People Innovation Excellence

Ingin Aktivitas Belajar Kamu Menjadi Menyenangkan? Ketahui Enam Hal ini!

Belajar merupakan hal yang krusial dalam hidup kita. Mau tidak mau setiap hari dalam hidup kita pasti diisi dengan aktivitas belajar. Kegiatan belajar tidak memandang umur. Orang-orang dari berbagai kategori usia pun pasti melakukan aktivitas ini. Namun, kegiatan ini memang ditekankan bagi mereka yang berstatus pelajar. Tapi sayangnya kegiatan belajar menjadi hal yang membosankan di kalangan pelajar sehingga banyak dari mereka yang malas untuk belajar. Faktor  yang menjadi masalah adalah suasana belajar yang begitu-begitu saja sehingga menyebabkan kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Nah, dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa tips bagi kalian semua mengenai apa saja yang diperlukan agar kegiatan belajar kalian menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

1. Siapkan tempat yang nyaman.

Perlengkapan seperti kursi dan meja belajar yang nyaman dapat membuat kita menjadi betah untuk berlama-lama menjalani kegiatan belajar. Pastikan kursi yang kalian gunakan adalah kursi yang terdapat sandaran dan beralaskan busa yang empuk. Buatlah posisi duduk kalian senyaman mungkin. Jika kalian belajar dalam waktu yang lama, luangkan waktu beberapa menit setiap tiga puluh menit sampai satu jam sekali untuk melakukan perenggangan badan. Hal ini untuk menghindari kita dari sakit pinggang ataupun pembengkokan tulang belakang.

Kalian juga dapat menambahkan wangi-wangian seperti lilin aromatherapy, pengharum ruangan, atau yang lebih canggih lagi yaitu aromatherapy diffuser dalam ruangan belajar agar suasana belajar menjadi lebih rileks dan nyaman. Aromatherapy bermanfaat untuk menyegarkan pikiran kalian. Hal ini optional, jika kalian tidak begitu menyukai wangi-wangian kalian bisa skip benda yang satu ini.

2..Carilah Lingkungan yang Tenang

Noise seperti suara keramaian, suara kendaraan bermotor, suara berisik dari TV membuat konsentrasi kita menjadi buyar sehingga apa yang kita pelajari sulit untuk masuk ke dalam memori kita. Selain itu, suara bising juga dapat memicu emosi kita. Agar aktivitas belajar menjadi menyenangkan, carilah tempat dengan lingkungan yang tenang untuk belajar seperti kamar, perpustakaan, atau mungkin kalian bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah untuk dijadikan tempat belajar.

3. Dengarkan Peaceful Sound untuk Menenangkan Pikiranmu!

Jika kalian merasa keheningan membuat suasana belajar kalian menjadi tidak mengasyikan, kalian dapat melakukan kegiatan belajar sambil mendengarkan lagu. Lagu-lagu bergenre Pop, EDM, apalagi Rock sangat tidak direkomendasikan karena dapat memecahkan konsentrasi belajar kita. Carilah musik-musik yang dapat membuat suasana belajar menjadi tenang, misalnya kalian bisa mendengar suara air hujan, suara ombak, suara alam, suara angin, dan sebagainya. Kalian bisa mencari musik tersebut di aplikasi Youtube, Soundcloud atau aplikasi musik apapun yang kalian miliki. Carilah dengan memasukkan keyword “Peaceful sound”, “Calming sound”, atau “Nature sound”. Namun jika kalian tidak menyukai musik-musik seperti itu kalian dapat menggantinya dengan musik klasik.

4. Decorate Your Notes

Terkadang hal yang membuat kita malas untuk belajar adalah karena catatan pelajaran kita terlihat monoton dan membosankan. Agar catatan pelajaran kalian lebih indah untuk dibaca, kalian bisa menuangkan kreativitas dalam catatan pelajaran kalian dengan memberikan dekorasi seperti motif pada bagian judul, subjudul, maupun header. Menambahkan ukiran pada huruf-huruf dalam catatan kalian dengan menggunakan huruf kaligrafi juga bisa meningkatkan nilai estetika dalam catatan pelajaran kalian. Dan, agar tidak terlihat monoton kalian bisa menggunakan pulpen warna-warni untuk menulis bagian-bagian yang penting dalam catatan kalian. Selain pulpen warna-warni, opsi lainnya yaitu kalian dapat menggunakan highlighter pen. Kalian juga bisa memanfaatkan sticky notes untuk menulis catatan tambahan ataupun kosakata penting. Selain berfungsi untuk menulis catatan tambahan, sticky notes juga berfungsi sebagai penghias catatan pelajaran kalian.

5. Menjauhlah dari Smartphone

Fenomena kecanduan smartphone di zaman sekarang tidak bisa kita pungkiri. Apalagi dengan adanya inovasi-inovasi yang terus berkembang dalam teknologi membuat smartphone menjadi berperan besar dalam mempengaruhi aktivitas sehari-hari kita. Terlebih lagi jika kita sedang dalam aktivitas belajar, smartphone menjadi salah satu penghalang konsentrasi kita untuk fokus ke dalam apa yang sedang kita pelajari. Jadi, ketika sedang belajar sebaiknya kita menjauhkan smartphone dari hadapan kita agar kita tidak menjadi terganggu. Jika terpaksa menggunakan smartphone untuk kondisi urgent kita dapat memanfaatkan fasilitas “Do not disturb” pada smartphone untuk mengabaikan notifikasi-notifikasi yang tidak penting.

6. Temukan Spirit-Boostermu.

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman yang satu ini memang sedari dulu dipercaya sebagai pembangkit semangat karena kandungan kafein di dalamnya. Ternyata manfaat kopi tidak hanya sekedar itu. Kopi juga bermanfaat untuk memperkuat memori kita. Dikutip dari idntimes.com, berdasarkan sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Selain itu, aroma khas dari kopi juga bermanfaat untuk resfreshing. Ketika rasa bosan melanda di tengah jam belajar, maka menyeruput secangkir kopi adalah pilihan yang tepat. Namun jika kalian tidak menyukai kopi kalian bisa menggantinya dengan minuman cokelat. Kandungan Theobromin dan kafein yang ada dalam cokelat dapat memberikan efek penyegar atau stimulan sehingga berpengaruh pada suasana hati yang lebih baik. Dan juga terdapat senyawa fenitelamin yang berfungsi sebagai perangsang otak untuk memproduksi senyawa dopamin dan endorfin yang dapat membentuk rasa senang.

Demikian tips dari saya seputar pendukung kegiatan belajar agar menjadi efektif. Saya harap dengan tips yang saya berikan dapat membangkitkan semangat kalian dalam belajar. Di luar dari tips di atas, yang tetap menjadi kunci dari keberhasilan dan kesuksesan yaitu niat dan usaha kita. Learn more and you’ll get more. Happy study everyone!

Natasya


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close