Kuliah melalui beasiswa sekaligus bekerja, Bisa?

Dunia Perkuliahan atau Perguruan Tinggi merupakan jenjang tertinggi dalam tingkatan hidup seseorang dalam menuntut ilmu. Sesungguhnya dunia Perkuliahan tidak semudah atau sesederhana hanya mengejar ilmu, mengejar impian, memperluas wawasan, memperluas pertemanan ataupun mengembangkan diri dalam organisasi. Lebih dari itu, perkuliahan merupakan suatu jenjang peluang besar bagi para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang hidup dimasa yang semuanya sedang berkembang ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa seluruh pelajar dan mahasiswa didunia ini ingin mendapatkan beasiswa. Beasiswa mendatangkan banyak benefit bagi diri kita jika kita mendapatkannya. Biaya sekolah atau perkuliahan yang ditanggung, mendapatkan sertifikat, hadiah dan tentunya mendatangkan rasa kebanggaan tersendiri dalam diri kita. Tentunya untuk mendapatkan beasiswa bukan merupakan hal yang mudah, kita harus belajar dengan giat dan mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar beasiswa.

Salah seorang mahasiswi yang saat ini sedang menjalani bangku perkuliahan di salah satu universitas swasta ternama di wilayah jakarta bersedia membagikan pengalamannya dalam menjalani dunia perkuliahannya. Claudia Angelista, 19 Tahun, Mahasiswi jurusan Marketing Communication di Universitas Bina Nusantara yang saat ini juga bekerja di kampusnya sebagai team promotion.

Ia menjelaskan bagaimana awal mula dirinya bisa menjadi Team Promotion untuk Binus University. pada saat itu ketika ia mendapatkan beasiswa seketika itu juga ia mendapatkan Tawaran dari pihak binus university untuk menjadikan dirinya sebagai bagian dari Team Promotion untuk binus university, singkat cerita Claudia menerima tawaran tersebut karna ia merasa benefit yang ia dapatkan sangat berguna untuk dirinya. Selain mendapatkan gaji, ia juga menjelaskan beberapa alasan kenapa ia tertarik menjadi Team Promotion untuk Binus University.

“Alasan pertama aku sih udah jelas lah ya yaitu untuk memperluas koneksi. Kedua, Meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Ketiga, Mendapatkan Pengalaman. Dan alasan terakhir kenapa aku terima tawarannya sih karna aku ingin merasakan bagaimana sih rasanya bekerja dan dikontrak secara resmi” jelasnya.

Meski mendapatkan benefit yang begitu banyak ia menjelaskan bahwa menjalankan pekerjaan yang diiringi dengan padatnya jadwal kuliah terkadang membuat dirinya merasa lelah. Belum lagi tuntutan dari beasiswa yang ia dapat dan mau tidak mau hal tersebut mewajibkan dirinya untuk terus konsisten dalam belajar agar tetap mendapat nilai dan ip yang stabil. Namun, padatnya jadwal bekerja nyatanya tidak menggangu dirinya dalam menjalani bangku perkuliahan, terbukti dari nilai yang ia dapatkan tetap stabilĀ  dan konsisten selama 3 semester ini.

“Ya emang terkadang suka ngerasa capek sih karna kan aku harus kerja dan aku harus kuliah juga, belom lagi kadang aku juga ambil part time di bagian admisi dan bahkan dibeberapa waktu aku juga kadang jadi mc buat bawain seminar. Pokoknya padet dan emang capek deh, cuma ya aku seneng-seneng aja sih jalaninnya jadi capeknya kadang gak begitu berasa karna aku emang happy ngelakuinnya, hehe” Tutupnya.

(GRADY AXELAURIGA HARIYADI)