People Innovation Excellence

Sosial Media Dalam Perkembangan Musik Di Indonesia

Penulis : Aryasatya Hafis Janadi

Sumber : sproutsosial.com

Sosial media memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan kita di era ini. Banyak sekali informasi yang ada pada platform media sosial. Segala sesuatu yang ingin kita ketahui ada pada sosial media. Nah, sosial media sangat berdampak pada berbagai bidang, salah satunya bidang musik. Kira – kira dampak apa ya yang ditimbulkan dalam perkembangan industri musik saat ini.

Penggunaan sosial media bagi para musisi ternyata ikut andil peran dalam penjualan karya musiknya. Fokus musisi bukan hanya bagaimana karya itu terbentuk, bagaimana musiknya tercipta namun juga bagaimana strategi penjualannya. Sosial media menjadi wadah. Data menyebutkan bahwa keaktifan para musisi dalam sosial media ikut membantu penjualan karya tersebut.

Data dari NextBigSound menyatakan bahwa adanya hubungan antara kehadiran online lewat media sosial dari para artis dengan penjualan lagu mereka. Semakin banyak klik atau view yang didapat dari sebuah situs dan media sosial  semakin tinggi pula mereka menjual musik mereka. Para musisi juga dapat memposting teaser album mereka yang akan menciptkan rasa penasaran pada netizen. Hal ini juga akan meningkatkan daya jual karya juga dengan musisinya.

Situs resmi para artis atau musisi memang masih memegang kendali lebih dibandingkan dengan media sosial lainnya. Pageview yang ada pada platform media sosial Facebook menempati tempat kedua yang mendorong penjualan lagu, serta ketiga seperti Instagram, Twitter, YouTube, Soundcloud juga berperan dalam ikut mendorong penjualan lagu. Walaupun sekarang banyak yang beralih dari Facebook tapi tetap memiliki banyak informasi. Platform Instagram pun mulai naik dengan beragam fitur seperti Instagram TV atau Snapgram yang dapat dijadikan sarana dalam penjualan karya, khususnya dalam kasus ini adalah musik.

Menurut pengamat musik Adib Hidayat, era digital turut membantu penyebaran musik menjadi lebih mudah dan membuka peluang musisi untuk memasarkan lebih luas. Sepakat dengan Adib, Andien sebagai musisi yang mengalami perkembangan musik sejak awal 2000 mengatakan bahwa era digital semakin membuka kesempatan musisi di mata dunia.

Media sosial juga berperan dalam melakukan prediksi dalam hal penjualan album para musisi. Di sisi pendengar atau pembeli karya musik, muculnya lagu di radio, informasi di media sosial termasuk youtube akan mempermudah pendengar untuk mendapatkan informasi tentang musik dan pada akhirnya mendorong mereka untuk membeli karya tersebut.

Setiap hal pastinya memilki dampak baik namun juga buruk. Sosial media membawa kekuatan baru bagi industri musik di Indonesia namun selain itu membawa kelemahan. Dampak buruknya adalah masalah terbukanya peluang pembajakan. Padahal, kondisinya tak melulu demikian. Perkembangan teknologi dan internet yang justru semakin memicu pihak tak bertanggung jawab membajak karya music dengan mudahnya, tak terkecuali musik Indonesia. Penghargaan terhadap pekerja musik Indonesia kian menipis karena itu. Padahal membuat karya bukanlah hal mudah.

Kembali lagi bagaimana kita menggunakan teknonlogi, sosial media sangat kuat sekali pengaruhnya pada berbagai aspek. Terbukti sosial media memiliki dampak yang kuat bagi industri musik, bukan hanya di luar negeri namun juga di dalam negeri kita sendiri, Indonesia. Selalu ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya, jadikan sebuah pelajaran. Selain itu mari kita apresiasi karya – karya para musisi stop pembajakan karena sama saja kita mengambil hak mereka sebagai musisi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close