People Innovation Excellence

10 TIPS KEMBALI SEMANGAT BEKERJA SETELAH LIBURAN

Coba bayangkan ketika anda harus kembali duduk dan bekerja langsung setelah selesainya liburan.Apa anda akan menjalankannya dengan sepenuh hati,tidak bersungut-sungut atau sebaliknya?

Biasanya banyak orang yang cenderung masih tidak bisa melepaskan rindunya akan liburan.Dikarenakan terbawa suasana liburan yang menyenangkan sehingga ketika kembali bekerja jadi malas-malasan.

Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,jika begitu maka produktivitas bekerja anda pun akan menurun.

Maka dari itu berikut ini adalah 10 tips agar anda dapat kembali semangat bekerja dengan baik dan produktif.

  1. Suasana Hati yang Semangat

Adakah hubungan antara suasana hati dan semangat untuk bekerja? Jawabannya adalah jelas ada.Semangat bekerja erat hubungannya dengan suasana hati kita.

Coba anda bayangkan jika anda berangkat dari rumah dengan suasana hati yang semangat dan bahagia ketika ingin pergi ke kantor atau kampus.Anda akan melewati sepanjang hari dengan lebih baik dan maksimal.

  1. Tubuh Jasmani yang Sehat

Salah satu komponen utama dalam makna sehat sepenuhnya.Dengan tubuh yang sehat akan membantu kita dalam menjalankan segala aktivitas keseharian kita.

Sebaliknya apabila tubuh tidak sehat, maka segala aktivitas yang seharusnya kita kerjakan akan menjadi terganggu dan pada akhirnya kita akan jauh dari kesuksesan.

Memiliki gaya hidup yang sehat itu adalah kehidupan yang jauh dari berbagai gangguan atau masalah, baik itu fisik (seperti gangguan penyakit) maupun non fisik (seperti kondisi jiwa, pikiran, maupun hati seseorang).

  1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Selanjutnya untuk dapat kembali semangat dan produktif,dibutuhkan adanya pola makan yang sehat.Tidak makan dengan porsi yang terlalu banyak namun stabil.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran, menghindari bahaya junk food juga agar terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka tubuh kita akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga dapat semangat ketika menjalankan aktivitas seharian.

  1. Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup itu sangat mendukung kesehatan anda. Istirahat merupakan proses pemulihan tenaga setelah melakukan aktivitas.

Istirahat dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.Sehingga dapat memulai hari dengan bahagia dan tenang.

Hal ini membantu agar tubuh tidak rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Selain itu, dengan beristirahat akan membantu memberikan dorongan energi bagi tubuh sehingga kita dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Normalnya manusia memerlukan waktu untuk beristirahat +/- 8 jam perharinya.

  1. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Dengan menjaga kebersihan dan kerapihan,anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan.

Untuk itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan.

Baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Dengan diri dan lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat kita terhindar dari stress karena bekerja.Selain itu, hal tersebut juga dapat memberi kesan yang baik di mata orang-orang disekitar kita.

  1. Bersosialisasi dengan Lingkungan Sekitar

Memiliki kehidupan sosial yang baik akan sangat berpengaruh pada kembalinya semangat bekerja setelah liburan.

Dengan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar kita bisa memiliki banyak teman, kita bisa bertukar pikiran dan juga bisa tahu kehidupan disekitar kita.

Hal ini akan sangat membantu pikiran menjadi lebih rileks,tenang sehingga dapat mengatasi stress.

Hindarilah mengisolasi diri sendiri untuk bekerja di likungan anda berada.Karena hal itu justru akan membawa anda pada kejenuhan.

Jiwa anda menjadi tidak bisa berkembang seperti terpenjara dan tentu saja akan dikucilkan dari pergaulan dengan masyarakat di sekitar Anda.

  1. Berusaha untuk Selalu Fokus

Sebelum melakukan suatu kegiatan, ada baiknya jika melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Dalam melakukan kegiatan sebaiknya fokus pada apa yang ingin di capai sesuai dengan rencana awal.

Karena dengan fokus, maka tingkat keberhasilan akan lebih tinggi.Alhasil sebaliknya jika anda tidak fokus, maka pikiran akan bercabang ke mana-mana.

Hal tersebut akan membuat pikiran menjadi pusing dan bingung,Efeknya lama kelamaan dapat mengakibatkan tekanan tinggi atau stress.

Kesehatan jasmani dan rohani harus selalu seimbang, karena dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari dengan baik. Hal tersebut berarti kita bisa lebih dekat dengan kesuksesan.

  1. Olahraga

Konsisten dalaam melakukan olahraga rutin dimana jadwalnya tidak mengganggu aktivitas atau rutinitas kerja.

Dalam konteks ini,olahraga yang dimaksud bukan push-up ataupun sit-up.

Namun simpel saja seperti olahraga di kantor tanpa harus meninggalkan meja dimana anda bekerja.

Misalnya bolak-balik kemudian duduk dan berdiri setelahnya. Sebagai pemanasan, sangat mudah.Anda tinggal bolak-balik ganti posisi dari duduk ke berdiri terus-menerus, tapi tanpa bantuan tangan.

Mulai dengan duduk tegap dan kaki menjajak tanah membentuk 90 derajat. Tekan ke bawah dari tumit anda, cobalah untuk tidak menggerakkan kaki ke kursi anda atau gunakan lengan anda (luruskan kedua tangan ke depan).

Usahakan bahu tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam posisi tegak tapi tidak tegang.Kemudian berdiri secara perlahan-lahan.

Dari posisi berdiri, pelan-pelan kembali duduk tegak sambil menahan diri untuk tidak condong ke depan dan/atau menggeser pinggul ke satu sisi atau sisi yang lain. Ulangi 5 sampai 10 kali.

Cara yang sederhana ini mungkin anda dapat lakukan untuk mengatasi pegal linu saat bekerja.

  1. Diperlukan Motivasi yang Tepat

Saat pertama kali masuk kerja, anda akan merasakan semangat yang begitu menggelora. Lambat laun semangat tersebut akan mengalami penurunan.

Sampai pada akhirnya, anda akan mengalami titik kejenuhan dalam bekerja.Diperlukan motivasi yang tinggi dan tepat, agar bisa mengembalikan semangat kerja anda yang sempat hilang.

Semangat kerja erat kaitannya dengan motivasi kerja.

Motivasi kerja adalah suatu keinginan yang kuat yang berasal dari dalam diri.

Untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri yang membuat seseorang cenderung untuk melakukan sesuatu.

Selain faktor internal dan eksternal, motivasi seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor biologis, sosial, intelektual dan emosional.kita dapat mengatakan bahwa motivasi sangatlah kompleks.

Menurut para ahli,motivasi berasal dari kata motif yang berarti “dorongan” atau rangsangan atau “daya penggerak” yang ada di dalam diri seseorang.

Salah satu motivasi yang bisa digunakan untuk anda adalah giat bekerja agar anda mendapatkan gaji atau penghasilan yang layak dan maksimal.

  1. Jadikan Meja Kerja Anda menarik

Bawa dan pasang kalender kesukaan, jam meja favorit, buku catatan kecil kesayangan dan pernak pernik lainnya yang anda sukai.

Ingat,untuk dapat menghabiskan sekitar 8 jam di area kerja setiap harinya.Anda harus merasa nyaman agar dapat menikmati kegiatan kerja anda.

Dengan tetap bersemangat senantiasa untuk memiliki kinerja yang baik sebagai cara untuk meningkatkan semangat kerja.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga artikel tentang “10 Tips Kembali Semangat Bekerja Setelah Liburan” dapat menjadi wawasan yang bermanfaat untuk anda.Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Cornelya Joey


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close