Penulis : Ary Yosua Barus

Sumber : pexels

Tidak dapat dipungkiri bahwa game pada saat ini banyak diminati oleh khalayak. Game  tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, melainkan dari remaja hingga dewasa. Game pada awalnya hanya dijadikan sebagai hobi dan sebagai saran penghibur diri. Hingga pada saat ini menjadi sebuah bidang Pekerjaan atau Profesi (eSport).

Perkembangan esports di Indonesia cukuplah baik dan sedang berkembang pesat hingga saat ini. Hal ini tentunya tercapai berkat dukungan dari kalangan talenta muda Indonesia yang kreatif dan inovatif di industri esports. Bakat tersebut tersalurkan melalui berbagai jenis jalan karir, seperti game developer, game publisher, tim profesional, dan masih banyak jenis profesi lainnya.

E-Sport merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSport Association) Struktur dan tingkatan pertandingannya sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedannya para atlet eSport tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan Strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding tanpa bertatap muka

Dengan resminya IeSPA di mata pemerintah & para gamers kompetisi bisa lebih yakin hobi (atau bahkan profesi untuk beberapa orang) mereka ini akan mendapat dukungan lebih  dari pemerintah. Genre permainan yang paling umum dengan Esport ini adalah real-time strategy (RTS), fighting, first person shooting (FPS), massively multiplayer Online (MMOG), dan racing.

Pertama kali budaya eSport berkembang adalah kompetisi game. Alhasil, kompetisi game pun berkembang menjadi kompetisi-kompetisi online, beserta dengan organisasi yang punya visi untuk menjadikan kompetisi game menjadi sebuah industri eSport.

Pada awalnya turnamen eSport itu sendiri sangat sulit diadakan, dikarenakan pada jaman tersebut Game yang bertajuk Online yang bisa dikompetisi hanya melalui PC saja .Tetapi dengan berkembangnya jaman Game yang bertajuk Online dan dikomepetisi bisa memalaui gadget (Smartphone).

eSport muncul di Indonesia berkat mudahnya akses teknologi yang ada saat ini.Mulai dari ketersedian internet yang semakin cepat hingga meningkatnya perkembangan game dan gadget di Indonesia. Dari segi game misalnya banyak sekali game yang ada, mulai dari game smartphone sampai game komputer dan game konsol.

Tak hanya itu, gadget pendukung game pun semakin berkembang pesat. Apalagi kini mulai muncul smartphone dengan fitur game khusus yang membuat hampir semua masyarakat Indonesia berkesempatan menjadi gamer professional.

Salah satu tantangan terbesar perkembangan eSport di Indonesia adalah perbedaan pandangan antara generasi milenial dan generasi tua soal eSport. Masih subur di masyarakat Indonesia memandang eSport sekadar hobi main game pengisi waktu luang, bukan olahraga yang bisa ditekuni secara profesional.

Perkembangan eSport juga didukung dengan banyaknya para gamers (sebutan pecinta games), yang membentuk suatu komunitas dalam hal mendukung game yang dia mainkan. Dan hal yang mendukung lainnya adalah warnet (Warung Internet) yang diamana para gamers bisa saling bertemu dan juga bersosialisasi hingga membentuk tim dari game mereka .

Wadah yang mengadakan Turnamen pada saat ini cukup banyak untuk mendukung eSport itu sendiri, baik itu dari komunitas, Warnet maupun Perusahaan eSport. Maraknya turnamen pada saat ini dikarenkan antusias yang besar dari para gamers dalam memainkan hal tersebut.

Fenomena menonton orang bermain game pun juga turut berkembang pada masa ini. Penyedia jasa stream seperti Twitch dan Youtube semakin mendorong para gamers untuk menonton pertandingan eSport dan juga menonton orang lain bermain game. Dengan adanya komunitas-komunitas dan juga Turnamen yang di selengarakan di daerah ini merupakan bentuk awal dari kemajuan eSport di Indonesia.

Menjadi seorang Gamers Profesional  juga merupakan profesi yang menjanjikan. Rata-rata Gaji yang mereka peroleh diatas UMR yang ada di Indonesia. Hal itu meliputi Gaji yang dia Terima dari Tim Esport yang mengontrak dia, Sponsor, dan juga hasil  setiap Turnamen yang di Juarai

Di dalam Dunia eSport usia dan pendidikan tidak mempengaruhi untuk dapat menjadi Gamers Profesional. Terbukti dengan banyak nya Gamers yang dibawah 17 yang menjadi Pro Player di dalam tim eSport , Bahkan  banyak juga gamers yang masi muda yang sampai mewakili Negara di dalam pertandingan Esport.

Tentu dunia eSport tidak boleh di pandang sebelah mata, yang dimana di usia muda kita dapat menghasilkan duit dan juga dapat membanggakan Negara kita sendiri

Hal terbaik yang terjadi di dalam perkembangan eSport di Indonesia terjadi pada Asian Games 2018, yang dimana eSport pertama kalinya diperlombakan dalam acara Asian Games. hal ini merupakan bukti bahwa perkembangan eSport di indonesia mulai berkembang dan juga di dukung oleh pemerintah.