People Innovation Excellence

Panduan memilih Universitas bagi Pemula

Salah Satu pesan yang disampaikan melalui UUD 1945 adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Tetapi kenyataanya pendidikan di Indonesia masih menjadi faktor utama bagi masyarakat karna kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan di perguruan tinggi. Tetapi ada beberapa alasan buat kalian yang masih ragu untuk melanjutkan pendidikan khususnya perguruan tinggi.

Karena sebagaimana pun, saat ini perubahan jaman ke jaman telah berganti begitu juga dengan prosesnya. Karir saat ini mempunyai beberapa syarat khusus bagi kalian yang ingin mencari pekerjaan, minimal adalah sarjana atau S1. Pada era globalisasi jaman sekarang, kita harus memiliki banyak nilai sudut pandang bagi kalian sebagai pertimbangan.

  1. Menambah pengetahuan dan wawasan akan karir kalian kedepan

Beda halnya pada saat kita SD, SMP, atau SMA. Di perguruan tinggi kita akan mendapatkan perbekalan yang mumpuni untuk menatap karir kita kedepan yang lebih baik.

  1. Sarjana atau S1 sekarang adalah standar terendah dari pendidikan

Jangan pernah berfikir bahwa saat ini standar pendidikan terendah yang ada adalah SD, atau SMP, maupun SMA/ SMK. Saat ini pendidikan terendah bagi perusahaan adalah S1 atau seorang sarjana satu. Standar prosedur perubahan pun semua sudah hampir sama untuk minimal pendidikan terendah.

  1. Luas dan kecilnya luang pekerjaan bagi kalian

Coba dipikirkan lebih baik lagi dari point 2 diatas. Jikalau SMA/ SMK bukanlah pendidikan terendah bagi karir kalian, bagaimana kita bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus ? apakah dengan mudah kita akan mendapatkan pekerjaan ? untuk teman-teman yang melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi minimal S1 maka karir kalian akan lebih terbuka dibanding dengan teman-teman dengan pendidikan minimal SMA/ SMK.

  1. Adanya pola pikir yang baik dari kalian

Pola pikir pada saat kalian di pendidikan menengah dan pendidikan tinggi pun akan berbeda terasa bagi kalian. Dengan sistem yang telah dibentuk sedemikian rupah disetiap universitas dimana kalian akan dipersiapkan untuk melanjutkan kalian pada tahap selanjutnya.

Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi tidak ada salahnya jika kalian melihat ranking universitas berdasarkan QS Stars University Ratings :

QS Stars adalah sistem pemeringkatan yang memberikan pandangan mendetail pada institusi, memungkinkan Anda mengidentifikasi universitas mana yang terbaik dalam topik tertentu yang Anda minati, seperti kekuatan program, fasilitas, kelayakan kerja lulusan, tanggung jawab sosial, inklusivitas, dan banyak lagi.

QS Stars juga memahami bahwa universitas berbeda satu sama lain dan oleh karena itu perlu dinilai pada berbagai kategori yang mengenali kekuatan yang berbeda. Ini juga mengakui bahwa setiap siswa mencari sesuatu yang berbeda, dan tidak semua universitas – bahkan institusi peringkat tertinggi – cocok untuk setiap siswa.

Menggunakan QS Stars ketika mencari program masa depan Anda akan membantu Anda memahami universitas mana yang berkinerja baik terhadap daftar indikator yang komprehensif, memungkinkan Anda untuk mencocokkan minat Anda dengan universitas yang kuat dalam topik yang penting bagi Anda.

Rangking Universitas

Dalam metodologi yang digunakan untuk QS Stars, universitas dievaluasi dalam lusinan indikator di setidaknya delapan kategori. Setelah penilaian, universitas diberikan dengan keseluruhan hasil Star yang berkisar dari 0 hingga 5+ Bintang, tergantung pada jumlah poin yang dicapai melalui evaluasi.

Sehingga bagi kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tidak perlu pusing untuk mencari pendidikan tinggi yang baik dan bagus buat kalian.

(Abdil Daniz Muttaqin)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close