People Innovation Excellence

Zaman Sekarang Ladies Harus Melek Teknologi, Sis!

Melesatnya perkembangan teknologi memberi kesempatan besar bagi siapa saja yang mau berusaha untuk meraih kesuksesan di bidang apapun yang diinginkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa secara tidak langsung teknologi telah menciptakan jarak, ruang dan waktu menjadi semakin dekat. Akan tetapi tidak hanya itu saja, bahkan untuk saat ini antara kaum pria dan wanita pun kini mempunyai peluang yang sama untuk menciptakan kreasi-kreasi dengan teknologi baru. Coba saja jika Anda melihat banyaknya peluang yang ada, sayang sekali jika sosok perempuan hanya menjadi penonton saja.

Seiring berjalannya waktu, dewasa ini isu gender dan teknologi menjadi masalah penting yang dihadapi oleh kaum perempuan secara global. Mengapa? Karena terdapat bias gender yang disebabkan minimnya jumlah perempuan  yang  bekerja di ranah teknologi. Fakta tersebut diperkuat dengan prediksi Deloitte yang menyatakan bahwa pada akhir 2016 kurang dari 25 persen pekerja teknologi informasi di negara – negara maju akan dipegang oleh kaum perempuan. Artinya, banyak terdapat celah pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan oleh kaum perempuan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa perempuan memiliki dampak yang bisa mempengaruhi hingga 85 persen pembelian. Tak hanya itu saja, setengah dari pengguna produk teknologi terutama di bidang e-commerce dan marketplace adalah kaum perempuan, sehingga dari situlah dibutuhkannya sebuah analisa pemasaran dan inovasi terbaru dari sudut pandang perempuan untuk mencapai target pasar. Namun disini Anda akan memahami ada beberapa alasan mengapa kaum perempuan juga harus turut melek pada kecanggihan dan perkembangan dunia teknologi seiring berjalannya waktu.

 

 

Berikut terdapat 4 alasan Anda sebagai kaum perempuan, juga perlu melek teknologi.

  1. Menjadi Perempuan Yang Penuh Percaya Diri Dan Mandiri

Menjadi seorang perempuan merupakan suatu keistimewaan yang tidak dapat kita tolak. Mungkin tak hanya itu saja,  perempuan pun juga suka diagungkan dari segi fisik, namun menjadi perempuan yang layak untuk dijaga pun tentu harus selalu dirawat dari segi batin dan juga segi perasaan. Ketika  dulu perempuan selalu saja dianggap berada di bawah bahkan di belakang sosok dari  laki – laki, maka tidak untuk kali ini. Perkembangan zaman membuat perempuan lebih mudah untuk mengekspresikan diri mereka dalam berbagai cara.

Sepintar apapun kita, apabila gagap dengan kemajuan teknologi akan membuat kita tertinggal beberapa langkah dari orang lain. Lho, mengapa bisa seperti itu ya? Hmm, sadar atau tidak bahwa kemampuan beradaptasi dan responsif lah terhadap adanya perubahan yang terjadi justru menjadi sangat krusial daripada hanya sekedar pintar. Jika perempuan mampu melek teknologi, tentu akan menjadi lebih bisa mengandalkan diri sendiri dan tidak perlu selalu bergantung dengan orang lain. Dan perempuan yang percaya diri dan mandiri justru menjadi sosok incaran oleh para kaum lelaki. Hal ini akan membuat kita bisa meningkatkan rasa percaya diri.

 

  1. Kesempatan Kerja Terbuka Lebar

Dizaman sekarang ini tak peduli lagi apa latar belakang pendidikan, pemahaman teknologi menjadi sebuah nilai plus untuk diri sendiri. Wanita pada dasarnya dapat menjadi penggerak roda ekonomi, misal menopang keuangan rumah tangga dengan berjualan lewat media online. Ketika disadarkan akan haknya atas pendidikan, kesehatan, pendapatan, hingga tugas dalam keluarga, kontsribusi pada perekonomian dapat tercapai.

Apabila Anda yang melek teknologi bisa membantu kinerja bekerja jauh lebih efisien dan efektif daripada yang tidak. Selain itu pula ada beberapa banyak jenis pekerjaan baru yang muncul seiring perkembangan teknologi, lho! Contohnya seperti Social Media Strategiest, Digital Marketing, Media Social Analysist, dan berbagai macam jenis pekerjaan yang bergerak di media lainnya. seorang wanita bisa saja menjadi sukses di pekerjaan hingga mencapai puncak serta menjadi ibu rumah tangga yang baik. Selain itu, berbagai perubahan dan peloporan yang telah berhasil mereka lakukan bisa menjadi panutan bagi wanita muda saat ini. Karena pada hakekatnya kesuksesan seseorang tidak berdasarkan pada ras, jenis kelamin, atau pun usia. Semua tergantung bagaimana usaha dan potensi yang dimiliki.

 

  1. Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan Sendiri

Kata siapa hanya laki – laki saja yang bisa menjadi pemimpin dibidang ekonomi? atau bahkan memiliki perusahaan sendiri? Kini dengan pemahaman akan kemajuannya sebuah perkembangan teknologi yang lebih baik, perempuan juga bisa memiliki sebuah potensi pada diri untuk membangun sebuah usaha, bisnis, bahkan melakukan start-up. Di Indonesia telah banyak perempuan yang bisa menjadi inspirator dalam mendirikan start-up, lho! Contohnya bisa kita lirik pada sosok perempuan seperti Catherine Hindra Sutjahyo yang beliau sebagai pendiri Zalora, Diajeng Lestari sosok yang sebagai pendiri Hijup.com atau Ollie Salsabeela sebagai co-founderNulisBuku.com.

 

  1. Pendamping yang Baik Bagi Anak Anda

Teknologi bisa di ibaratkan seperti dua sisi mata pisau. Bisa memberikan dampak yaitu antara dampak positif dan dampak negatif dari adanya kemajuan teknologi tersebut. Kemudahan yang ditawarkan kepada kita pada zaman saat ini, dapat memberikan banyak manfaat sekaligus bahaya yang bisa mengancam, bahkan bisa berakibat fatal untuk anak – anak. Anda mungkin pernah merasa was – was apabila melihat perkembangan pada anak – anak zaman sekarang ini, terutama perkembangan canggihnya teknologi di zaman millennials.

Saat ini sebagai sosok orang tua dihadapkan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin canggih. Mau tidak mau, suka tidak suka hal ini tentu akan memengaruhi kehidupan anak yang terlahir di era digital. Tentu banyak manfaat yang dapat kita rasakan apabila menggunakan teknologi digital dengan bijak. Seperti menjadi sarana informasi, membangun kreativitas, memperluas komunikasi, media belajar jarak jauh, sebagai jejaring sosial, mendorong laju usaha serta memperbaiki infrastruktur layanan publik. Sebagai orang tua terutama sosok perempuan yang akan menjadi seorang ibu, apakah Anda sudah mempersiapkan anak – anak Anda untuk mampu menghadapinya?

Jangan sampai anak – anak menjadi terlena dengan adanya perkembangan teknologi, maka kaum perempuan harus bisa mengikuti dan juga melek teknologi agar bisa mengontrol terhadap anak – anaknya jika anak – anak tersebut sudah mulai mengenal dengan dunia teknologi. Sebagai sosok ibu yang lebih dominan dirumah sebagai ibu rumah tangga, jangan sampai tertipu dengan anak – anaknya dikarenakan tidak tahu cara penggunaan teknologi itu seperti apa. Sebagai sosok perempuan harus bisa menjadi sosok yang ekstra di dalam segala bidang, sehingga dengan begitu apabila kaum perempuan dapat menyeimbangi dirinya untuk melek teknologi, maka menjaga anak – anak pun dapat terkontrol dengan baik sehingga tidak juga mudah di bohongi oleh anak – anaknya sendiri dalam penggunaan media maupun dunia teknologi. Nah, daripada jadi paranoid , lebih baik menjadi melek teknologi agar bisa menjadi pendamping yang baik bagi anak – anak Anda kelak.

(BERLIANI  EKA  SAPUTRI –  2101700056)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close