People Innovation Excellence

Tampil Keren dan Mahir Bermain Saxophone!

Hobby bermain musik, kini sudah tidak asing lagi bagi beberapa kalangan remaja. Tak sedikit saat ini, orang yang mahir bermain alat musik. Ada yang bermain gitar, piano, bass maupun drum. Dan dari semua alat musik tersebut tak jarang, orang yang memainkan alat musik mempunyai alat musik yang dimainkannya.  Bagaimana jika anda hobby bermain musik, tapi yang tidak biasanya?

Saxophone merupakan salah satu contoh alat music dengan segelintir orang yang bisa memainkannya. Untuk menyukai saja, hanya beberapa orang mungkin yang mengetahui atau minat untuk bisa bermain saxophone. Karena pandangan rata – rata orang terhadap alat ini sulit untuk dimainkan. Saxophone juga belum tentu bisa dimainkan untuk beberapa genre musik.

Alat musik Saxophone adalah salah satu alat musik yang di tiup, atau bahasa lainnya adalah Woodwinds Instrument. Alat musik ini terkenal dengan mahalnya dikarenakan bahan yang digunakan untuk pembuatannya. Selain itu teknik pembuatan saxophone juga terbilang sangatlah sulit. Saxophone sudah dikenal sejak dahulu, tetapi baru pada abad ini alat musik ini di tenarkan oleh beberapa saxophonist handal di seluruh belahan dunia. Contoh pemain saxophone yang sudah terkenal sampai saat ini adalah Kenny G, Dave Koz, Charlie Parker, Dexter Gordon, dll. Selain itu, di Indonesia juga terdapat beberapa nama pemain saxophone yang sudah cukup dikenal penikmat musik Jazz,, seperti Damez Nababan, Bayu Isman, dan masih banyak lagi.

Alat musik Saxophone, mempunyai beberapa jenis pada tingkatan nada dan ukuran yang berbeda-beda, diantaranya adalah Soprano, Alto, Tenor, Baritone dan masih banyak lagi. Dari kesekian banyak jenis saxophone, yang paling banyak dimainkan adalah Alto dan Tenor. Alto mempunyai suara yang lebih tinggi dibanding Tenor. Sebaliknya Tenor mempunyai ukuran yang lebih besar dan nada yang lebih beraat atau rendah. Guru les Saxophone, pasti menyarankan murid barunya yang ingin belajar saxophone untuk menggunakan jenis Alto untuk saxophone pertamanya, karena sebagai basic untuk bisa bermain jenis saxophone lainnya. Beberapa tempat les untuk belajar saxophone biasanya mengajarkan untuk menghafal not – not balok pada buku panduan yang telah disediakan. Genre yang diajarkan untuk pertama kalinya mengenal dunia musik Saxophone di beberapa tempat les berbeda-beda, ada yang mewajibkan untuk belajar genis musik Classic, ada juga di beberapa tempat yang langsung mengajarkan Jazz sebagai genre pertama yang dipelajari untuk memulai bermain Saxophone.

Pemilihan yang tepat untuk memilih saxophone pertama, adalah hal yang paling penting yang biasanya di sepelekan beberapa orang. Saxophone versi Regular tepat sekali untuk trainer atau newbie. Jika anda justru membeli Saxophone versi Intermediate, berarti anda salah untuk memilih saxophone pertama anda, karena butuh tahapan yang cukup panjang untuk pada akhirnya menggunakan versi intermediate ini.

Untuk menjadi seorang Saxophonist Professional tentu butuh waktu yang cukup panjang dan jam manggung yang banyak. Beberapa Saxophonist yang sudah cukup terkenal ini, salah satunya adalah Bayu Isman punya ceritanya sendiri tentang perjalanannya. Lelaki kelahiran Texas, Amerika Serikat, tahun 1989 ini, selain menjadi seorang saxophonist, ia juga adalah seorang CEO dari Java Saxophones, salah satu merk Saxophone yang terkenal di Indonesia. Dikutip dari Hai Magazine, Bayu Isman, salah satu pemusik top saxophone di Indonesia, mengomentari bahwa masyarakat Indonesia kurang menganggap alat musik Saxophone sebagi alat musik yang mainstream, karena menurutnya mungkin orang Indonesia masih beranggapan saxophone adalah alat musik ekslusif untuk genre musik Jazz, padahal nyatanya tidak. Harga saxophone yang mahal juga salah satu alasan dimana orang Indonesia kurang memilih saxophone. Dan selain itu, Bayu rasa tempat kursus saxophone tidak sebanyak tempat kursus gitar atau alat musik yang lain.

Jadi buat para pemuda yang ragu untuk menjadi seorang saxophonist, percayalah bahwa kerja keras membuahkan hasil, dan harus selalu ingat keuntungan – keuntungan kedepannya. Berani beda, yakin bahwa saxophone bisa membuat anda dilihat banyak wanita, menghasilkan uang, menjadi terkenal, dan yang pasti sesuai dengan yang apa anda inginkan.

Source:

https://www.google.co.id/amp/hai.grid.id/amp/07595949/bayu-isman-saxophone-untuk-semua

http://saxshareindo.blogspot.com/2016/02/belajar-bagian-bagian-saxophone-untuk.html?m=1

https://www.google.co.id/amp/s/klinikmusik.wordpress.com/2014/10/25/mengenal-saxophone-dan-bagian-bagian-saxophone/amp

(Vivaldi Rachman Nauri)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close