People Innovation Excellence

Langkah Yang Tepat, Perjalanan Karier

oleh: Ardianta WIjaya

 

“Apa langkah anda sudah tepat?”

Ingatkah anda, saat pertama kali melangkah? Pertama kali menginjakan kaki, berdiri, berjalan, walaupun belum stabil, tetapi itu lah langkah pertama yang membuat anda sekarang berada di sini. Memang tidak mudah untuk memulai, tetapi ini lah pilihan yang harus dibuat.

Suatu ketika saya diberikan kesempatan untuk berbincang bersama salah satu alumni yang sekarang sudah masuk di dalam dunia pekerjaan. Ia merupakan sosok yang inspiratif, pekerja keras, dan tahan banting. Dia adalah Gary Christian, alumni Universitas Bina Nusantara yang sekarang sedang bekerja di Tokopedia sebagai Business Developer.

Saat berbincang dengan Gary, ia membagikan banyak sekali ilmu kepada saya bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik, dia mengajarkan ini karena menurut dia, jaman sekarang banyak sekali orang-orang khususnya orang muda yang tidak dapat berkembang, berikut ilmu-ilmu tersebut yang dibagikan oleh Gary:

 

Pendidikan

 

Indonesia menduduki peringkat pendidikan ke-62 dari 72 negara mengenai pendidikan, hal ini membuat banyak orang menganggap pendidikan itu tidak penting, padahal pendidikan merupakan titik awal pemuda sebagai penerus bangsa, pendidikan lah yang dapat mengembangkan negara ini. Pendidikan dapat ditemukan dari mana pun, termasuk buku, dengan membaca kita dapat memperluas pengetahuan, dan dapat mempertajam otak, tetapi sangat disayangkan, Indonesia duduk di peringkat 60 dari 61 negara mengenai membaca.

Gary membagikan kisahnya saat dia berjuang menyelesaikan tugas akhirnya, “sangat sibuk, karena sambil magang di Tokopedia dan pegang event. Tapi karena skripsi, aku jadi suka baca, dan mau gak mau harus baca banyak jurnal dan buku.” Gary bercerita bahwa dulu dia bukanlah pembaca, tetapi karena membaca dia dapat memperluas pengetahuannya, membuka lebar cara pandangnya, bahkan meningkatkan performa kerjanya di Tokopedia.

 

Tanggung Jawab

 

Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing, tetapi dengan memasuki dunia yang lebih besar, kita juga  mendapatkan tanggung jawab yang besar, tekanan pekerjaan yang harus diemban dan dijalani. Tanggung jawab dapat menjadi beban, namun bagi Gary, dengan kepercayaan yang lebih besar dan tanggung jawab yang lebih berat, dapat menjadi tantangan untuk membuka kapasitas dan kemampuannya ke tingkat yang lebih tinggi, untuk berkarya dan berinovasi lebih lagi.

 

Time Management

 

Penyesalan datang terlambat, waktu tidak dapat diputar kembali, kesalahan dan kelalaian yang kita buat tidak dapat kita hindari. Setiap orang memiliki waktu yang sama, 24 jam untuk bernapas, untuk mengeluh, untuk menjalani hidup. Tidak ada lagi kata menunda, tidak ada lagi dikenal sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian ngaret, dalam hidup ini, kita harus membedakan mana yang penting dan mana yang tidak, kita harus menentukan prioritas kita. Karena dalam dunia yang lebih besar, waktu mu akan terkuras, tidak ada waktu untuk bersenang-senang, tidak ada lagi waktu untuk memikirkan jalan hidup, tidak ada lagi waktu kosong untuk kata ‘gabut’.

 

 

Attitude dan Character

 

Attitude dan character merupakan hal yang mendasar untuk mendapatkan kepercayaan, dengan kedua hal tersebut kita tidak hanya mampu mendapatkan kepercayaan,  tapi juga kesuksesan. Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam dunia pekerjaan, kepercayaan adalah hal yang paling sulit untuk didapatkan, namun seringkali orang-orang melupakan dan meremehkan pentingnya attitude dan character, kadang kedua hal tersebut tergantikan dengan kemampuan intelektual, tapi cerdas saja tidak cukup, dibutuhkan pembawaan sikap yang baik untuk menentukan keberhasilan kita di masa depan.

 

Berani Mencoba

 

Kesempatan tidak datang dua kali, bila tidak diambil maka akan hilanh begitu saja, kita harus berani untuk mencoba dan keluar dari zona nyaman kita. Menurut Gary, seseorang mengalami stagnant dalam kariernya, karena mereka tidak berani untuk mencoba, mudah menyerah, dan main aman agar tidak mengalami kegagalan, tetapi kegagalan adalah guru yang terbaik, gagal bukan berarti anda kehilangan semuanya, bahkan menurut Jack Ma pendiri dari Ali Baba Group, berkata bahwa selama masih muda kita harus mengalami kegagalan, dari kegagalan tersebut kita dapat belajar banyak hal. Dari kegagalan tersebutlah kita dapat menemukan kesuksesan.

 

Harapan

 

Bekerja keras memang sangat dibutuhkan, tetapi tanpa adanya harapan, tujuan hidup pun akan menjadi samar, tanpa adanya harapan, langkah menjadi tidak pasti, diri menjadi tidak berkembang, dan hanya akan berhenti tanpa ada kemajuan. Di balik setiap kerja keras pasti ada harapan yang ingin diraih dan cita-cita yang ingin digapai, “Aku bisa buka perusahaan sendiri. Nanti ambil S2 di US, pulang ke Indonesia dapat  bangun perusahaan dan bisa masuk pemerintahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” ujar Gary menyatakan harapannya ke depan.

 

Untuk menjadi seseorang adalah hal yang mudah, tetapi untuk menjadi seseorang yang sukses membutuhkan usaha, kerja keras, kemauan, dan harapan yang tinggi, bukan saja itu, tetapi kita juga harus memperhatikan langkah kita, jangan sampai kita tersesat dan menemukan kehancuran pada diri kita sendiri. Terkadang kita butuh untuk mempertanyakan keputusan kita, mempertanyakan bagaimana kita menjalani hidup ini, kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri, “apakah langkah yang kita ambil ini tepat?”


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close