People Innovation Excellence

Dipecatnya Manajer Manchester United

Pada senin tanggal 18 desember 2018 telah terdengar kabar yang tidak begitu sedap bagi para fans klub bola Manchester United dikarena kan manajer utama klub tersebut José Mário dos Santos Mourinho Félix, yang biasa dikenal dengan sebutan Jose Mourinho telah dipecat dari bangku manajer usai di kalahkan oleh Liverpool pada pekan ke-17 liga premier inggris di stadion Anfield Minggu, 16 Desember 2018, Jose Mourinho di pecat selang 2 hari setelah kekalahan. kekalahan itu menyebabkan Manchester United berada 19 poin di belakang pemimpin klasemen dan berpaku di peringkat keenam, akibat dari kekalahan tersebut lah yang membuat petinggi klub merasa sudah tidak serasi dengan gaya permainan yang di terapkan “The Special One” tersebut, peristiwa ini bukanlah pertama kali bagi pria kebangsaan Portugal ini sebelum ia di berhentikan dengan Manchester United ia pernah mengalami hal yang sama dengan club London biru yaitu Chelsea, amat di sayangkan karirnya di Manchester United telah berakhir ditengah jalan. Jose Mourinho di pecat dari Manchester United setelah dirinya menjadi manajer selama kurang lebih 3 musim atau sekitar 2 tahun.

Padahal, mourinho sudah membelanjakan uang senilai 358,8 juta pound sterling yang kalau di setarakan dengan rupiah senilai 6,5 trilliun untuk membeli pemain kelas bintang untuk menambah armada pada klub tersebut, pemecatan jose mourinho juga terjadi ketika setelah mendapatkan hasil undian melawan Paris Saint-Germain pada liga champions.

United hanya mendapatkan 26 poin dari 17 pertandingan liga premier inggris musim 2018-19, yang dimana tujuh kali menang, lima kali seri dan lima kali kalah, ini merupakan hasil terburuk United di devisi tertinggi liga inggris sejak tahun 1990-91.

Berikut adalah kronologi jose mourinho di Manchester united:

  • 27 mei 2016: Jose Mourinho terpilih sebagai manajer Manchester united menggantikan Louis Van Gaal
  • 7 agustus 2016: memenangi community shield dengan mengalahkan juara liga premier inggris, Leicester 2-1
  • 11 september 2016: kalah dari musuh bebuyutan , Pep Guardiola, 1-2 dalam ajang derbi Manchester
  • 8 agustus 2017: mengalahkan mantan klubnya, Real Madrid dalam liga super eropa
  • 21 oktober 2017: tiga belas kali tak terkalahkan pada semua kompetisi sebelum kalah dari tim promosi devisi satu inggris, Huddersfield
  • 20 desember 2017: kalah 1-2 dari Bristol city pada perempat final carabao cup
  • 26 januari 2018: menandatangani kontrak perpanjangan sebagai manajer united hingga 2020
  • 13 maret 2018: Sevilla menyingkirkan United pada 16 besar liga champions setelah menang 2-1 di Old Trafford.
  • 7 april 2018: anak asuhan Mourinho Paul Pogba dan Chris Smalling mencetak gol penentu pada melawan Manchester City dan menunda kemenangan City pada liga premier inggris.

Ada 2 alasan yang di pastikan menjadi alasan pemecatan Jose Mourinho yaitu taktik dan gaya bermain pragmatis serta hubungan personal Jose Mourinho dengan para pemain yang buruk.

Taktik yang di gunakan Mourinho selama di MU adalah taktik 4-3-3, yang selalu ia gunakan dalam setiap pertandingan dimanapun dia menjadi manajer dalam klub. Ketika menyerang Mourinho mengubah menjadi 3-4-3, dengan gelandang bertahan yang turun. Hal ini tak jauh berbeda dengan apa yang dia terapkan di Chelsea, Inter Milan, maupun Real Madrid. Itu yang membuat para pelatih dari beberapa klub bisa membaca dan mengetahui taktik apa yang sedang digunakan oleh Jose Mourinho. Dan ada beberapa pemain yang tidak menyukai posisi mereka pada saat bermain.

Mourinho dipecat setelah ia kerap berkonflik dengan pemain dengan rekor transfer termahal yaitu, Paul Pogba yang senilai 89 juta pound sterling yang tidak dimainkan pada pertandingan melawan Liverpool di anfield minggu lalu.

Kebiasaan buruk Mourinho di tim – tim yang gemar berseteru dengan pemainnya kembali di ulangi di MU. Luke shaw dan Paul Pogba jadi korban ego tinggi Mourinho. Luke shaw berseteru dengan Mourinho setelah ia mencelanya di depan media kala mereka tampil buruk. Sedangkan Paul Pogba, berawal ketika Mourinho memainkan Paul Pogba pada posisi gelandang bertahan. Dan yang memperparah kondisi dalam MU adalah Mourinho lebih melmilih menyingkirkan pemain yang berseteru dengannya ketimbang meredakan emosinya. Hal tersebut yang membuat MU tak sekondusif musim – musim sebelumnya. Selain berseteru dengan pemainnya, ia juga beberapa kali bersikap tidak seharusnya pada media.

Respon beberapa para pemain setelah Jose Mourinho di pecat, Paul Pogba mungkin pemain yang paling terlihat berbahagia setelah mengetahui Jose Mourinho dipecat oleh Manajemen Manchester United. Keputusan MU mendepak Jose Mourinho dari Old Trafford disambut senyuman oleh Paul Pogba. bagaimana tidak, seperti yang diketahui oleh kita semua, Mourinho memang berseteru dengan Paul Pogba. Dan itu salah satu alasan yang menjadikan pemain yang satu ini tidak efektif bermain pada musim ini. Tidak hanya Paul Pogba yang berbahagia, bahkan banyak yang memberitakan bahwa para pemain lah yang meminta klub untuk melengserkan Jose Mourinho dari kursi manajer. Beberapa laporan menyebutkan bahwa beberapa anggota skuat MU merayakan kepergian Mourinho.

 

Ahmad fakhri

2101682261


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close