People Innovation Excellence

Siapa Bilang Public Speaking Sulit?

Seseorang berdiri ditengah panggung untuk menyampaikan sesuatu, suara yang lantang, gerak tubuh yang mantap, pembawaan materi yang teratur, kini saya sadar bahwa orang tersebut sedang melakukan public speaking.

Kebanyakan orang tidak menyukai public speaking karena banyak orang berpikir bahwa public speaking adalah sesuatu yang sangat rumit. Bahkan  menurut survei dari Amerika, banyak orang lebih takut terhadap public speaking dibandingkan takut dengan kematian. Meskipun demikian public speaking merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat diperlukan saat ini, karena public speaking merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan entah itu diperusahaan, pendidikan, dan sebagainya.

Jika orang berpikir bahwa public speaking itu hanya untuk presentasi atau membaca pidato maka apa yang mereka pikirkan itu salah. Dari pengertiannya sendiri public speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang.

Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu. Jadi apapun yang orang bicarakan  didepan umum bisa dikatakan bahwa orang tersebut sedang melakukan public speaking.

Berikut beberapa perkerjaan yang sering kali kalian tidak sadari bahwa itu merupakan public speaking dan perkerjaan itu seperti guru dalam mengajar, perkerjaan MC, tokoh agama ketika menyampaikan sesuatu, politisi ketika sedang berkampanye, seorang calon karyawan yang sedang melamar perkerjaan didepan banyak HRD (Human Resources Department).

Dari penjelasan diatas banyak perkerjaan atau  aktivitas yang merupakan public speaking. Dan dapat dikatakan bahwa public speaking itu merupakan kemampuan yang benar-benar penting, untuk itu kalian harus benar-benar meningkatkan kemampuan public speaking. Ada beberapa langkah agar kalian semakin ahli dalam meningkatkan kemampuan public speaking:

  1. Kenali apa yang menjadi penghambat kita dalam public speaking

Bagi kalian yang masih merasa takut untuk melakukan public speaking akan jauh lebih baik kalian sadar dan mengakui terlebih dahulu jika kalian memang merasa takut public speaking. Orang-orang memiliki sumber ketakutan yang berbeda, mungkin ketakutan itu bisa datang dari sesuatu hal buruk yang terjadi di sekolah, mungkin juga karena rasa khawatir bahwa apa yang akan disampaikan itu tidak bagus, mungkin juga karena ada reaksi yang buruk dari teman atau kerabat ketika seseorang pernah menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Apapun yang kalian rasakan kalian harus meyakinkan diri kalian bahwa kalian bisa. Dan jika kalian memang mengalami trauma di masa lalu kalian bisa meyakini diri kalian kalau yang lalu sudah berlalu. Kalian juga bisa meminta dukungan dari teman, keluarga, kerabat dalam mengatasi rasa takut kalian.

  1. Gunakan K.I.S.S dalam materi yang akan dibawakan

Banyak orang yang tidak menyukai public speaking atau kurang berhasil dalam menyampaikan materi biasanya dikarenakan isi dari materi yang disampaikan terlalu kompleks dan tidak beraturan. Kalian bisa menggunakan K.I.S.S (Keep It Super Simple), buatlah materi kalian jadi lebih sederhana.

Biasanya orang professional atau yang terlatih dalam public speaking mereka akan menggunakan 5 komponen utama dalam menyampaikan sesuatu agar lebih tertata, yaitu Opening (pembukaan), prologue (pendahuluan), content (isi), conclusion (kesimpulan), closing (penutupan).

Jangan biarkan apa yang akan kalian sampaikan itu tidak tersampaikan dengan baik kepada para pendengar karena apa yang kalian sampaikan tidak terstruktur dan apa yang kalian sampaikan itu terlalu berbelit-belit.

  1. Latihan secara terus menerus

Ada pepatah mengatakan bahwa latihan itu membawa kesempurnaan. Orang yang latihan terus menerus pasti akan membawakan materinya lebih percaya diri dan lebih lancar. Dan jika kalian sudah berlatih terus-menerus, kalian pasti dapat lebih percaya diri karena sudah menguasai materi yang akan kalian bawakan.

Kalian bisa melakukan latihan dengan berbagai macam cara, keefektifan latihan kalian ditentukan dengan kecocokan kalian. Beberapa public speaker yang sudah professional menggunakan metode berbicara didepan kaca, mereka berkata jika latihan didepan cermin itu cukup efektif karena mereka dapat melihat ekspresi wajah, gerak tubuh mereka secara langsung.

Beberapa dari mereka menggunakan metode latihan berbicara didepan kamera, mereka mengatakan bahwa cara ini lebih efektif karena jika mereka latihan didepan cermin mereka terbatas dalam mengevaluasi diri mereka. Tetapi jika mereka latihan dengan metode merekam, mereka bisa mengevaluasi setiap gerakan, kata-kata, bahkan kesalahan yang mereka perbuat.

Setelah tahu langkah-langkah diatas hal paling penting yang harus kalian lakukan adalah praktek lapangan dan perbanyak jam terbang untuk membuat kalian semakin ahli. Bahkan banyak pembicara yang berkata bahwa seseorang dapat dikatakaan menjadi ahli jika orang tersebut sudah memiliki pengalaman jam terbang 10.000 jam. 10.000 jam jika dikonversi pada kegiatan 5 jam per hari, maka orang tersebut membutuhkan 2.000 hari. Jika dijadikan tahun (seminggu 5 hari, maka 1 tahun 260 hari) maka hasilnya adalah 7.7 tahun.

Jika kalian ingin benar-benar ahli dalam bidang public speaking, kalian harus perbanyak latihan, tambah terus pengalaman kalian agar kalian semakin ahli dalam bidang yang sering kalian bawakan. Selamat berkarya!

 

Albertus Anthony-2101641192

 

References

Hasan, F. (2014, August 28). Public Speaking Series Part 1 : Apakah Itu Public Speaking ? Retrieved from fakhrurrojihasan.wordpress.com: https://fakhrurrojihasan.wordpress.com/2014/08/28/public-speaking-series-part-1-apakah-itu-public-speaking/

Jones, D. G. (n.d.). Basic Public Speaking Certification Course ebook #1. 6-19.

Kurniawan, E. (2016, August 20). 10.000 Jam Latihan (dan Mungkin Ketololan). Retrieved from http://ekakurniawan.com: http://ekakurniawan.com/journal/10-000-jam-latihan-8885.php

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close