People Innovation Excellence

Destinasi unggulan di Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu tentang Yogyakarta, terkenal sebagai salah satu kota istimewa di Indonesia yang memiliki budaya yang unik beserta penduduk-penduduknya yang ramah tamah menjadikan kota ini menjadi kota yang sulit dilupakan setelah dikunjungi.

Kota ini dipenuhi dengan hal-hal yang tidak bisa kita temukan di kota lain, mulai dari jajanannya yang terkenal murah dan enak, hiburan sederhananya yang masih menonjolkan sisi budaya dari Yogyakarta dan tempat-tempat unik dan bersejarah untuk dikunjungi para wisatawan.

Tidak sedikit orang yang datang ke kota ini untuk belajar sejarah, karena banyak peristiwa sejarah Indonesia yang telah terjadi di kota ini, mulai dari  keberadaan kerajaan-kerajaan besar di Indonesia hingga sejarah-sejarah penting perjuangan kemerdekaan Indonesia, hal ini menguatkan Yogyakarta menjadi salah satu daerah spesial yang ada di Indonesia.

Terlepas dari hal-hal tersebut, Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan lokal terutama yang berada di pulau Jawa untuk berlibur, hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai dan hidup di kota ini masih terjangkau. Di Yogyakarta hampir semuanya serba murah, mulai dari makanan, pakaian, dan tempat-tempat penginapan, dan bahkan dengan uang saku yang terbatas anda bisa mendapatkan pengalaman dan kenangan-kenangan indah yang akan diberikan oleh kota ini.

Banyak sekali tempat-tempat menarik yang ada di Yogyakarta seperti Keraton, Tamansari, pantai Parangtritis, pantai Baron, Kasongan dll,   Namun masih banyak wisatawan yang belum ada tempat-tempat menarik lainnya dan akhirnya menghabiskan waktu liburannya di tempat-tempat yang sudah biasa dikunjungi oleh wisatawan lainnya.

Yogyakarta juga terdapat pegunungan dan pesisir lautan yang indah dan inilah tempat-tempat menarik di Yogyakarta yang masih jarang diketahui namun direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu :

Pantai Ngandong

Selain Pantai Baron, Pantai Sundak dan pantai-pantai yang lainnya sudah populer, pantai Ngandong yang berada di selatan Yogyakarta ini terpisah akan pegunungan.

Pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Selatan Yogyakarta ini, memiliki nama dan keunikannya masing-masing, dan salah satu keunikan dari Pantai Ngandong yaitu pasirnya yang bersih dan airnya yang jernih sehingga para wistawan dapat melihat dasar lautnya tanpa harus menyelam.

Letak Pantai Ngandong ini sendiri terdapat di samping Pantai Sundak yang populer, kebersihan pasir dan air di pantai ini juga masih terjaga, terbebas dari kotoran dan sampah yang pastinya akan membuat para wisatawan betah untuk menghabiskan waktunya di Pantai Ngandong.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Dari namanya gunung ini mungking terlihat berbahaya, ternyata setelah kita sampai ke tempatnya kita akan melupakan hal itu semua dan akan terlena dikarenakan pemandangan yang indah.

Gunung ini merupakan salah satu gunung api yang memiliki bebatuan yang khas karena didominasi oleh aglomerat dan breksi gunung api. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang berada pada deretan Pegunungan Baturagung.

Gunung Api Purba atau dikenal akan Gunung Gedhe merupakan spot wisata yang digemari oleh para pendaki, dikarenakan pemandangan yang sangat indah dari atas puncaknya, beserta pepohonan disekitarnya yang membuat tempat ini sangat spesial, dan untuk mencapai puncak Gunung Gedhe ini diperlukan tekad yang kuat dikarenakan melewati jalanan yang terjal serta rintangan yang menantang.

Puncak Gunung ini juga merupakan salah satu spot sunrise yang paling dicari oleh para pecinta mentari pagi di Indonesia.

 

Air Terjun Sri Getuk

Pesona wisata alam Gunungkidul memang sangat memanjakan dan menakjubkan. Selain pantai-pantai yang indah nan eksotis, pegunungan dengan pemandangan yang menenangkan, di daerah ini juga terdapat air terjun yang sangat menawan, yaitu air terjun Sri Gethuk, tempat ini terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Bleberan.

Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bagian bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, yang menambah kesan unik tersendiri pada air terjun Sri Gethuk.

 

Desa Wisata Kalibiru

Tempat ini terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang sangat indah, mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit. Tempat ini tidak kalah cantiknya dengan Tebing Keraton yang ada di Bandung. Tempat ini terletak di Desa Hagorwilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo.

Pemandangan Desa Wisata Kalibiru ini sangat bagus dijadikan spot foto untuk mengabadikan momen bersama orang yang tersayang, biasanya tempat yang dijadikan spot foto adalah tempat flying fox, karena disitu pemandangan pepohonan yang sangat memanjakan mata dapat terlihat semua.

 

Kebun Buah Manguan

Berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, membuat tempat ini dijuluki sebagai negeri diatas awan. Terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Pemandangan memukau dari atas disertai matahari beserta sinarnya yang emas, yang diselimuti kabut tepat di depan mata membuat keindahan alam di tempat ini menjadi luar biasa.

Saat melihat ke arah selatan, terlihat pemandangan Pantai Parangtritis yang sangat mempesona, selain itu, terlihat juga pemandangan Sungai Oya yang berlika-liku yang dikelilingi pepohonan, belum lagi tempat ini juga memiliki udara yang sejuk dan angin yang berhembus lirih.

 

Faiz Hasanudin Risman

2101723450- LD51 Marcomm


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close