Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memang sangat berkembang pesat. Apalagi semenjak munculnya media sosial yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat yang diberikan Media Sosial sangatlah banyak salah satunya adalah untuk melakukan bisnis secara instant. Jika ketika dahulu bisnis melakukan perkenalan produk kepada masyarakat dengan memakan waktu yang lama, sekarang hanya memakan waku yang sangat singkat dan hemat energi.

Berikut beberapa kelebihan melakukan bisnis lewat media sosial :MEDIA SOSIAL MENJADI TEMPAT BISNIS YANG INSTANT

  1. Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial Media

Dalam media sosial informasi sangat mudah didapatkan. Karena dalam fitur media sosial adanya pilihan membagikan informasi yang kita kenal dengan pilihan “Sharing to everyone atau Share ”  ke orang terdekat kita yang ada di media sosial.

2.    Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif

Banyak sekali cara untuk kita mendapatkan informasi sesuai apa yang kita inginkan, salah satunya melalui mesin pencarian menggunakan Tagar kata yang kita ingin cari. Melakukan pencarian tersebut akan memudahkan konsumen menemukan target yang mereka butuhkan. Misalnya Tagar dalam Instagram yang satu ini.

3.    Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara Langsung

Feedback merupakan hal yang terpenting saat konsumen membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk sekaligus penting bagi perusahaan untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai tentang produknya, Media sosial ini tentu memberikan pengguna lebih mudah berinteraksi satu sama lain. Melalui Direct Messages dan kolam komentar yang tersedia. Bahkan dalam kolam komentar para konsumen bisa berbagi tentang produk.

4.    Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media

Interaksi dalam media sosial tentu akan memberikan feedback yang sangat baik antara perusahaan dan konsumen. onsumen bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk/layanan Anda.

Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Anda bisa terlihat dengan jelas. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis Anda.

5.    Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim

Terakhir, sosial media membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu.

Pasalnya membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat.

Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika Anda benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan.

Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan.

Harus diingat, Anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Artinya jika Anda memposting foto, Anda membutuhkan foto dengan kualitas baik untuk bisa menarik perhatian calon konsumen.

TUGAS ARTIKEL UNTUK WEB JURUSAN

SAVIRA FITRIANI

2101721294

LD51