People Innovation Excellence

Destinasi Andalan Parawisata di Minangkabau

Minangkabau, siapa yang tidak mengenal sebutan ini? Istilah Minangkabau adalah  nama  sebuah suku besar yang berada di pulau Sumatera Barat yang sudah dikenal di berbagai daerah bahkan diseluruh penjuru dunia. Minangkabau terkenal dengan tradisi, budaya, adat istiadat,  hingga makanannya. Makanan khas Minangkabau dikenal sebagai masakan Padang yang  menjadi menu favorit bagi seluruh kalangan dan restoran Padang tersebar dimana – mana, bahkan diluar negeri sekalipun seperti di Amerika, Belanda, dan beberapa daerah di Eropa.  Menakjubkan sekali bukan?

Selain masakan Padang, bagaimana dengan tempat – tempat pariwisatanya? Banyak yang tidak tahu bahwa di kampung Minangkabau ini memiliki banyak tempat – tempat yang indah dan wajib rasanya untuk dikunjungi.

Pemerintah daerah telah mengembangkan beberapa peluang di daerah Sumatera Barat menjadi daerah yang diminati banyak orang. Bukan hanya makanannya saja, tetapi juga pariwisatanya.

Lokasi yang tadinya hanya dapat diakses oleh warga sekitar, sekarang sudah dapat dikunjungi oleh siapa saja dan darimanapun orang tersebut. Tempat – tempat pariwisata di Minangkabau tidak hanya satu atau dua lokasi saja. Puluhan tempat menjadi tempat menyaksikan keindahan alam Minangkabau. Berikut ini merupakan tempat – tempat pariwisata yang ada di negeri Minangkabau yang wajib dikunjungi;

 

Ngarai Sianok, Bukittinggi

Dari namanya saja sudah terbayang kan? Bagaimana indah bentuk dari pemandangannya. Ngarai identik dengan sesuatu yang dalam seperti jurang. Namun Ngarai Sianok tidak mengerikan seperti yang dipikiran. Ngarai Sianok terletak di kota Bukittinggi yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Pengunjung dapat melihat langsung pemandangan dari atas bukit yang mengarah pada lembah Ngarai Sianok ini. Memandang tebing yang yang berbaris dan lika – liku rawa dibawahnya dengan keindahan pemandangan gunung – gunung yang mengelilingi ngarai ini.

 

Jam Gadang, Bukittinggi

Jam Gadang menjadi ikon dari kota yang termasuk dingin di Sumatera Barat, yakni kota Bukittinggi. Sesuai dengan namanya, ditempat ini benar – benar terdapat sebuah tugu yang cukup tinggi dan juga sebuah jam yang akurat dengan gonjongan yang menjadi ciri khas Sumatera Barat diatasnya. Pasalnya, para wisatawan mengatakan bahwa kalau belum pernah ke Jam Gadang, berarti belum sampai ke Padang. Begitulah istilah dari wisatawan yang sudah berkunjung. Istilah Padang memiliki arti keseluruhan untuk setiap daerah di Sumatera Barat.

 

Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang merupakan sebuah rumah adat yang dulunya dibangun untuk kediaman rajo di Minangkabau. Dinamakan Pagaruyuang karena lokasi di rumah adat dikelilingi oleh pagar yang terbuat dari ruyung kayu dari batang karambia. Pagaruyuang hingga saat ini masih ramai dikunjungi karna memiliki ciri khas yang unik. Didalamnya terdapat peninggalan – peninggalan sejarah kerajaan yang kondisi dari peninggalan tersebut masih terawat dan jaga dengan baik oleh pengurus istana.

 

Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di tepi Jalan Raya Padang Panjang – Solok. Jalan ini biasanya menjadi jalan alternatif menuju Kota Padang. Danau Singkarak merupakan danau terbesar di provinsi Sumatera Barat. Permukaan danau yang sangat luas itu membuat orang – orang yang mengetahuinya ingin segera berkunjung ke danau terbesar di Sumatera Barat ini. Disekitar danau sudah tersedia fasilitas umum yang biasanya diperlukan oleh pengunjung. Salah satu yang membuat Danau Singkarak diminati oleh wisatawan yaitu fasilitas khusus  berupa perahu yang disediakan oleh warga sekitar dan dapat disewa oleh pengunjung untuk mengelilingi danau.

 

Danau Maninjau

Danau yang keindahannya tidak dapat diukur ini juga berada pada sebuah daerah di Sumatera Barat. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini juga menjadi danau terbesar ke – 2 di provinsi Sumatera Barat Hanya berselang waktu satu jam dari kota Bukittinggi, Danau Maninjau sudah dapat dinikmati keindahannya. Danau Maninjau juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang datang untuk menelusuri keindahan alam. Tempat ini juga cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga dan juga oleh backpacker.

 

Danau Kembar

Di Sumatera Barat danau ini lebih identik dengan sebutan Danau di Ateh – Danau di Bawah sesuai dengan kondisi letak geografisnya. Danau ini letaknya saling berdekatan dan hampir mirip bentuknya sehingga dinamakan Danau Kembar namun danau pertama terletak sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan danau yang satunya yang letaknya saling berdekatan tersebut. Menjadi keunikan dari danau ini adalah cara menumpuh daerah untuk menuju danau tersebut. Untuk menuju danau yang terletak diatas, pengunjung harus melewati jalan yang menurun. Sebaliknya untuk menuju danau yang berada dibawah, pengunjung harus melewati jalan yang mendaki, aneh namun menarik bukan?

 

Lembah Anai

Tidak jauh dari pusat kota Padang, hanya berjarak 60km dari pusat kota menuju ke Lembah Anai. Lokasi yang menjadi destinasi wisata yang satu ini menjadi lokasi yang hampir tidak pernah sepi. Pasalnya lokasi ini melalui jalan lintas Sumatera yang menjadi akses utama bagi para pengendara dari berbagai daerah menuju kebanyak daerah berikutnya. Sehingga destinasi yang satu ini memiliki peluang yang cukup besar untuk dikunjungi oleh wisatawan. Keunikan dari Lembah Anai adalah air terjun yang terbagi atas tiga tempat. Salah satu dari air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter yang menjadi air terjun tertinggi dan paling diminati oleh para wisatawan.

 

Itulah beberapa lokasi yang dapat menjadi destinasi parawisata menarik untuk melihat keindahan alam di negeri Minangkabau Sumatera Barat. Masih banyak lokasi lain yang menjadi destinasi wisatawan selanjutnya. Namun beberapa lokasi diatas dapat menjadi tujuan utama wisatawan jika ingin berkunjung sekaligus menikamti keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan beberapa daerah di Indonesia.

DAVID MUGHTI


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close