Makeup adalah kegiatan yang lazim dilakukan seorang wanita. Kegiatan ini mulai disenangi ketika para wanita mulai menyadari penampilan diri sangat penting, terutama pada saat remaja. Berdasar pada pengalaman, tidak sedikit orang yang memiliki pandangan negatif terhadap seseorang yang menggunakan makeup. Ada yang berpendapat negatif, bahwa dengan menggunakan makeup, berarti “tidak natural”, “dempul”, “centil”, “cari perhatian”, “menutupi kejelekan”, hingga tidak jarang terdengar kata-kata “bijak” seperti “Gausah makeup-an. Semua wanita itu cantik, dan yang paling penting mah cantik dari dalam aja”.

“Aku suka banget ngeliat orang-orang yang pakai makeup. Terlihat lebih cerah, mulus, dan enak dilihat aja. Pengen sih pakai makeup juga. Tapi takut kelihatan aneh. Banyak orang yang bilang, kalau pakai makeup, kulit pasti jadi lebih jelek dan mengalami penuaan dini.” Cerita Berliana Lyvia Vanessa (pengguna makeup pemula).

Terlepas dari pandangan negatif orang-orang, makeup sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang berdampak positif. Berikut adalah poin-poin mengapa makeup dapat berdampak positif bagi kehidupan :

  1. Profesional

Ketika memasuki ranah yang lebih profesional (bekerja), wanita diharuskan untuk menjaga penampilan, salah satunya dengan merias diri. Apabila sudah mulai lebih awal menggunakan / belajar makeup, untuk kedepannya, kita akan lebih siap dan terbiasa.

  1. Lebih terlihat menarik

Pastinya, seseorang yang menggunakan makeup akan terlihat lebih menarik dan rapi.

  1. Merawat kulit

Penggunaan kosmetik dengan kandungan yang baik, juga dapat merawat kulit kita. Contohnya adalah dengan menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan SPF, kita dapat mempercantik diri, sekaligus menghindari kulit dari paparan sinar matahari berlebih.

 

  1. Mencegah terlambat

Makeup dapat mencegah keterlambatan. Mengapa? Karena ketika kita sudah terbiasa berdandan, kita pastinya akan bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri, sehingga kata terlambat ini pastinya akan menjauh.

 

“Mau sih pakai makeup. Tapi susah nyari yang mana yang benar-benar bagus dan cocok dikulit. Kulit aku lumayan gampang berjerawat juga akhir-akhir ini. Makin takut nyoba makeup. Palingan aku Cuma coba pakai pensil alis saja. Aku juga takut terlihat aneh, karena tidak terbiasa menggambar alis. Malu kalau ternyata bentuknya aneh di mata orang lain.” Pungkas Jennie Puspa Sari (pengguna makeup pemula).

Terkadang, memang terasa malu dan sedih ketika ada orang yang menilai kita negatif apabila menggunakan makeup. Apalagi, saat baru memutuskan untuk menggunakan kosmetik secara rutin. Pasti ada rasa takut dan gelisah, seperti “menor banget gak sih?”, “dempul banget ga ya?”, “lipsticknya terlalu terang gak ya?”. Apalagi, saat ada yang menatap kita terus menerus, hingga membuat kita langsung berpikir “ini kenapa dia ngeliatin ya? Menor banget ya? Apa gara-gara makeup, jadi kelihatan cantik banget? Atau malah aneh ya?”. Terlintaslah pikiran- pikiran mulai dari positif, negatif, hingga kepedeaan.

Tapi, jangan khawatir. Berikut tips-tips bagi siapa saja yang baru mulai memasuki dunia makeup :

  1. Mulailah dari hal-hal sederhana

Mulailah dengan jenis kosmetik yang sederhana terlebih dahulu, seperti menggunakan concealer untuk menutupi kemerahan dan kantung mata, pensil alis, dan lipstick yang warnanya natural.

  1. Gunakan style natural

Gunakan style natural untuk dandanan sehari-hari, agar terlihat lebih natural, fresh, dan rapi.

  1. Menonton tutorial-tutorial makeup

Tontonlah video-video tutorial yang sesuai, agar kita dapat memilih jenis makeup yang sesuai dengan wajah kita, dan mengetahui tips-tips dari para profesional.

  1. Skincare

Skincare sangat penting untuk dilakukan sebelum menggunakan makeup, karena untuk mempersiapkan kulit wajah dan membantu membuat tampilan makeup terlihat lebih flawless.

  1. Jagalah kebersihan

Menjaga kebersihan setelah menggunakan makeup sangatlah penting. Bersihkan muka dengan pembersih makeup (cleansing oil) dan sabun cuci muka sebelum tidur. Lalu, gunakanlah skincare untuk merawat, melembabkan, dan menenangkan kulit setelah seharian penggunaan kosmetik.

  1. Percaya diri

Percaya diri adalah hal yang terpenting apabila kita baru memutuskan untuk menggunakan makeup. Mungkin ada pandangan negatif atau aneh dari orang, namun kita harus memikirkan sisi positifnya. Jadi, selalu percaya diri dengan apa yang kita lakukan. Percaya dirilah saat menggunakan makeup, karena apa yang kita pilih untuk lakukan pasti berdampak positif pada diri kita, dan tindakan yang kita lakukan ini tidak merugikan orang lain.

 

“Aku sih biasanya selalu pakai concealer dan pensil alis aja kalau kuliah. Tapi kadang-kadang aku juga full makeup kalau ada waktu. Hal yang penting juga adalah memilih kosmetik dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit. Aku sangat merekomendasikan kosmetik dari Korea. Kosmetik Korea kebanyakan didesain berupa kosmetik skincare. Sehingga, makeup Korea digunakan untuk mempercantik, sekaligus tetap menjaga kulit. Bahan-bahan yang digunakan juga aman, dan banyak varian bahan-bahan alami yang digunakan. Misalnya ada yang menggunakan lidah buaya, atau madu, atau bahkan snail mucus, yang dipercaya dapat menjaga dan merawat kulit. Tapi, yang paling penting menurutku sih adalah menjaga kulit dengan melakukan skincare setiap sehabis mandi, terutama pada malam hari, dan sebelum menggunakan makeup.” Pendapat Chyntia Wu (pengguna makeup secara rutin).

Confidence is the best fashion accessory – Vivienne Westwood”. Menggunakan makeup bukanlah suatu keharusan atau kewajiban sebagai seorang wanita. Menggunakan makeup juga bukan berarti kita mencari perhatian orang lain, memuaskan orang lain, atau berusaha terlalu keras untuk menyesuaikan diri kita dengan tren yang ada. Namun, tidak ada salahnya untuk berusaha tampil lebih baik. Menggunakan makeup adalah suatu bentuk pengekspresikan diri. Jangan takut untuk mencoba dan memulai sesuatu yang baru dalam hidup kita. Abaikan kritikan dan pikiran negatif, dan percaya dirilah. Rasa percaya diri dan rasa nyaman dengan kulit dan wajah diri sendiri apa adanya adalah kecantikan terbaik.

 

Natasya Lydia Saputra

2101653154

LC51