People Innovation Excellence

Berfotoria dengan Travelling

Semua orang butuh liburan atau traveling agar enggak stres mengurusi pekerjaan sehari-hari. Traveling dan fotografi seolah tak bisa dipisahkan. Kenapa? Traveling tanpa fotografi tampak sangat kuno. Apa iya, kamu melewatkan momen liburan begitu saja saat,  apalagi jika kamu pergi ke tempat yang memiliki pemandangan yang bagus. Pasti kami  gatal rasanya, ingin memfoto tempat itu.

Kini fotografi tidak hanya untuk kalangan tertentu saja. Di zaman modern ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Smartphone masa kini juga sudah dilengkapi dengan kamera yang lumayan bagus. Itu memudahkan kamu yang suka traveling sambil foto-foto.Tapi membawa sebuah kamera juga penting untuk kamu yang menginginkan hasil foto yang maksimal. Berikut adalah tips traveling sambil berfotografi:

A. Membawa peralatan secukupnya

Saat traveling mungkin kita membawa banyak barang. Bawalah barang yang wajib Anda bawa saja seperti pakaian, laptop, perlengkapan mandi, buku dan peralatan kamera yang simple. Jangan sampai peralatan fotografi Anda yang terlalu lengkap malah menyusahkan Anda.

B. Pemilihan kamera

Jika Anda tidak ingin ribet dan berat-berat membawa barang saat traveling, mungkin Anda cukup membawa smartphone saja untuk sekadar selfie dan memotret pemandangan. Apalagi, smartphone kini sudah banyak yang memiliki fitur kamera yang canggih. Fitur-fitur tersebut bisa membantu untuk meningkatkan kualitas foto lebih bagus. Jika Anda ingin kualitas foto yang lebih top dan maksimal, Membawa sebuah kamera adalah pilihannya. Ada dua tipe kamera saat ini yaitu DSLR dan Mirrorless. Dua kamera ini memiliki kualitas foto yang sama. Perbedaannya adalah dari ukuran.  Mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan dibandingkan  dengan kamera DSLR. Jadi, jika Anda memiliki kedua jenis kamera itu,  pilihan terbaik adalah membawa Mirrorless.

C. Lensa

Pemilihan lensa juga harus diperhatikan saat kita bepergian. Apabila Anda menggunakan kamera digital, Anda bisa membawa lensa wide 11-18 mm, yaitu lensa yang memiliki focal length yang luas. Ini cocok untuk kamu-kamu  yang suka memotret pemandangan. Selanjutnya, ada lensa fix yaitu lensa yang memiliki bukaan diafragma yang lebar. Lensa ini bisa menghasilkan bokeh/blur. Untuk pengguna kamera smartphone kalian bisa membawa lensa fisheye untuk memotret pemandangan atau bisa juga untuk selfie.

D. Tripod

Tripod adalah alat bantu tambahan yang membantu Anda untuk mendirikan kamera. Alat ini bisa saja ditambahkan ke barang bawaan Anda atau tidak. Tetapi alat ini sangat penting untuk Anda yang bepergian sendiri. Karena kalau tak ada teman yang bisa membantu memotret Anda, dengan tripod ini Anda bisa memotret diri sendiri. Apalagi kalau Anda ingin memotret segeap anggota keluarga atau rombongan yang tanpa ada satu pun yang kelewatan. Tripod membantu pemotretan seperti itu.

E. Alat wajib pendukung kamera

Batere, kartu memori dan charger kamera  adalah barang yang wajib dibawa jika Anda menggunakan kamera digital. Bekal batere dan kartu memori wajib hukumnya untuk dibawa. Soalnya kalau dua benda itu habis di tengah perjalanan, apalagi masih banyak obyek yang harus difoto, Anda akan menyesal seumur hidup. Satu hal lagi, jika kita punya waktu dan tempat untuk mem-back up akan lebih baik. Siapa tahu  kartu memori hilang atau error pada kamera, dan lain-lain,

F. Mencari tau karakteristik tempat yang akan dikunjungi

Budaya, alam dan manusia di suatu tempat kadang berbeda-beda. Jadi adakalanya sebelum pergi ke suatu tempat, kita harus mengetahui bagaimana tempat tersebut dan seperti apa keadaan di lokasi itu. Jangan sampai kita memotret sesuatu objek yang tidak pantas di suatu tempat.

G. Bercerita

Seperti kita bercerita lewat kata-kata, fotografi travel akan menceritakan perjalanan kita lewat visual. Ceritakanlah hal-hal unik, menarik, seolah-olah setelah jalan-jalan bersama keluarga kita, kita menceritakan kepada teman kita dengan gambar. Apalagi apabila hasil perjalanan Anda akan dipublikasikan di sosial media. Cerita perjalanan Anda akan lebih bermakna apabila di-share.

Ceritakan perjalanan Anda dengan gambar.

Ariq Gibran Malik


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close