People Innovation Excellence

KPI memblokir iklan shopee Blackpink

Di jaman sekarang ini, siapa sih yang tidak mengenal K-pop atau kepanjangan nya itu Korean pop ? K-pop ini adalah genre musik yang berasal dari Korea Selatan. K-pop ini pun sudah terkenal dan merajalela di seluruh dunia. Tidak sedikit penggemar nya yang rela untuk membayar mahal untuk menonton dan membeli merchandise-merchandise dari idola kesayangan masing-masing mereka itu. Di Korea Selatan ini, ada girlband asal negeri ginseng ini yang bernama Blackpink. Blackpink adalah girlband yang beranggotakan 4 anggota ini sangat dicintai oleh banyak orang dan memiliki penggemar yang banyak di seluruh dunia. Dan pada tanggal 19 November 2018 lalu, Blackpink ikut tampil di Jakarta dalam rangka untuk ikut memeriahkan acara yang diadakan oleh shopee.

Tetapi baru-baru ini, beredar kabar yang mengatakan bahwa iklan tersebut telah diblokir oleh KPI. Dan alasan diblokir nya iklan tersebut cukup tidak masuk akal karena mereka berkata bahwa iklan tersebut dinilai melanggar etika. Hal itu dikatakan karena di dalam iklan tersebut, keempat member Blankpink dianggap memakai pakaian yang kurang senonok dan kurang pantas untuk ditayangkan di televisi. Penyebab awal diberhentikan nya iklan Shopee yang dibintangi oleh Blackpink ini karena muncul nya petisi yang berbunyi “ Hentikan iklan Blackpink Shopee “ yang dibuat oleh Maimon Herawati. Dia menganggap bahwa iklan Blackpink ini tidak pantas untuk ditayangkan di televisi karena disini mereka bernyanyi sambil menari dengan mengenakan kostum berupa rok mini. aktivis Maimon Herawati membuat petisi online ini karena ia mengatakan bahwa banyak orang tua yang resah dengan diputarnya iklan yang dianggap terlalu mengumbar aurat itu di jam tayang film anak-anak. Tentu nya hal membuat penggemar Blackpink maupun masyarakat biasa yang tidak habis pikir dengan petisi yang dibuat nya tersebut apalagi ia adalah seorang dosen di Universitas Padjajaran. karena sebenarnya banyak sinetron yang dapat dicekal karena kurang mendidik tetapi dibiarkan begitu saja. Setelah itu, mulai lah KPI bertindak dengan memberikan peringatan keras kepada 11 stasiun yang menayangkan iklan Blackpink Shopee tersebut karena dinilai melanggar norma kesopanan.

Kasus ini cukup membuat viral beberapa saat yang berakibat mulai banyak muncul nya petisi-petisi lain yang berisikan malah sebaliknya, banyak orang yang menentang Maimon Herawati dengan petisi yang berisikan seperti angkat Maimon menjadi anggota ke 5 Blackpink lah, boikot Maimon dari Negara lah dan masih banyak lagi.

Media Korea sendiri sampai menyorot berita tentang pelarangan iklan yang menampilkan Blackpink tersebut. Dan hasilnya netizen Korea pun memberikan komentar-komentar yang cukup pedas. Ada yang mengatakan bahwa memang budaya Korea dan budaya Indonesia berbeda dan tidak dapat disamakan, karena itu lah yang sudah menjadi hal yang biasa ada di Korea dianggap tidak biasa dan mencoreng norma yang berlaku di Indonesia. Tetapi untungnya, PSI ( Partai Solidaritas Indonesia ) menganggap bahwa teguran KPI terhadap iklan tersebut terlalu “ tidak masuk akal “ karena menurut mereka, di dalam iklan tersebut tidak ada hal yang menunjukan bagian tubuh tertentu melalui gambar close dan middle close up. Setelah itu, KPI diminta tidak menjadi lembaga yang serba melarang hanya karena ada suara masyarakat tertentu.

“ saya juga gatau dimana nya melarang norma yang berlaku disini itu iklan. Karena menurut saya, iklan itu tidak menunjukan bagian” tubuh tertentu yang seksi dan segala macem “ kata Nicholas, selaku fans garis keras dari Blackpink. “ malah seharusnya, selain dari iklan seperti itu, di Indonesia ini banyak sekali sinetron-sinetron yang malah tidak pantas untuk ditayangkan karena tidak ada nilai moral nya sama sekali “ lanjutnya. Salah satu fans Blackpink tersebut merasa tidak adil karena di Indonesia ini banyak hal seperti sinetron atau pun reality show yang kurang dapat mendidik dan tidak layak ditampilkan karena dapat merusak moral bangsa terutama anak-anak yang masih dibawah umur yang seharusnya lebih pantas untuk diadukan seperti itu daripada iklan semacam itu saja. “ ya saya berharap nya sih disini pemerintah nya lebih tegas sih jadi ya yang emang seharusnya di tegur itu ya yang emang pantas di tegur kayak sinetron-sinetron yang kurang mendidik. Karena kan itu pasti lebiuh ber efek ke orang-orang daripada iklan seperti ini saja  gitu loh. Diharapkan sih pemerintah lebih cerdas lah gitu jangan asal boikot aja. “ tutur nya saat ditanya harapan nya perihal ada nya masalah seperti ini.

Jadi, diharapkan karena ada nya masalah seperti ini, KPI bisa untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama yaitu main asal boikot tanpa mencari tahu seluk beluk nya dan hanya melihat sebelah mata saja. Kemudian karena ada nya masalah tersebut, muncul lah petisi tandingan yaitu “Tolak Penghapusan Iklan Blackpink “ yang sudah ditandatangani oleh cukup banyak masyarakat yang kurang setuju dengan ada nya petisi untuk menurunkan iklan tersebut karena dinilai terlalu “ lebay “.  Memang dikarenakan budaya yang berbeda antar Negara dapat menyebabkan kesalahpahaman, maka dari itu kita harus menanamkan sikap toleransi kepada Negara lain juga dan belajar untuk mempelajari sedikit tentang budaya Negara lain supaya tidak akan terjadi lagi masalah-masalah seperti ini.

 

Sherine Hanna Gracia

2101629003


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close