People Innovation Excellence

Kompilasi motor – motor baru pada tahun 2018

Happy new years! Semoga di tahun yang baru ini, para pembaca diberikan berkah dan kesehatan yang luar biasa untuk menghadapi tahun 2019 yang sudah dimulai. Kali ini saya akan membahas mengenai motor – motor yang telah lahir atau pun yang mendapatkan pembaruan dari pabrikan mereka masing – masing. Tentu saja ini adalah hal yang sangat seru dikarenakan ada banyak sekali motor – motor baru yang lahir pada 2018, dimulai dari perkumpulan Jepang yang memang mendominasi pasar Indonesia, yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Ada beberapa motor baru atau pembaruan motor yang dilakukan para merk di atas agar masyarakat dapat memiliki berbagai macam pilihan dan varian terutama jenis Skutik. Dan jangan lupa ada beberapa merk Eropa yang sudah secara terang – terangan ingin melawan merk Jepang bersaudara untuk dapat mematahkan dominasi mereka. Seperti Royal Enfield yang mengeluarkan Himalayan, lalu Triumph Tiger ataupun Peugeot yang berani menantang Vespa dalam hal pembuatan skutik mengengah. Tanpa berbasa – basi lagi ini lah kompilasi motor baru pada tahun 2018.

Pertama, pemegang pasar tahun 2018 yaitu Honda. Honda memiliki berbagai motor baru di kelas premium seperti menghidupkan kembali motor gede mereka yaitu Honda Gold Wing, lalu ada motor skutik mereka seharga 76 Juta OTR Honda Forza yang kemungkinan besar menjadi lawan berat dari Yamaha XMAX, ada pula motor bebek yang harganya hampir menyaingi motor Sport yaitu Honda Super Cub C125 yang berharga 55 – 58 Juta. Kembali lagi ke motor skutik, Honda memberikan beberapa pembaruan pada Honda Scoopy, Honda BeAT yang memiliki banyak varian, dan motor sejuta umat yaitu Honda Vario 125 dan 150. Lalu Honda juga mengeluarkan Honda PCX Hybird untuk menjadi pesaing NMAX dan Aeorx dari Yamaha. Dan terakhir adalah adanya motor Adventure CRF yang telah digunakan oleh Mario Iroth untuk menjelajah sebagian besar benua yang ada di dunia dan motor Honda African Twin, motor adventure mereka yang memiliki mesin bongsor 1000cc.

Lalu membuntuti Honda, Yamaha sebagai merk kedua yang memiliki penjualan terbaik sepanjang tahun 2018 di Indonesia, mereka juga memberikan beberapa motor – motor baru khususnya pada motor skutik mereka yaitu ada Yamaha Lexi dan Yamaha FreeGo untuk menambahkan rasa persaingan dengan skutik – skutik yang Honda miliki, Yamaha banyak mempebarui duo skutik andalan mereka yaitu Yamaha NMAX dan Aerox dalam segi fitur dan spesifikasi. Selain skutik, Yamaha juga memberikan rasa baru pada motor bertenaga andalan mereka yang mempunyai cc besar seperti Yamaha XMAX, R25 dan MT – 25. R25 keluaran Yamaha ini banyak menjadi perbincangan dikarenakan Yamaha bisa dibilang mulai bisa menyaingi Ninja yang dimiliki oleh Kawasaki ataupun keluarga CBR yang dimiliki oleh Honda dalam segi torsi dan kecepatannya. Selain motor – motor Yamaha yang telah disebutkan sebelumnya masih banyak lagi motor – motor yang di perbarui oleh Yamaha seperti Yamaha Fino yang mendapatkan Livery baru, Yamaha R15, Mio M dan Yamaha Vixion baru. Ada desas – desus bahwa Yamaha Xabre akan diberhentikan produksinya dan Yamaha akan menggantinya dengan MT – 15 pada tahun 2019.

Ketiga adalah salah satu merk yang masih tidak mau membuat motor skutik yaitu Kawasaki. Pada tahun ini Kawasaki memerikan gebrakan yang sangat signifikan karena mereka dapat menjual motor bergaya retro jadul mereka yaitu W175, dimana motor ini menjadi pusat perhatian dikarenakan riding positionnya yang sangat nyaman dan seakan di ajak kembali bernostalgia dengan motor tahun 90’an. Dan satu lagi W175 bagi para builder motor adalah motor surga dikarenakan kemudahannya dalam hal custom. Lalu Kawasaki juga memberikan perubahan yang signifikan pada keluarga Ninja mereka, dimana dikeluarkannya Ninja 300cc dan diberikannya smart key atau key less, dimana fitur tersebut tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Selain keluarga Ninja dan keluarga W yang mendapatkan perubahan, Kawasaki juga mengeluarkan motor Tracker mereka yaitu KLX150 dan D – Tracker yang menjadi motor primadona bagi para pecinta off – road.

Selain tiga merk besar Jepang yang sudah sangat familiar di Indonesia, ada pula Suzuki yang kembali mulai ganas dalam urusan pembuatan produk baru. Sebut saja duo GSX, yaitu GSX – R 150cc yang menjadi gebrakan baru dan motor street fighter mereka GSX – 150 dan Suzuki Bandit yang kembali dihidupkan setelah lama tidak di produksi lagi oleh merk ini. Tentu saja dengan adanya motor – motor bertenaga Suzuki, maka Suzuki Satria yang memang menjadi primadona di pabrikan ini pun menjadi kalah pamor, sehingga Satria hanya mendapatkan pembaruan minor dari segi warna dan livery. Suzuki juga tidak melupakan pasar skutik, dimana mereka mengeluarkan Suzuki Nex II 125cc agar dapat menjadi pesaing untuk motor skutik bawah. Tetapi sangat disayangkan, motor monster legenda mereka yaitu Hayabusa harus di stop pembuatannya dikarenakan adanya benturan mengenai emisi euro4, sehingga membuat Suzuki menyetop produksi dan penjualan motor besar ini pada tahun 2019.

Bukan hanya Jepang bersaudara yang memberikan banyak pilihan motor baru untuk para pecinta otomotif. Tetapi juga merk dari Eropa seakan mulai berlomba untuk menyaingi pasar yang sudah dimiliki oleh Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Dimulai dari keluarnya motor adventure ber”cc” besar yang diberikan oleh Royal Enfield Himalayan, lalu di susul dengan Triumph Tiger 800 xcx dan BMW yang mengeluarkan motor sport mereka yaitu BMW H4 yang memiliki kapasitas mesin 999cc, sehingga ini menjadi pesaing berat untuk Ducati Panigalle, MV Agusta F4 dan Aprilia RS4 yang menjadi raja jalanan pada varian motor sport besar. Lalu ada KTM yang mengeluarkan motor sport murah mereka yaitu RC 200, dimana motor ini menjadi motor yang bisa dibilang sangat terjangkau untuk motor tipe sport karena hanya di banderol dengan harga 44 juta OTR.

Bukan hanya merk – merk lama yang berusaha menjadi terbaik, ada juga merk – merk baru yang mungkin masyarakat Indonesia masih awam, seperti Benelli yang mengeluarkan 6 motor baru sebagai gebrakan mereka dalam industry otomotif di Indonesia. Lalu ada Peugeot yang memberikan Vespa persaingan dalam motor varian skutik khas Italia. Atau adapun Kymco yang memiliki skutik premium setara dengan Yamaha Xmax dan Honda Forza. Itulah kumpulan motor – motor baru dan pembaruan motor lama selama tahun 2018, dimana mungkin ada yang kecewa karena ada beberapa motor yang diharapkan mendapatkan pembaruan tetapi kenyataannya tidak seperti Z250 dari Kawasaki, CBR 150cc dari Honda dan MT – 25 dari Yamaha.

Bagaimana pun itu adalah keputusan dari para merk untuk memberikan pembaruan atau tidak, tetapi saya bisa beri sedikit bocoran adalah akan banyak perubahan yang dilakukan oleh para pembuat motor khususnya Kawasaki dan Yamaha, dalam memberikan kesan baru pada motor tempurnya yaitu Z250 dan MT – 25. Di tahun 2019 juga memiliki desas desus yang lumayan seru untuk dibahas, karena Indonesia akan memiliki motor pribadi sendiri karya anak bangsa yaitu Gesits, Yamaha akan mengeluarkan motor bongsornya Yamaha Niken, Kawasaki akan membuatkan adik dari motor monser mereka yaitu H2 dan masih banyak lagi. Jadi tunggu saja bagaimana jalannya 2019, dimana pasti akan ada banyak lagi motor – motor yang menggugah selera. Selamat tahun baru!

 

Penulis : Dwi Juang Nofanto, student of Bina Nusantara University.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close