Memiliki wajah yang cantik adalah idaman setiap perempuan. Kata “cantik” pada wajah sering didefinisikan sebagai wajah yang tanpa jerawat, selalu bercahaya, dan tidak berminyak. Tetapi sayangnya, tidak semua perempuan mendapatkan kulit sesuai harapan tersebut. Banyak perempuan yang memiliki masalah pada kulit wajahnya. Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada wajah setiap perempuan karena dianggap sangat menganggu penampilan wajah.

Ketika munculnya jerawat, kepercayaan diri dalam berpenampilan pun langsung hilang begitu saja. Sampai-sampai banyak diantara kalian yang melakukan segala cara untuk menutupi jerawat kalian. Seperti menggunakan make-up yang totalitas, menempelkan plester, atau bahkan memencet jerawat kalian agar jerawat tersebut cepat hilang. Harap tahu saja guys, merawat kulit yang berjerawat tidak semudah merawat kulit yang normal. Banyak hal-hal yang harus dihindari agar jerawat-jerawat yang ada di wajah kalian tidak semakin meradang. So, buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara merawat kulit yang berjerawat, simak artikel ini guys!

 

  1. Jangan Lupakan Pembersih Wajah.

Membersihkan wajah adalah yang paling utama bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat. Kenapa ? karena kulit berjerawat identik dengan jenis kulit yang berminyak, sehingga kotoran ataupun debu akan lebih mudah menempel di wajah kalian. Nah, debu dan kotoran ini yang akan membuat jerawat  jerawat baru yang akan muncul di wajah kalian. Terlebih jika kalian beraktivitas di luar rumah ataupun sering menggunakan make-up.

Untuk diketahui nih guys, membersihkan wajah tidak cukup dengan sabun pencuci wajah. Bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat, sangat disarankan menggunakan cleansing milk agar kotoran dan debu diwajah kalian lebih terangkat.

 

  1. Gunakan Toner.

Banyak perempuan menganggap jika penggunaan  toner tidak memiliki efek apapun pada wajah. Faktanya, penggunaan toner akan mendukung kebersihan wajah kalian setelah kalian membersihkan wajah karena penggunaan toner bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa pembersih atau sabun yang ada pada wajah kalian. Yang kedua, penggunaan toner akan membantu mengurangi minyak yang ada pada wajah kalian dan menyegarkan kulit kalian. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan toner.

 

  1. Selalu Ingat Dengan Pelembab.

Wajah yang sehat tentunya membutuhkan nutrisi yang akan selalu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Maka dari itu, penggunaan pelembab sangat penting bagi wajah kalian. Banyak perempuan beranggapan, jika mereka tidak perlu menggunakan pelembab karena kondisi kulit mereka yang berminyak dan sudah pasti akan selalu lembab. Tetapi, anggapan ini tidak benar karena kulit berminak pun perlu nutrisi. Sehingga pelembab pun dibutuhkan bagi kulit yang berjerawat. Pelembab yang dinilai cocok bagi kulit berjerawat adalah pelembab yang memiliki kandungan air, sehingga pelembab pun dapat dengan mudah meresap ke wajah. Ada pula pelembab yang harus kalian hindari nih, yaitu pelembab yang memiliki kadar alkohol karena akan membuat jerawat di wajah kalian semakin meradang.

 

  1. Jagalah Kebersihan Tangan.

Kalian tentunya sudah tahu bahwa tangan kalian merupakan tempat adanya kuman terbanyak. Hal ini dikarenakan, semua aktivitas yang kalian lakukan berawal dari tangan, seperti memegang gagang pintu, membayar belanjaan, menyetir kendaraan, memegang pulpen, dan lain-lain. Sehingga, jika kalian senang menyantuh wajah kalian sebelum kalian mecuci tangan, lebih baik berhenti melakukan hal tersebut ya guys.

 

  1. Dilarang Keras ‘Memencet’ Jerawat.

“memencet” jerawat memang sering kali kita jumpai. Banyak sekali dari kalian melakukan hal ini karena merasa risih dengan jerawat yang ada dan rasa gatal yang muncul. Padahal, tindakan ini sangat salah. Bahkan, akan membuat jerawat di wajah kalian akan semakin meradang. Kenapa seperti itu ? karena ketika kalian memencet jerawat kalian menggunakan tangan kalian, akan banyak kuman-kuman yang berpindah dari tangan kalian ke wajah kalian dan tindakan ini juga akan membuat wajah kalian mengalami luka. Selain itu, jerawat yang hilang karena ‘dipencet’ akan meninggalkan bekas noda hitam pada wajah. Kalian tentunya tidak ingin kan. Jadi, jangan lakukan hal ini ya guys.

 

  1. Usahakan Rambut Kalian Terkuncir Dengan Rapih.

Rambut yang tidak terkuncir dengan rapih akan membuat rambut mudah menempel di sekitar wajah kalian. Rambut yang menempel pada wajah kalian ini nih guys yang mempermudah perpindahan debu dan kotoran pada rambut ke wajah. Sehingga, jika kalian tidak menguncir rambut kalian, maka kotoran dan debu akan mudah menempel pada wajah kalian yang mengakibatkan jerawat baru akan lebih mudah muncul. Jadi, jangan terkecoh dengan tampilan luar rambut kalian yang bersih dan berkilau ya guys karena tidak ada yang tahu jika debu dan kotoran banyak menempel pada rambut kalian.

 

  1. Kurangi Konsumsi Susu.

Kalian tentu tahu jika susu merupakan minuman yang penuh akan nutrisi. Terlebih, susu adalah pelengkap dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Tetapi, tahukah kalian bahwa susu memiliki kandungan yang berdampak pada produksi jerawat ? yap, didalam susu terkandung hormon endrogen yang bertugas untuk memproduksi kelenjar minyak. Seperti yang kalian tahu, semakin banyaknya kelenjar minyak yang dihasilkan, maka semakin banyak pula jerawat yang akan dihasilkan pada wajah kalian yang dikarenakan oleh debu dan kotoran akan semakin mudah  menempel pada wajah yang memiliki kelenjar minyak berlebih. Maka dari itu, kurangi konsumsi susu ya guys.

 

  1. Gaya Hidup Sehat.

Selengkap apapun perawatan wajah kalian, akan sia-sia jika kalian tidak menjaga gaya hidup kalian. Gaya hidup yang harus kalian jaga agar jerawat yang ada diwajah tidak semakin meradang adalah gaya hidup yang sehat. Seperti contoh, mengkonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas/hari, olahraga sedikitnya 5 menit/hari, tidur yang cukup, menjaga pola makan, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan, menjaga kulit kalian agar tetap sehat tidak cukup dari luar, tetapi menjaga dari dalam pun juga sangat dibutuhkan.

Nah, sekarang kalian udah paham kan bagaimana cara merawat kulit berjerawat. Tidak mudah maupun susah memang guys. Jadi, selamat mencoba ya.

 

HAPPY SKIN, HAPPY DAY.

TASNIA