People Innovation Excellence

Buang Sampah Sembarangan? Ga Zaman Banget!

Pernahkah anda mengunjungi suatu tempat wisata di suatu daerah? Bagaimana kondisi tempat wisata tersebut? Apakah tempat wisata tersebut dapat dikategorikan sebagai “layak” dan “bersih”?

Apa yang anda fikirkan pertama kali ketika mendengar kata “sampah”?
Menjijikkan? Bau? Berserakan? Menumpuk? Mengganggu?

Pasti anda sering sekali menemukan pemandangan “sampah” yang berserakan di beberapa tempat wisata. Menurut anda apakah hal tersebut adalah hal yang wajar? Tentu saja tidak! Mengapa? Karena sampah adalah suatu material yang memang sudah tidak layak pakai sehingga dibuang oleh pemiliknya dan ketika sampah tersebut dikumpulkan maka akan terciptalah bau yang tidak sedap, itulah yang sering menganggu aktifitas kita sehari-hari apalagi kita menemukan sampah yang berserakan dilingkungan sekitar kita.

Tempat wisata sangatlah diminati oleh kalangan remaja dan sangat penting untuk dijaga kelestariannya begitupun kata Sabina Putri Syahdian (17tahun) salah satu murid asal Sekolah Menengah Atas yang kerap dipanggil Sabina oleh teman-temannya. Sabina pun berkata bahwa menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat wisata merupakan hal yang cukup penting karena menurutnya menjaga kebersihan lingkungan juga dapat membantu kita memperlihatkan kepada dunia tempat wisata indah yang kita miliki.

Sabina mengatakan bahwa wisatawan yang membuang sampah sembarangan mungkin saja karena mereka tidak dapat menemukan tempat sampah disekitaran tempat wisata tersebut ataupun kurangnya pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama ditempat yang harus dijaga kebersihan dan kerapihannya.

Dari perkataan Sabina diatas dapat kita simpulkan bahwa kita sebagai masyarakat / wisatawan yang berada di dekat daerah tempat wisata tersebut sudah seharusnya turut serta memperingatkan apabila ada wisatawan lain yang masih membuang sampah sembarangan agar tidak terjadinya penumpukkan sampah disekitar tempat wisata.

Sabina mengatakan bahwa ia sering merasa sedih dan kecewa apabila melihat wisatawan yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya padahal wisatawan tersebut tahu bahwa menjaga kebersihan lingkungan sekitar sangatlah penting dan juga mereka seolah tidak memikirkan dampak yang akan terjadi apabila terlalu sering membuang sampah sembarangan terutama bagi makhluk hidup yang tinggal di habitat sekitar tempat wisata tersebut, namun hal tersebut tidak membuat Sabina patah semangat sehingga ia sering membantu atau mengingatkan para wisatawan yang membuang sampah sembarangan agar membuang sapah pada tempatnya. Sabina pun merasa sangat setuju apabila di daerah sekitar tempat wisata akan diberikan tambahan pengawasan yang ketat terkait dengan masalah pembuangan sampah sembarangan ini, sehingga baik wisatawan maupun masyarakat itu sendiri pun dapat lebih tertib dalam membuang sampah.

“Kalau saya sih biasanya engga buang sampah sembarangan  terus kalau saya lihat ada sampah yang berserakan saya ambil terus saya buang deh ke tempat sampah” ujar Sabina ketika di tanya apa bentuk kepeduliannya terhadap tempat wisata sekitar.

Selain beberapa dampak yang telah dibahas diatas, tahukah anda apa dampak lain yang dapat di akibatkan karena membuang sampah sembarangan? Ya, Global Warming. Apa itu Global Warming? Global warming sering disebut juga dengan pemanasan global, yaitu adanya suatu proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.

Apa dampak dari Global Warming? Berikut adalah beberapa dampak dari Global Warming dan faktor yang mengakibatkan dapat terjadinya Global Warming serta cara mencegah Global Warming.

  • Polusi Karbondioksida
  • Polusi Karbondioksida
  • Gas Metana
  • Aktivitas penebangan liar pohon
  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan
  • Efek rumah kaca
  1. Akibat yang ditimbulkan dari pemanasan global (Global Warming)

Berikut dibawah ini beberapa akibat yang ditimbulkan global warming atau pemanasan global:

  1. Kenaikan permukaan air laut seluruh dunia
  2. Peningkatan intensitas terjadinya badai
  3. Menurunnya produksi bidang pertanian akibat gagal panen
  4. Ekosistem Hancur
  1. Cara mencegah pemanasan global

Berikut ini beberapa cara mencegah atau cara mengatasi global warming, diantaranya seperti berikut ini:

  1. Jangan menebang hutan sembarangan
  2. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor
  3. Mengurangi atau jangan menyalakan lampu di siang hari
  4. Peningkatan Penggunaan atau Usahakan menggunakan Transportasi Umum
  5. Penanaman atau menanam Pohon

Jadi gimana? Yakin masih mau buang sampah sembarangan? Gak banget deh. Yuk, kita jaga bumi ini sama-sama supaya bisa hidup lebih lama lagi! Gampang banget kok caranya.

 

MERRY FADILLAH KANTAWIJAYA (2101633770)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close