempunyai tubuh yang terlalu kurus dan berpikir bahwa makan sebanyak-banyaknya adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal.

Tetapi tahukah anda? Dengan makan makanan sebanyak-banyaknya memang sangat mungkin untuk menaikkan berat badan, tetapi yang didapatkan anda adalah badan gemuk karena menumpuknya lemak. Hal ini juga tidak sehat karena tubuh anda yang biasanya menerima makanan dengan porsi biasa anda harus menambah porsi makanan anda. Tubuh dipaksa menerima makanan lebih banyak sehingga lemak kian menumpuk.

Oleh karena itu fitness adalah cara yang paling baik untuk menaikkan berat badan anda, tidak hanya menaikkan berat badan tetapi anda akan mendapatkan tubuh ideal yang enak dipandang. Latihan fitness sangat bermanfaat untuk melatih otot dan massa otot. Karena dengan fitness menyebabkan tubuh kita menjadi lebih padat, kering dan berisi. Seperti yang semua orang tahu massa otot itu jauh lebih berat dibandingkan dengan lemak. Jadi dengan melakukan fitness badan terus bertambah berat karena massa otot meningkat dan lemak terbakar. Dibawah ini beberapa tips fitness untuk menambah berat badan:

1.Makan lebih sering

Seperti yang dikatakan diatas bahwa cara umum untuk menambah berat badan adalah dengan makan lebih sering. Makan lebih sering dari porsi biasanya akan membuat anda bertambah gemuk tetapi bila di barengi latihan fitness yang cukup. Makanan yang anda konsumsi akan menjadi energy dan pertumbuhan atau regenerasi otot yang lebih baik. Jika anda makan biasanya 3 kali dalam sehari coba naikkan menjadi 5 kali sehari tetapi ingat lebih sering bukan berarti lebih banyak. Makan terlalu banyak akan membuat pencernaan anda tidak sempurna dan hal inilah yang membuat menumpukkan lemak.

  1. Konsumsi lebih banyak kalori

Untuk masalah kalori anda perlu melakukan perhitungan dan mengetahui jumlah kalori pada makanan-makanan tertentu. Anda dapat mempelajari hal ini di google atau menanyakannya kepada ahli. Kalori sangat dibutuhkan manusia untuk mendapatkan sumber energy. Umumnya kalori yang dibutuhkan adalah 2.200 dan wanita sekitar 1.900. Untuk anda yang melakukan aktivitas fitness cukup menambahkan sekitar 1000 extra kalori perharinya.

3.Tidur yang cukup

Cukupi tidur anda karena hal ini sangat penting, Saat anda melakukan fitness otot anda akan hancur dan pecah. Saat anda tidur otot-otot anda yang rusak inilah akan segera bergenerasi menjadi otot yang lebih besar. Pastikan anda istirahat tidak kurang dari 8 jam sehari untuk pertumbuhan otot yang lebih maksimal.

  1. Pilihlah makanan-makanan yang bergizi

Untuk menambah berat badan anda memerlukan asupan protein dalam jumlah yang besar, otot akan berkembang apabila asupan protein tercukupi. Protein merupakan senyawa utama dalam pertumbuhan sel baru. Setelah anda melakukan latihan keras maka otot menjadi katabolic atau pembakaran otot itu sendiri. Makanya mengkonsumsi makanan berprotein sangat penting untuk pertumbuhan massa otot. Sumber protein yang umum dikonsumsi adalah dada ayam, ikan, dan putih telur.

  1. Pilih Suplemen yang pas

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mampu menerima makanan yang terlalu banyak. Suplemen berupa susu adalah pengganti makanan yang pas, walaupun bukan berarti anda bisa hanya mengkonsumsi suplemen tanpa makanan lainnya. Suplemen fitness umumnya mengandung jumlah protein yang sangat besar dan suplemen yang cocok untuk orang dengan tubuh kurus adalah suplemen jenis Gainer. Gainer adalah suplemen yang menambah massa otot sekaligus membantu proses bulking. Dengan mengkonsumsi protein jenis ini diiringi dengan latihan fitness yang cukup akan membuat tubuh anda terlihat lebih mengembang.

  1. Cukupi cairan tubuh

Sering-sering minum air putih ataupun minuman isotonic juga sangat penting karena berguna untuk tubuh anda agar bisa mengalirkan makanan. Air dalam tubuh juga membantu meregenerasikan sel sehingga kulit tampak lebih cerah.

  1. Menambah beban seiiring berjalannya waktu

Fitness yang baik haruslah ditambah-tambah bebannya, Karena otot yang hancur Karena energy yang keluar ketika mengangkat beban tidak akan sama seperti sebelumnya. Sederhananya begini ketika otot anda hancur dikarenakan beban sekilo dalam bulan depan otot anda akan beradaptasi dengan beban tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan penambahan beban agar saat mengangkat beban otot anda akan rusak lagi. Analogi seperti ini, otot anda adalah sebuah kotak kotak yang disusun dan ketika anda melakukan latihan keras kotak kotak ini akan berkurang satu persatu dan saat anda istirahat kotak ini akan regenerasi kembali. Pada saat kotak ini regenerasi ia tidak menjadi kotak yang sama tetapi akan tumbuh menjadi lebih kuat.

  1. Jangan terlalu lama di gym

Berlatih terlalu lama di gym tidak baik untuk tubuh karena hal ini hanya membuat tubuh lelah. Lebih baik berlatih dengan alat yang berat dan selesaikan latihan dengan cepat daripada bermain alat ringan namum lama. Gym yang baik adalah sekitar satu jam dan gymnya serius tanpa main-main seperti banyak ngobrol ataupun bermain handphone. Fokus pada fitness tersebut dan lakukan set yang tepat.

  1. Kreatine dan amino

Disamping anda menggunakan suplemen jenis gainer anda juga bisa menambah suplemen jenis kreatine dan amino kedua jenis suplemen ini juga membantu anda untuk menambah massa otot. Karena fungsi kreatine sendiri adalah sebagai penambah energy sehingga anda bisa mengangkat beban yang lebih berat dan kedua adalah kreatine sangat menyerap air sehingga proses regenerasi menjadi lebih cepat.

  1. Konsisten

DIbutuhkan konsistensi dan tekat kuat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Hasil yang maximal tidak akan mudah didapatkan dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Tetapi memerlukan waktu hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya. Banyak sekali orang mudah frustasi, menyerah dan kemudian memutuskan untuk berhenti fitness. Terkadang hal ini dipengaruhi oleh cara latihan yang salah, Makanan kurang bergizi, Tubuh terlalu lelah ataupun faktot-faktor lainnya.

 

Cara-cara dan pola-pola latihan haruslah diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil yang baik. Jangan mudah menyerah terus mencoba demi mendapatkan tubuh ideal. Karena tubuh kita hanya akan bereaksi terhadap jadwal yang konsisten serta latihan yang keras.

 

IVAN – LD51

MARCOMM


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close