People Innovation Excellence

Rendahnya Pemikiran Menabung Generasi Milenial

Generasi Milenial ditengarai malas menabung. Setidaknya, mikir untuk menabung pun enggak ada. Survei kami menunjukan 4 dari 15 orang responden masih belum berfikir untuk menabung untuk masa yang akan datang. Padahal kebutuhan 5-10 tahun mendatang akan banyak sekali. Beberapa jawaban yang telah kami terima kenapa generasi Milenial susah sekali menabung antara lain:

 

  1. Gaya hidup yang mengikuti zaman
  2. Kalau enggak nongkrong di tempat mahal enggak gaul
  3. Belanja barang-barang branded yang berlebihan
  4. Terlalu banyak jalan-jalan yang pasti mengeluarkan banyak uang

 

Itu adalah beberapa faktor yang menyebabkan generasi milenial susah untuk menabung, Padahal kebutuhan dalam  jangka 5-10 tahun ke depan akan banyak sekali. Berikut akan kami jelaskan apa saja dan berapa biaya yang akan dikeluarkan:

 

  1. Menikah sekitar Rp 25 juta – 300 juta (sifatnya opsional, tergantung mau seperti apa)
  2. Mobil ± Rp 125 juta – 500 juta (sifatnya opsional)
  3. Rumah di sekitar Jakarta ± Rp 750 juta

Itu beberapa dari sekian banyak kebutuhan yang akan mereka hadapi dalam 5-10 tahun yang akan datang.

Ternyata banyak juga yaa kebutuhan ke depan yang perlu kita persiapkan. Ini adalah adalah tips bagaimana cara kita menabung untuk keuangan masa depan kita:

  1. Sisihkan 60 % dari gaji/ uang saku yang diperoleh dalam bentuk tabungan. Bisa dalam bentuk saham, reksadana, atau tabungan
  2. Perhemat kebutuhan 30% seperti makan, transport, hangout, belanja.
  3. Jangan lupa sisihkan 2 ½ % untuk amal. Kalau lebih akan tambah bagus lho,  karena dengan berbagi akan mempermudah segala urusan kita
  4. Sisihkan sisanya untuk kebutuhan dana darurat kita.

Ini adalah beberapa tips yang bisa di terapkan di kehidupan kita. Mulailah dari sekarang dan jangan menunda lagi sesuatu yang baik. Jangan pernah tergoda hanya untuk menjalani gengsi kita.  Kita harus mengeluarkan duit yang sangat banyak untuk nongkrong sana-sini dan membeli barang yang belebihan yang tidak terlalu berguna bagi kita. Kita harus mengkondisikan diri kita, mana yang menjadi kebutuhan, mana yang hanya menjadi gengsi kita saja. Dengan menabung dari sekarang ini kita bisa memiliki apa yang akan kita inginkan ke depannya.

Mulailah perlahan-lahan untuk menyisihkan  duit kita karena kebutuhan hidup terus bertambah dan tidak pernah selesai. Jangan pernah berfikir hanya mampu menjalani hidup dan makan saja. Itu bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan.

Jadilah orang yang bisa dibanggakan, paling tidak bisa bangga dengan diri sendiri. Kita bisa menjadi seorang yang mampu dengan cara kita sendiri, bukan hanya menjalani kehidupan dan hanya makan minum lalu tiduri.

Carilah pasangan yang tidak menuntut banyak dan mau berjuang bersama karena hidup tidak selamanya enak. Ada kalanya kita di bawah, ada kalanya kita di atas. Harapannya dia menjadi pensuport kita di kala kita di bawah.

Menjadi orang sukses pasti impian banyak orang. Tapi tidak akan bisa berhasil jika kita tidak memulainya. Salah satunya adalah menabung. Dengan menabung kita bisa membuka usaha sendiri dan bisa membeli barang apa saja yang kita inginkan.

Hal itu tidaklah mudah karena faktor gaya hidup kita adalah cobaannya. Dengan menyisihkan duit kita untuk tabungan  tentu saja gaya hidup kita akan lebih hemat. Bisa jadi  kita dikesankan tidak bisa mengikuti zaman. Tapi kita beruntung ke depannya kita  bisa menjadi seorang yang sukses dengan duit tabungan tersebut. Gunakanlah duit tabungan yang telah kita kembangkan dengan benar. Jangan menjadi hal hal yang sia sia.

Mulailah berbisnis kecil-kecilan yang bisa dikembangkan menjadi bisnis yang besar. Jangan terlalu gegabah dalam mengambil risiko seperti membuka usaha besar yang tidak tahu pasarannya.  Mulailah perlahan demi perlahan.

Milenial tentunya pemikirannya bisa jauh lebih tahu tentang kebutuhan dan mana keingininan. Jangan terlalu terbawa oleh zaman yang ada. Tetaplah menabung untuk goals-goals kita yang kita inginkan. Perbaiki diri mulai dari sekarang karena dengan memulai sesuatu yang baik, hasilnya juga akan baik, dan tidak akan pernah mengecewakan kita.

Jadilah milenial yang sukses di kehidupan yang singkat ini. Jangan terbawa oleh gengsi. Teruslah jalanin hidup dengan kesabaran karena suatu saat kita pasti akan memetik hasil yang kita tanam. Kondisikan pertemanan kita, jangan ikut terbawa apa yang bisa menjadikan kita boros dalam berbagai hal. Dengan cara menabung lah generasi milenial bisa menjadi seorang yang bisa dibanggakan. Ini adalah beberapa tips dari kita yang mungkin bisa beguna bagi kita semua para generasi milenial agar lebih mudah menabung dan mencapai cita-cita yang ada. Pemuda yang sukses adalah impian semua orang. Teruslah berusaha dan tetap sabar.

 

Muflih Akbar


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close