Bagi sebagian besar wanita, wajib hukumnya untuk memperhatikan penampilan. Tidak hanya busana tetapi perawatan kulit dan kecantikan pun menjadi hal yang perlu diperhatikan juga. Dengan berbagai produk kecantikan yang terjual sangat luas dipasaran, dapat dimanfaatkan untuk menjadi riasan wajah dan untuk merawat kulit para wanita.

Tata rias kecantikan adalah salah satu bidang kesenian yang menciptakan keindahan fisik untuk membuat wajah terlihat lebih menarik. Tata rias kecantikan juga sering disebut makeup, produk yang mendukung adalah kosmetik. Kosmetik untuk merias wajah meliputi kosmetik untuk dasar wajah, alis, kelopak mata, bulu mata, perona pipi, dan bibir.

Seperti budaya dan teknologi yang telah berkembang, makeup juga berevolusi. Makeup telah menjadi hal yang diperlukan untuk sebagian pekerjaan. Seperti contohnya karyawati agar diterima di perusahaannya saat melakukan wawancara agar penampilan terlihat lebih menarik akan lebih baik jika memakai makeup. Untuk kepentingan lain, para wanita juga seringkali memakai makeup untuk merias wajahnya untuk kegiatan sehari harinya.

Selain itu, karena kegiatan merias wajah ini semakin berkembang, muncul lah penata rias atau makeup artist. Makeup artist menyediakan jasa tata rias yang biasanya dibayar untuk mengerjakan makeup di acara acara penting seperti rias pengantin di pernikahannya. Makeup tentu bisa menjadi wadah untuk mencari duit dan banyak yang menjadi makeup artist di zaman sekarang, tetapi jangan berasumsi bahwa menjadi seorang makeup artist mudah mudah saja, diperlukan kursus tata rias untuk menjadi ahli dalam bidang makeup artist.

Karir dengan memanfaatkan tata rias wajah sekarang sangat menguntungkan, dengan adanya sosial media dan youtube sangat membantu masyarakat yang ingin belajar makeup tanpa harus bayar mahal, hanya dengan menonton tutorial atau cara makeup di youtube saja sudah sangat membantu dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Dengan mempublikasikan video di youtube, orang orang bisa mempelajari ilmu mengenai tata rias secara mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak hanya dengan komputer atau dengan laptop dan juga smartphone, para wanita bisa menikmatinya secara instan.

Orang yang mempublikasiannya biasanya adalah seorang beauty vlogger yaitu seorang yang mempunyai hobi merias wajahnya dan ingin membagi bagi tutorial, tips-tips, dan apapun mengenai makeup.

Produk produk makeup  banyak sekali jenisnya dari yang harganya terjangkau sampai para wanita harus mengerluarkan biaya yang tidak masuk akal. Brand brand makeup lokal pun tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan brand luar negeri.

Brand makeup lokal yang dijual tidak terlalu mahal harganya dan biasanya dijual diberbagai tempat yang tidak susah untuk dicari sehingga masyarakat dimanapun dapat dengan mudah mencari produk makeup lokal.

Keahlian untuk merias wajah sangat diperlukan bagi para wanita apalagi di zaman sekarang, penampilan terkadang menjadi tolak ukur untuk memasuki dunia karir bahkan ibu rumah tangga sekalipun harus bisa makeup setidaknya tahu bagaimana cara berpenampilan dengan rapi.

Untuk medapatkan hasil yang maksimal, diperlukan  skill untuk merias wajah karena pada umumnya semahal apapun brand atau produk makeup tetapi tidak mempunyai skill untuk merias wajah sangat disayangkan sekali mengakibatkan produk yang ada menjadi tidak berguna. Banyak beauty vlogger  yang memakai brand atau produk makeup yang harganya terjangkau, menghasilkan wajah yang sangat bagus untuk dirias.

Maka dari itu, skill merias wajah sangat berguna jika dilakukan dengan baik dan semakin berpengaruh untuk menambah percaya diri atau untuk keberlangsungan karir.

 

Nabila Anjani

LD51-2101706570