People Innovation Excellence

TIPS UNTUK MEMPUNYAI BADAN YANG IDEAL

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi setiap orang, dengan tubuh ideal juga akan mempermudah kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari, dan juga meningkatkan rasa percaya diri . tentunya bagi  kalian para wanita sangat ingin menjadi daya tarik penglihatan untuk lawan jenisnya, maupun juga sesama jenis. Dan juga untuk kalian para pria pasti sangat ingin mempunyai sebuah otot-otot yang menonjol ditubuhnya yang akan menjadi sebuah daya tarik bagi dirinya.

Memiliki tubuh yang ideal tidak cukup dengan melakukan diet saja, namun pastikan di sertai dengan olahraga yang rutin, minimal seminggu tiga hari dalam waktu paling lama durasi 45-50 menit. Tidak lupa disertai dengan streching dan cooling down baik sesudah dan sebelum melakukan olahraga. Berikut olahraga yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan badan yang ideal:

  1.    Olahraga melatih Inti otot perut

Perut yang  rata dan sixpack merupakan idola bagi kaum wanita dan pria, banyak yang menginginkan nya secara instan tanpa menyadari kesalahan dan efek samping yang diderita jika terus menerus dilakukan dengan salah, untuk itu perlu diketahui cara latihan inti otot  yang benar agar memiliki tubuh ideal dan perut yang ramping.

  • Plank

Plank merupakan olahraga untuk melatih otot inti tubuh, selain mudah dilakukan plank juga memiliki banyak manfaat dan gerakan modifikasi, sehingga tidak bosan untuk dilakukan secara rutin.  plank dikenal sebagai salah satu jenis latihan yang tepat untuk membentuk perut (Abs). Namun, plank dengan segala macam jenisnya, tidak hanya berfungsi untuk membakar lemak perut tapi juga dapat  memperbaiki  bentuk tubuh yang bungkuk yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot lower body seperti pinggul.

Pada akhirnya, rutin plank dapat memberikan  postur tubuh yang ideal dan lebih baik. Postur yang baik membuat  tampak lebih tinggi dan membuat perut ramping, yang akan menambah kepercayaan diri  serta terlihat proporsional. Terbiasa plank juga membuat duduk menjadi tegap tanpa dipaksakan sehingga tidak akan mudah kelelahan ketika terlalu lama duduk seperti aktivitas ruang kantor.

  1. HIIT ( High Intensitity Interval Training)

HIIT adalah metode latihan cardio dengan intensitas tinggi dan intensitas sedang/rendah dalam selang waktu interval tertentu. Latihan cardio dengan metode ini dapat meningkatkan perkembangan otot seluruh tubuh dengan efektif tanpa memakan durasi yang cukup lama dan berjam-jam. HIIT biasanya dimanfaatkan oleh semua orang untuk meningkatkan memori otot. Metode HIIT akan cepat juga menambah kecepatan dan kekuatan otot tubuh sehingga akan membuat bertambah tangkas dan gesit. Latihan dengan intensitas tinggi akan memacu kerja jantung dengan lebih cepat dan keras, sehingga memerlukan banyak oksigen. Proses HIIT membantu metabolisme dalam tubuh juga akan semakin cepat, lemak yang tersimpan didalam tubuh akan dipakai untuk pembakaran energi.

Manfaat HIIT yaitu setelah memasuki  jeda waktu atau yang disebut interval, proses  metabolisme akan terjadi dan berlangsung cepat,  tidak hanya berlangsung ketika berolahraga saja. Saat kita memasuki jeda (interval) untuk beristirahat, metabolisme kita akan tetap berlangsung cepat, apalagi jika kita sedang calori deficit, maka proses pembakaran nya terbilang sangat efektif sehingga cocok untuk seseorang yang ingin menurunkan fatloss. Olahraga HIIT yang dapat dilakukan yaitu:

  • Lesmills RPM.

RPM atau Rapid Power Motion merupakan program kelas dengan mengayuh sepedah statis untuk membakar lemak dan kalori. RPM dilakukan dalam durasi 45- 50 menit. RPM memiliki 9 level dengan berbagai blok disetiap levelnya. Biasanya di level 1 diawali dengan lagu yang santai sebagai pemanasan dengan beban ringan, level 2-8 merupakan latihan inti. Blok di setiap level terdapat berbagai choreo yaitu sitting sprint, hill climb, gerakan tersebut memiliki interval yang sedikit sehingga membutuhkan oksigen yang banyak. Kegiatan dari kelas RPM dapat membakar kalori 400-500 cal tergantung intensitas dari setiap orang. Otot-otot yang digunakan dalam sepeda statis, yaitu gluteus maximus dan kuadrisep adalah yang terbesar di seluruh tubuh. Dengan begitu, kita menggunakan banyak energy.

  • Body combat.

Bodycombat merupakan gerakan kebugaran ilmu bela diri seperti Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan karate yang di distribusikan oleh program Lesmills. Durasi dalam sesi satu latihan yaitu 50 menit. Level 1 biasanya dengan latihan pemanasan seperti jab cross, hook, dan uppercut. Level 2 dan berikutnya sama seperti dengan pemanasan namun dengan beat yang lebih cepat sehingga menguras banyak tenaga dan oksigen. choreo yang dilakukan biasanya dimulai dari bagian tubuh sebelah kanan,berikut nya di ikuti yang sama dengan sebelah kiri sehingga mudah dilakukan saat kegiatan berlangsung. Proses pembakaran pun menjadi maksimal sebanyak 500 cal jika dilakukan dengan instensitas tinggi.

  • Battle ropes.

Bila mendengar cardio sekilas yang terlintas adalah  kegiatan jogging, aerobik,dan lain-lain, namun bagaimana jika cardio yang dilakukan dengan tali tambang 10 m? battle ropes yang di populerkan oleh John Brookfield, seorang pelopor latihan kekuatan fisik. Battle Ropes ini adalah satu jenis latihan cardio vascular paling efektif untuk membakar kalori tubuh. banyak pembakaran lemak yang dihasilkan oleh teknik latihan battle ropes ini, sebab gerakan tersebut melibatkan seluruh bagian otot pada tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan dimana saja, contoh nya jika ingin melakukan outdoor, Tali tambang tertambat oleh tiang atau pohon, pastikan kedua tangan dilindungi oleh sarung tangan agar tidak lecet. Buatlah gerakan seperti membuat gelombang pada tali tersebut selama 15 detik.

  • Strength

Strength adalah sebuah latihan yang dilakukan untuk membentuk atau melatih otot-otot seluruh tubuh dengan beban dan repetisi tertentu, latihan yang melibatkan kekuatan tubuh ini juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan menguatkan otot-otot pusat. Latihan kekuatan seperti mengangkat beban juga bisa menghindari mengalami cedera, meningkatkan fungsi persendian, metbolisme dan juga fungsi jantung.

Pada biasanya setiap orang untuk menjalankan latihan strength harus dimulai dengan beban yang paling rendah terlebih dahulu, dikarenakan untuk bentuk salah satu adaptasi pada otot-otot yang ada pada tubuh setiap orang. Untuk latihan strength setiap orang cukup melakukan 12 repetisi dalam 3 sesi, latihan tersebut harus rutin di jalani pada setiap harinya, minimal untuk menjalankan latihan tersebut 3 kali dalam 1 minggu.

Untuk latihan pada minggu pertama pada setiap orang cukup menggunakan jumlah kilogram beban yang sama, dan pada minggu berikutnya jumlah kilogram beban harus ditingkatkan, agar lebih extra melatih otot-otot yang ada pada tubuh setiap orang.

  • Bodypump

Bodypump adalah kelas pembakaran lemak dengan menggunakan barbels dan repetisi yang banyak mengikuti lagu, sehingga mempercepat pembakaran lemak dan pembentukan otot.

Durasi dalam satu sesi kelas bodypump biasanya dari 45 menit – 50 menit. Terdapat 9 level dengan gerakan melatih bagian otot yang berbeda-beda. Track 1 dimulai dengan pemanasan melatih otot keseluruhan dengan beban ringan pemanasan biasanya pemula 1,25kg – 2,25kg, untuk yang sudah terbiasa mengikuti kelas bodypump beban paling berat saat pemanasan yaitu 5kg. Track kedua melatih otot bagian kaki, pinggul, dan paha. Track ke 3 melatih baigna dada , track ke 4 melatih otot seluruh tubuh, track ke 5 melatih otot tricep, track ke 5 melatih otot bicep, track ke 6 melatih otot seluruh kaki dengan gerakan lunges, track ke 7 adalah gerakan nutum melatih otot pada bagana bahu, track ke 8 dan 9 adalah baigna melatih inti perut dan pendinginan setelah 1 sees kelas bodypump.

Kelas bodypump sangat cocok untuk kamu para pemula yang masih awam dengan gerakan melatih otot otot bagian tertentu. Karena ketika kelas kamu akan di arahkan choreo oleh instruktur sehingga tidak perlu khawatir. Kelas bodypump dalam satu sesi dapat membakar lemak 500-600 calori tergantung intensitas setiap orang. (

Tips agar Badan Ideal
Angkat Beban
Tips agar badan ideal
Battlle Ropes
Tips agar Badan Ideal
Body Combat

Galih Basukeswara)

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close