Photo Source: http://www.briancooperhypnotherapy.co.uk/fear-of-flying/

Bagi sebagian orang, terbang dengan pesawat merupakan suatu hal yang menyenangkan karena bisa sampai tujuan dengan cepat dengan pilihan jadwal terbang yang lebih fleksibel. Tetapi sebagian orang lagi sebaliknya. Ada yang menganggap bahwa terbang adalah suatu hal yang mengerikan dan menyiksa. Ketakutan naik pesawat pasti bisa terjadi pada siapapun, terutama bagi penumpang yang baru pertama kali naik pesawat ataupun yang mengalami Aviophobia (ketakutan seseorang akan terbang alias takut naik pesawat).

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk sampai ke beberapa tujuan tertentu, kita memang harus menggunakan transportasi pesawat. Kalau takut terus, mungkin kamu tidak akan bisa ke tempat tujuan yang kamu inginkan sampai kapan pun. Tapi tenang saja, jika kalian merasa masih takut untuk naik pesawat, yuk kita hilangkan bayang – bayang ketakutanmu akan naik pesawat dengan mengikuti 5 tips dibawah ini:

  1. Cari tahu penyebab ketakutanmu

Ketakutan / phobia terhadap pesawat memang harus diatasi. Kunci utama dari menghilangkan rasa takutmu adalah kamu harus tahu apa penyebab yang kamu takuti dari naik pesawat dan bagaimana cara mengatasinya. Karena untuk menyembuhkan rasa takut, kamu harus bisa menyembuhkan penyebabnya. Seperti misalnya, jika pemicunya adalah takut ketinggian, maka kamu bisa duduk di bagian tengah (bukan di sebelah jendela) agar kamu tidak bisa melihat ke arah luar. Atau bisa juga begitu sampai di pesawat kamu langsung tidur, sehingga kamu bisa nyaman tanpa merasa takut karna tingginya pesawat yang sedang terbang.

  1. Bacalah Informasi / fakta mengenai pesawat

Seringkali kita memikirkan hal menakutkan yang akan terjadi saat menaiki pesawat. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kita cari tahu informasi atau fakta mengenai penerbangan itu. Karena jika kita sudah mengetahui faktanya, maka perasaan buruk-pun akan berkurang. Seperti misalnya, banyak sekali orang takut naik pesawat karena hujan lebat ataupun bird strike sehingga mereka menyangka bahwa mesin akan rusak dan pesawat akan jatuh. Yang perlu kalian ketahui, setiap pesawat sudah dipastikan telah melalui test sedemikian rupa agar memenuhi kualitas dan keamanan penerbangan. Jika banyak air masuk ke dalam mesin pesawat, mesin pesawat tidak akan begitu mudahnya untuk mati. Begitu juga dengan bird strike ataupun burung yang masuk ke dalam mesin pesawat. Dan hal lainnya yang biasanya ditakuti saat musim hujan tiba adalah sambaran petir. Tenang saja, tanpa kalian ketahui banyak sekali pesawat yang tersambar petir tetapi masih tetap terbang dengan aman. Mengapa? Karena sudah ada alat canggih semacam penangkal petir yang membuat pesawat tetap bisa terbang walaupun tersambar petir. Mesin pesawat tidak akan semudah itu untuk mati karena sudah dirancang khusus untuk menghadapi ancaman yang mungkin terjadi di udara. Jadi, serahkan saja semua kendala kepada Pilot dan Crew yang lebih paham, kamu tinggal duduk manis deh sampai tujuan tiba.

  1. Jangan takut jika terjadi goncangan di udara

Biasanya ketika ada goncangan, yang ada di benak penumpang ketika pesawat terbang adalah takut jatuh. Apalagi jika turbulensi dalam pesawat sudah dinyalakan. Sebenarnya, goncangan yang terjadi selama penerbangan tidak perlu untuk selalu ditakuti. Itu hanyalah goncangan biasa. Pesawat komersial yang  mengangkut penumpang telah didesain khusus sedemikian rupa untuk menahan tenaga yang jauh lebih kuat dibanding sekedar goncangan. Pesawat tidak akan hancur hanya karena goncangan saja. Contoh kecil dalam goncangan pesawat adalah saat pesawat akan menembus awan. Jangan takut jika pesawat sedikit tergoncang, karena beberapa penerbangan jika menembus awan memang akan terasa sedikit bergoncang. Itu merupakan hal yang wajar dalam dunia penerbangan. Intinya tetap menggunakan seatbelt saat di dalam pesawat agar perjalanan kalian aman.

  1. Hindari membaca informasi mengenai kecelakaan pesawat

Sebaiknya sebelum terbang, hindari membaca informasi mengenai kecelakaan pesawat. Karena dengan kita membacanya, otomatis kita akan merasa ketakutan karena membayangkan bisa jadi akan mengalami hal yang serupa. Seperti saat Pesawat Lion Air JT610 jatuh, banyak sekali orang yang membatalkan penerbangannya karena takut mengalami hal serupa. Hal itu sangatlah salah karena bisa mempengaruhi pikiran kita untuk tidak jadi terbang naik pesawat. Faktanya, Transportasi pesawat merupakan kendaraan yang paling minim kecelakaan dibandingkan kendaraan lainnya. Yang perlu kalian ketahui, setiap akan terbang, pesawat akan selalu dicek kondisinya apakah masih layak terbang atau tidak. Jika ada kejanggalan sedikit saja, maka pesawat tidak akan diterbangkan. Bahkan mungkin kendaraan kita sendiri seperti mobil ataupun motor jarang untuk dicek kondisinya. itu mengapa pesawat termasuk kendaraan yang aman untuk dipakai. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk naik pesawat.

  1. Jangan lupa berdoa dan selalu berpikir positif

Buatlah diri kamu senyaman mungkin agar kamu dapat menikmati setiap perjalanan. Kunci utama untuk membuat dirimu nyaman dan aman adalah selalu berdoa sebelum take off dan sesudah landing agar perjalananmu selalu dilindungi oleh Tuhan YME. Dan jangan lupa untuk selalu berpikir positif, hiraukan rasa takutmu dengan menghindari pemicu yang ada.

Nah itu dia 5 tips untuk menghilangkan rasa takutmu jika ingin naik pesawat. Dengan melakukan 5 hal diatas secara perlahan dan bertahap, pasti deh kamu akan melupakan rasa takutmu akan terbang dengan pesawat dan akan terbiasa dengan penerbangan tanpa mempunyai rasa takut yang berlebihan.

Jadi, buat kamu yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, safe flight ya!

Tasya Dwi Yuliartha

2101648021