(publish di KompasMuda, link di bawah)

Siapa bilang mengunjungi Museum adalah sesuatu hal yang membosankan? Justru kini Museum adalah tempat yang dapat digunakan sebagai destinasi foto untuk feeds Instagram. Walaupun biasanya Museum sangat identik dengan hal-hal yang tua dan membosankan, tetapi nyatanya kini banyak sekali Museum yang berisikan seni yang lucu dan unik sehingga dapat membuat anak muda betah dan ingin mengabadikan moment pada saat di Museum.

Bagaimana tidak? Beberapa Museum berikut ini memiliki tampilan seni yang sangat kekinian dan sangat worth it untuk dipilih menjadi salah satu destinasi wisata bagi anak muda apalagi untuk kepentingan feeds Instagram. Tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata yang berada di outdoor.  Museum juga dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang ataupun menjadi destinasi liburan. Berikut Museum kekinian yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mencari spot foto yang terbaik untuk feeds di Instagram

  1. Moja Museum

Bagi para millenials yang suka foto-foto dan upload di Instagram, Museum ini sangat cocok. Museum ini memiliki banyak spot yang instagrammable. Hanya berjarak 600 meter dari Pondok Indah Mall 2. MoJa merupakan singkatan dari Museum of Jakarta. Museum ini berada dalam sebuah rumah klasik di kawasan Pondok Indah, MoJa Museum mengubah lantai 2 menjadi karya seni yang memiliki beberapa ruangan seperti labirin. Desainnya pun dibuat dengan tren terkini dan terdiri dari beberapa ruangan dengan tema yang berbeda-beda. MoJa Museum dirancang oleh enam anak muda bertalenta dengan latar belakang yang bermacam-macam, seperti art history dan bisnis. Bagi para millenials yang suka foto-foto dan upload di Instagram, Museum ini sangat cocok.

Direncanakan MoJa Museum akan mengubah tema setiap 3 bulan sekali dan lokasinya bisa saja berpindah dari Pondok Indah, Jadi pastikan Anda jangan melewatkan tempat instagrammable ini sebelum ketinggalan momen yang ada di moja museum tersebut

  1. Haluu Museum

Haluu yang berada di Mall Plaza Indonesia, Jakarta. Haluu cocok bagi kaum milenials yang senang foto dan aktif di sosial media. Terdapat 13 spot selfie yang sangat menggemaskan dan sangat memikat mata. Letak instagrammable exhibition Haluu di Warehouse, Plaza Indonesia Lt. 5. Harga tiket Haluu cukup terjangkau dan sangatlah sebanding dengan keunikan dan kelucuan yang berada didalam Museum tersebut. Museum ini berdasarkan dari mimpi dan setiap section spot foto memiliki arti tersendiri. Jam operasional yang berlaku mengikuti jam mall yaitu 10.00-22.00, namun last entry pukul 21.30. Museum ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2018 – 3 Maret 2019. Sebaiknya jika tidak ingin mengantre lama dan mendapatkan hasil foto yang puas sebaiknya mengunjungi Museum tersebut pada saat pagi hari ketika  Museum belum terlalu ramai.

  1. Museum Playground

Maraknya Museum yang colorful membuat anak muda mencari museim yang dapat dijadikan bahan untuk feeds Instagram mereka. Uniknya, museum seni ini berbeda dengan museum sebelumnya karena museum ini bernuansa khas supermarket. Ada section khas supermarket seperti spot foto tumpukan sereal atau kaleng-kaleng sarden yang didesain aesthetic. Museum ini cukup berbeda dengan Museum sebelumnya karena Museum ini mengangkat tema berdasarkan makanan dan minuman. Ada perbedaan yang cukup signifikan. Museum ini bisa dinikmati dan dikunjungi hingga 6 Januari 2019 di Lippo Mal Puri, Jakarta Barat.

  1. Museum Macan

Museum yang cocok banget dikunjungi jika kamu sedang mencari spot tertentu, yakni Museum MACAN atau kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini memiliki tempat yang cukup luas sehingga pengunjung dapat mengeksplor spot-spot yang sangat instagramble. Museum ini telah dibuka sejak tanggal 4 November 2017 dan menampilkan karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan dunia. Lokasinya berada di Kebon Jeruk Jakarta Barat. Sebelumnya ada pertunjukan Yayoi Kusama yang menampilkan seni yang colorfull dan dominannya polkadot pada Museum tersebut. Didatangi oleh lebih dari 350.000 pengunjung sejak November tahun lalu, Museum MACAN telah membuat banyak program ekshibisi yang menarik banyak pengunjung. Sayang, pertunjukkan seni Yayoi Kusama telah berakhir pada September lalu. Selanjutnya yang akan datang adalah karya-karya dari Lee Mingwei yang mengusung tema Tujuh Kisah, digelar pada 17 November 2018 – 10 Maret 2019.

  1. Museum 3D Art Kota Tua

Museum ini terdiri dari dua lantai, Museum  menyediakan berbagai lukisan 3D.  Selain foto dengan lukisan 3D, ada pula ruangan lain buat foto-foto yang unik seperti Ames Room, Mirror Room, Optical Chair dan masih banyak lagi. Untuk yang mau seru-seruan selain berfoto bisa mencoba ke Mirror Maze. Pengunjung bisa memasuki labirin yang dikelilingi kaca dan mencoba untuk menemukan jalan keluarnya. Magic Art 3D Museum Jakarta ini bisa dikunjungi setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Biaya tiketnya mulai dari Rp 60 ribu untuk dewasa, Rp 40 ribu untuk pelajar dan gratis buat anak usia 4 tahun ke bawah.

Nah tempat diatas sangat instagramble kan? Tidak perlu berliburan di outdoor . Sudah cukup mendapatkan foto yang bagus untuk feeds.  Kalian ingin mengunjungi yang mana?

Winri Quraisha

https://muda.kompas.id/2019/01/08/berburu-museum-hits-instagramble-di-jakarta/