People Innovation Excellence

Era BTS yang Positif dan Mendunia

Tahun 2018 merupakan tahun yang sangat berkesan bagi salah satu group music cowok  beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang bernama BTS. Penghargaan yang diterima serta reputasi yang terus meningkat membuat BTS menjadi dikenal, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di banyak negara.

Tidak sedikit pula pernyataan bahwa ketenaran BTS hanya kebetulan dan mereka membawa dampak buruk. Padahal, dampak positif yang mereka berikan tidak hanya kepada fans mereka, ARMY, tetapi juga pada dunia musik.

BTS menjadi group K-Pop pertama yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori Billboard Hot 200 dengan album berjudul “Love Yourself : Tear” dan “Love Yourself : Answer”. Album “Love Yourself : Answer” terjual sebanyak 1.9 juta eksemplar di Gaon Album Chart  dan memecahkan rekor penjualan album pada Agustus 2018. Billboard menempatkan BTS diposisi pertama di tangga lagu Social 50. Salah satu anggota mereka, JHope menjadi penyanyi solo Korea Selatan dengan ranking tertinggi di tangga lagu Billboard 200. Menjadi boygrouup dengan 300 juta penonton tercepat di YouTube. Di tangga lagu Jepang bernama Oricon, BTS menjadi artis Korea yang mencapai angka tertinggi. Serta penghargaan lainnya dari Musik Seoul Piala Daesang, American Music Award, Radio Disney, People’s Choice Award, MTV Europe Music Award, dan Golden Disk Award.

Group ini terdiri dari tujuh orang laki-laki. Mereka adalah Jin, Suga, JHope, RM sebagai ketua, Jimin, V, dan Jungkook. Masing-masing memiliki kelebihannya, seperti Suga, JHope, dan RM yang lebih condong dalam bidang rap serta Jin, Jimin, V, dan Jungkook dalam bidang bernyanyi. Mereka sudah menghabiskan lebih dari 7 tahun untuk berlatih dalam agensi Big Hit dan tinggal bersama sehingga tidak sulit lagi menyatukan perbedaan latar belakang. Contohnya seperti RM dari Ilsan, Jin dari Gwacheon, Suga dan V dari Daegu, JHope dari Gwangju, serta Jimin dan Jungkook dari Busan. Umur mereka juga beragam, anggota tertua yaitu Jin lahir tahun 1992, lalu Suga tahun 1993, JHope dan RM tahun 1994, Jimin dan V tahun 1995, sampai anggota termuda yaitu Jungkook yang lahir tahun 1997. Dahulu, BTS tidak terlalu populer sebab mereka berasal dari agensi entertainment yang kecil. Namun dengan kemampuan bernyanyi dan menari yang hebat serta penampilan mereka yang tidak pernah mengecewakan membawa mereka sampai sekarang.

Suatu ketika, BTS diundang ke acara musik bergengsi di America. Acara tersebut bernama Billboard Music Awards (BBMA) 2018 dan berhasil membawa piala dalam kategori “Top Social Artist” selama dua tahun berturut-turut. Kabar kehadiran BTS di BBMA membuat heboh tidak hanya ARMY tetapi juga fans non-Kpop. Bagi mereka yang belom mengetahui BTS tentu akan mencari info lebih lanjut mengenai BTS dan lagu-lagu mereka. Lagu yang mereka tampilkan berjudul “DNA”. Penampilan mereka yang baik dipadukan dengan musik yang energetik menarik perhatian banyak orang, bahkan beberapa artis Amerika.

Sejak penampilan mereka di BBMA, banyak artis Barat yang langsung mencoba untuk melakukan kolaborasi dengan BTS. Contohnya seperti DJ Steve Aoki yang sudah beberapa kali melakukan aransemen lagu untuk BTS dan The Chainsmokers yang sudah pernah melakukan kolaborasi. Charlie Puth bahkan mengundang BTS untuk tampil pada konsernya. Beberapa acara bincang-bincang yang memiliki reputasi tinggi di Amerika seperti “Ellen DeGeneres”, “Jimmy Fallon”, dan “America’s Got Talent” juga sempat mengundang BTS. Penampilan mereka di Amerika ternyata menjadi sumbu kesuksesan bagi karir mereka. BTS pun mulai mendunia. Dunia musik Amerika tergolong sulit untuk ditaklukan, sehingga sangat membanggakan. Sekarang, kita sudah dapat dengan mudah mendengar lagu BTS di stasiun radio yang awalnya hanya memutarkan musik Barat. Seperti itulah sisi dari BTS yang mendunia.

Ketika sudah mendunia, kecenderungan para artis langsung terkena skandal yang dapat menjatuhkan mereka. Berbeda dengan BTS, penghasilan mereka didonasikan kepada orang-orang bahkan hewan yang tidak beruntung. Salah satu anggota mereka, Jin, baru saja memberikan sumbangan untuk hewan-hewan terlantar ke Korean Animal Welfare Association. Mereka juga menjadi donator untuk korban Ferry Sewol dengan menyumbang 100 juta. Tindakan tersebut menunjukan kerendahan hati. Setiap konser pun, BTS selalu memberikan pelayanan yang baik terhadap ARMY yang mereka banggakan.

Jika dicermati dengan baik, lirik dalam lagu mereka mengandung makna yang cukup menggambarkan kehidupan zaman sekarang. Terutama pada album mereka yang bernamakan “Love Yourself”. Mereka menggambarkan kehidupan anak remaja yang dipenuhi dengan tuntutan, sehingga dapat kita ketahui bahwa bunuh diri kebanyakan terjadi pada remaja. Tujuan dari album mereka kali ini adalah untuk mengajak semua orang untuk mencintai dirinya sendiri, berani mengekspresikan diri mereka dalam bertindak, dan menyadari bahwa kegagalan dapat dilalui. Bahkan mereka musisi Korea pertama yang diberi kesempatan PBB untuk berpidato mengenai kampanye bersama UNICEF guna memperdayakan potensi kaum muda.

Para ARMY membagikan pengalaman mereka mengenai perjalanan inspiratif BTS dan musik mereka yang membawa energy positif. Di Indonesia sendiri, beberapa ARMY menuliskannya di blog mereka mengenai dampak positif yang dirasakan. Mereka menjadi lebih berani mengungkapkan pendapat dan menjadi diri mereka sendiri, melalui lirik lagu BTS yang menceritakan realita kehidupan. Ada juga yang sengaja belajar bermain piano dan belajar bahasa Korea, tentu menambah ilmu mereka.

Pandangan buruk terhadap BTS kembali lagi tergantung dari persepsi tiap individu. Akan tetapi masih banyak nilai positif yang dapat diambil. Mulai dari perjuangan mereka yang tidak mudah menyerah, kerendahan hati, sampai pada kampanye untuk mencintai diri sendiri. Penulis sendiri merasakan dampak positif dari lirik lagu BTS yang menyentuh dan membuat penulis lebih berani menghadapi kehidupan. Khususnya di masa remaja dimana sudah mulai merasakan realita hidup yang sulit. Oleh karena itu, pembaca diharapkan menerima dampak positif yang dapat mengembangkan diri dan membuang dampak negatif dari yang berlebihan.

 

Natassya Anjanette Kevin

2101629880


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close