People Innovation Excellence

NEGARA PAMAN SAM? KENAPA TIDAK PAMAN BUDI ATAU PAMAN ARIF?

Kalian pasti sering banget dengar atau baca kiasan ”Negeri Paman Sam” ini? Bagi yang belum tau, negeri Paman Sam itu kata kiasan untuk negara Amerika Serikat. Tapi kenapa Paman Sam? Kenapa gak Paman Budi atau Paman Arif? Pernah kebayang gak sih, Paman Sam itu beneran ada atau gak? Trus dia itu siapa? Kebayang ya betapa terkenal nya si Paman Sam ini

Tapi ternyata memang begitu adanya. Kiasan ini bukan nya muncul tiba-tiba atau hanya ada di Indonesia aja tapi di Amerika nya sendiri pun menyebutnya begitu ”Uncle Sam”.

Sebetulnya, Paman Sam ini muncul dari legenda di Amerika. Banyak versi atas  kemunculan Paman Sam ini, tapi menurut halaman daring History, Paman Sam yang mempunyai nama asli Samuel Wilson ini merupakan seorang pengepak daging yang berasal dari New York, untuk para tentara Amerika saat perang tahun 1812. Daging yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam barel dan diberi tulisan U.S yang berarti United States of America, namun banyak orang yang berpikir kalau U.S itu singkatan dari Uncle Sam. Jadi, deh Uncle Sam terkenal!

Setelah terkenal, berita tentang Paman Sam ini menyebar luas karena masuk dalam pemberitaan di koran lokal pada saat itu. Setelah berita tentang Paman Sam menyebar luas, seorang kartunis politik bernama Thomas Nast (1840-1902) mulai memperkenalkan sosok Uncle Sam sebagai sosok bapak-bapak, berjanggut putih dan memakai topi dengan gaya sedang menunjuk, itulah sosok Paman Sam.

Gaya iconic Paman Sam yang sedang menujuk itu merupakan hasil ilustrasi dari seseorang yang bernama James Montgomery Flagg pada tahun 1917. Menurut Wikipedia, poster ini dibuat pada saat Perang Dunia ke II. Gaya itu menujuk kepada para pembaca poster dengan slogan ”I WANT YOU” arti dari slogan ini adalah untuk mengajak para warga sipil untuk mendaftarkan diri sebagai tentara untuk membantu negara dalam perang.

Sejak saat itu, poster Uncle Sam ini digunakan sebagai personasifikasi nasional Amerika Serikat dan juga karakter politik. Sampai sekarang banyak sekali parodi poster tersebut dengan gaya yang sama.

Lalu, dimana Uncle Sam sekarang? Uncle Sam atau Samuel Wilson sendiri sudah wafat pada tahun 1854, beliau dikubur di New York. Hal menarik setelah Uncle Sam wafat adalah ditetpkan nya Uncle Sam Day pada tanggal 13 September 1989. Sejak saat itu, tanggal 13 September diperingati sebagai Hari Paman Sam. Selain itu, hal menarik tentang  sosok Uncle Sam ini, beliau bukan hanya karakter aja lho, tapi memang sudah dijadikan seperti ”simbol” bagi negara Amerika, bahkan ada monumen Paman Sam di Massachusetts.

Kalau dilihat sejarahnya, kehidupan Samuel Wilson ini menarik. Hidupnya yang berawal sebagai pengepak daging untuk makan tentara, bisa sampai terkenal bahkan sampai sekarang, jadi simbol negara lagi! Keren! Kalau Uncle Sam hidup di zaman sekarang ini, pasti angka pengikut di sosial media nya tinggi banget ya, super famous!

 

 

LIDYA – LD51

Marcomm


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close