People Innovation Excellence

Amatoa dan Woy Woy Resort, Santorini-nya Indonesia?

Keindahan alam Indonesia sudah tidak dipungkiri lagi, ada banyak sekali destini tempat yang luar biasa indahnya dan digemari banyak orang. Pantai pun adalah salah satu tempat keindahan yang dimiliki oleh Indonesia, ada berbagai jenis pantai yang menjadi destini tempat berlibur masyarakat Indonesia maupun luar. Kepulauan Indonesia terdiri dari lebih dari 18.000 pulau, belum semua pantai indah di Indonesia di ketahui oleh banyak orang, masih banyak tempat yang masih sedikit diketahui tetapi memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Dan berjarak sekitar 200 meter dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai dengan bentuknya yang tampak liar di peta, Sulawesi menyajikan sejumlah tantangan, tidak sedikit pun yang memutuskan di mana di pulau itu untuk pergi. Bagian dalam Sulawesi yang kental tebal dengan hutan pegunungan yang membuatnya nyaris tidak dapat ditembus. Sulawesi memiliki dua bandara utama, satu di ibu kota Makassar dan satu di Manado di utara.  Orang-orang bugis adalah panggilan masyarakat yang tinggal di daerah provinsi Sulawesi selatan. Kegiatan kesehatian tradisional mereka yang sangat amat menarik yaitu mendesain perahu-perahu untuk mengangkut kopi, beras, kakao dan banyak lagi. Pekerjaan penduduk disana kebanyakan adalah nelayan. Tetapi belakangan ini lebih banyak kapal yang dibangun atau perumahan untuk datangnya para wisatawan.

 

Biasanya pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Bira melewati jalur darat dikarenakan tidak ada bandara. Salah satu transportasi yang dapat digunakan adalah bus umum. Tetapi untuk sampai ke Pantai Bira harus singgah ke beberapa tempat lainnya tidak langsung sampai tujuan. Bus umum berangkat setiap hari dari Terminal Bus Malengkeri sekitar pukul 09.00-10.00, yang biayanya sekitar 100 ribu rupiah per orang. Anda harus turun di pelabuhan Tanjung Bira. Dari sana, Anda masih perlu mencari transportasi untuk sampai ke akomodasi Anda. Pilihan lain yang banyak diambil penduduk setempat adalah opsi berbagi mobil. Opsi ini melibatkan mengambil mobil SUV dengan penumpang lain dan mengharuskan Anda untuk menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Pastikan Anda memberi tau pengemudi tentang tujuan akhir Anda dan dia setuju untuk membawa Anda ke sana. Rata-rata seharga 115 ribu rupiah per orang . Sopir akan menunggu mobil benar-benar penuh dan sebelum ia mulai mengemudi menuju kota utama Bulukumba. Sebagian besar penumpang akan turun di Bulukumba dan membutuhkan sekitar 1 jam lebih untuk mencapai Tanjung Bira.

 

Untuk sampai di lokasi Pantai Tanjung Bira menempuh waktu 3-5 jam tergantung situasi jalanan. Jalanan menuju lokasi pun tidak terlalu rapih karena memasuki beberapa perdesaan kecil. Tetapi pemandangan saat berjalan menuju lokasi indahnya tidak bisa dipungkiri, keindahan yang masih polos, tidak ada bangunan besar dan udara segar pun dapat dihirup selagi menjelajahi Kawasan ini. Keindahan Pantai Tanjung Bira tidak perlu diragukan lagi, pasir yang sangat bersih dan air laut yang jernih adalah ciri khas Pantai Tanjung Bira.

 

Salah satu pantai yang indah dan eksotis di Indonesia adalah Pantai Tanjung Bira, Daerah pantai cukup bersih dengan pengaturan yang cukup bagus. Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya yang biasanya memiliki tekstur pasir agak kasar, pasir putih di pantai memiliki tekstur yang sangat lembut seperti tepung. Air laut biru terang juga cukup jelas dikombinasikan dengan panorama menawan. Ada banyak wisatawan baik asing maupun domestik mengunjungi pantai ini. Wilayah pesisir ini sudah dikelola dengan cukup baik dan terbagi menjadi dua sisi pantai, sisi barat dan timur. Namun, kebanyakan pelancong lebih memilih menikmati pantai barat daripada sisi timur. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, salah satunya adalah snorkeling dan diving sambil menikmati keindahan bawah laut di beberapa tempat di pantai ini. Salah satu tempat terbaik adalah di sekitar Pulau Liukang Loe, yang merupakan pulau kecil yang terletak di sisi barat Pantai Tanjung Bira. Tanjung Bira adalah tujuan populer bagi turis lokal dan keluarga untuk menikmati beberapa kilometer pantai berpasir putih. Pantai Tanjung Bira adalah daya tarik utama di mana penduduk lokal biasanya tinggal. Salah satu resor paling terkenal dan mungkin paling mahal di Tanjung Bira adalah Amatoa Resort.

 

Pantai Bara

 

Terselip di ujung jubah adalah Pantai Bara. Pantai ini adalah tempat yang sempurna bagi wisatawan yang ingin menghindari keramaian. Jauh lebih bersih dan tenang dibandingkan dengan Pantai Bira. Ini memiliki lebih sedikit pilihan ketika datang ke akomodasi, membuktikan bahwa pantai ini masih belum berkembang. Lokasinya tidak terpencil, memungkinkan Anda untuk tetap terhubung ke Internet dan menulis blog Anda sambil menawarkan ketenangan dan ketenangan yang mungkin tidak Anda dapatkan di Bira. Akomodasi di sekitar tempat ini juga lebih terjangkau daripada Amatoa Resort. Pantai Bira dan Bara keduanya terhubung saat air surut, jadi Anda pasti dapat memilih untuk berjalan dari satu pantai ke pantai lainnya. Penginapan yang memiliki pemandangan luar biasa indahnya terdapat banyak sekali di Bira. Banyak sekali orang menyebut tempat ini menjadi “Santorini di Indonesia”. Tetapi hal itu memang benar adanya, penginapan-penginapan ini ada di Pantai Tanjung Bira dan setiap pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasanakan suasan seperti si Santorini.

 

Pantai Bira di Bira, Sulawesi

 

Matahari terbenam di Pantai Bira, pantai pasir putih yang indah di area ini. Pantai Bira adalah hamparan pasir putih lembut yang empuk di mana ibu-ibu muda duduk dengan bayi, anak laki-laki bermain sepak bola tanpa alas kaki, dan gelombang lembut mainan dengan perahu kayu yang indah. Di salah satu ujungnya ada tebing terjal yang menghadap ke Laut Flores tempat yang sempurna untuk membangun sebuah resor mewah. Namun untuk semua keindahannya yang luhur, Bira menarik hanya sedikit wisatawan kesini membutuhkan perjalanan empat jam yang membosankan dari Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan pusat udara dan pengiriman di Indonesia bagian timur. Itu adalah pertunjukkan bagi banyak calon pengunjung.

 

Pantai Bira dan Bara

 

Pantai Bira cukup terkenal sebagai tujuan wisatawan dalam maupun luar negri. Berbagai hal dapat ditemukar di pesisir pantai Bira yaitu Perahu Nelayan, took suveinir, restora-restoran kecil, resort juga mudah untuk di temukan di sekitar pantai Bira. Pantai ini sudah ditetapkan menjadi pantai komersial bagi masyarakat setempat karena sudah banyak orang-orang dari dalam maupun luar negri membuka resort-resot yang sangat indah yang bertujuan untuk memuaskan wisatawan yang datang kemari. Jika wisatawan ingin mengambil petualangan laut dengan perahu, Bira adalah awal yang bagus. Dibutuhkan 3 kilometer untuk mencapai pantai Bira dan pantai Bara. Pantai Bara terletak di daerah terpencil dimana pasir putih bersih, percikan air laut pirus yang sangat menyegarkan, dan pepohonan kelapa yang begitu indah serta dapat dinikmati. Untuk sampai ke pantai lebih baiknya menggunakan sepada motor atau kendaraan kecil dikarenakan karena jika menggunakan mobil bagus atau besar dikawatirkan karena ranting-ranting pohon di sepanjang jalan dapat merusak mobil. Selama November, udara semakin hangat. Beberapa pohon ditenggelamkan dan jalannya berdebu karena kurang hujan. Terlepas dari kenyataan bahwa panas selama periode itu lebih tinggi, ada cara-cara bagus untuk menikmati matahari di kedua pantai.

 

Woy woy Resort

Resort yang memiliki interior seperti Santorini ini masih sedikit diketahui orang-orang tetapi memiliki pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Resort ini terbagi menjadi dua yaitu woy woy paradise dan woy woy sunrise. Dua-duanya memiliki interior yang unik dan banyak sekali wisatawan ingin sekali menginap di resort ini karena menurut mereka tempat ini sangat “instagramable”. Kedua resort ini hanya menyediakan kurang lebih 4 kamar maka dari itu resort ini sangat menarik. Kedua resort ini memiliki pelayan tetapi bukan seperti pelayanan hotel melainkan hanya pelayan yang hanya membantu pengurusan resort ini saja. Resort ini pun belum memiliki wifi tetapi jaringannya sudah diubah menjadi 4G. kamar dapat dipesan dengan harga 550 ribu untuk dua orang dan dapat menambah extra bed lagi. Nama “woy woy” bukan hanya sekedar nama yang ear catching melainkan memiliki arti “air laut” dalam Bahasa suku Abogirin.

Untuk Woy Woy sunrise, penginapan ini lebih mirip dengan wisata Brighton Beach di Australia. Pemandangan yang ada di resort in tidak kalah indahnya. Memiliki kolam renang kecil menghadap ke laut luas yang sangat indah. Pantai yang indah luas ini pun dapat langsung di nikmati karena jarak resort Woy Woy Sunrise dengan pantai sangatlah dekat.  Di Woy Woy Surnise terdapat kamar kecil yang menarik yang mengingatkan kita tentang tempat wisatwan di Brighton Beach, Australia. Dimana terdapat kubuh-kubuh kamar kecil tetapi memiliki interior yang sangat lucu dan menarik. Banyak pendatang atau wisatwan sangat tertarik dengan interior ini dan mengabdikan ribuan foto di tempat ini. Bukan hanya kamar saja yang menarik tetapi juga pemandangan yang dapat dilihat dari kolam renang kecil yang berbentuk lonjong dan menghadap ke laut bebas. Pemandangan ini dapat lebih enak dinikmati saat terbit dan tenggelamnnya matahari.

 

 

Amatoa Resort

 

Sementara itu pengunjung juga dapat menikmati suasana Santorini di Bira dengan mengindap di Amatoa Resort. Property puncak tebing yang dibuka oleh Amatore Peris Parra ini adalah penduduk Bali yang berasal dari Valencia, Soanyol. Ia pun mengatakan bahwa satu decade lalu ia datang ke Bira untuk mendapatkan phinisi yang dibangun hanya untuk dirinya sendiri, tetapi setelah melihat suatu bangunan di Bali dan sangat menarik perhatiaanya akhirnya Pira pun langsung berniat untuk membangunnya di Bira. Setelah semua sudah selesai Bira langsung lebih jatuh cinta kepada Bira. Property yang sungguh tidak di sangka-sangka mewahnya ini menarik banyak perhatian. Tetapi menurut pengelihatan saya resort-reost indah yang ada di Pantai Tanjung Bira ini tidak terlalu diketahui keindahannya oleh banyak orang. Amatoa Resort hanya memiliki 7 bungalow, masing-masing dilengkapi dengan lukisan-lukisan yang tidak perlu ditanya keindahanya, permadani, dan topeng kayu yang sebagian besar dibawa sendiri oleh Para dari Bali. Ada satu kamar yang menghadap langsung kepada kolam renang tanpa batas dan didepannya juga terpampang laut bebas. Terdapat tangga dari teras utama Amatoa memangjang lurus kedalam air maka jika pengunjung ingin berenang dilaut dapat langsung turun menggunakan tangga tersebut. Dimana air dan pasir sangat bersih dan bening, hamppaan ombak-ombak kecil juga dapat menyejukan kita dikala penat datang.

 

 

Amatoa resort di Bira, Sulawesi

Salah satu dari tujuh bungalow di Amatoa Resort.

Tidak diragukan lagi bahwa memang tidak ada tv di Amatoa karena tempat ini menyajikan begitu banyak keindahan alam maka pengunjung disarankan benar-benar menikmata alam bebas yang ada di pantai Bira ini. Tidak lepas hanya dari oemandangan yang indah tetapi juga interior-interior yang sangat menarik disetiap kamar yang disediakan pemiliki tema yang berbeda-beda. Setiap kamar memiliki Kasur atau tempat tidur yang sangat unik dan berbeda dari yang lain. Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung adalah snorkeling di laut pantai Bira, hal ini adalah salah satu kegemaran penduduk dan juga pengunjung untuk melihat dasar dan ikan-ikan serta keindahan bawah laut pantai Bira yang sangat indah. Karena air laut yang sangat amat jernih dapat membuat pengalaman snorkeling dapat lebih berkesan dan indah. Begitupun juga untuk diving, lebih mendalam melihat keindahan bawah laut pantai Bira yang amt jernih. Serta pengunjung juga dapat mengunjungi dan menjelajahi pulau-pulau yang tak kalah indahnya. Disana juga terdapat hutan yang dipenuhi kera, maka akan sangat menyenangkan jalan-jalan ke Pantai Bira dan mendapatkan berbagai pengalam yang sangat menyenangkan. Jika pengunjung juga ingin melihat perumahan-perumahan tradisional yang ada di Pantai Tanjung Bira yang lebih ke tradisional juga dapat diatur. Hanya tersedia 7 kamar yang bisa di pesan di Amatoa Resort. Untuk menadapatkan harga yang terbaik oengunjung dianjurkan untuk memesan kamar beberapa bulan sebelum keberangkatan karena jika pemesanan dilakukan mendadak dapat berakibat kehabisan kamar atau harga akan sangat naik. Untuk kamar dengan pemandangan langsung infinity pool adalah kamar No 5 mendapatkan 1 double bed dan 1 single bed. Kamar ini adalah salah satu kamar yang di incar oleh para wisatawan karen indahnya pemandangan langsung yang tersedia persis didepan kamar. Pemandangan indah dan sejuk mengarah langsung ke infinity pool dan laut lepas hanya tersedia 3 unit kamar.

 

Kamar Berpemandandangan Infinity Pool

keuntungan mengindap di Amatoa Resort adalah mendapatkan keindahan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan laut lepas dan angina sepoi-sepoi akan mewarnai hari-hari pengunjung selama berlibur. Tidak lupa dengan air laut yang sangat bening dan bersih serta pasir bersih dan halus semua tersedia dan dapat di nikmati di Amatoa Resort ini. Tetapi kekurangan menginap di kamar No. 5 adalah kurangnya privacy kamar. Karena infinity pool dapat dinikmati oleh semua pengunjung bukan hanya penginap di kamar No.5 jadi ramainya pengunjung dapat berlalu lalang di depan kamar. Kamar-kamar yang disediakan dia Amatoa Resort ini dibangun dan didominasi oleh bangunan kayu yang sangat menarik. Membuat sekeliling Resort ini menjadi sejuk, dan juga interior bebatuan yang membuat suasana menjadi klasik. Amatoa Resort di desain menjadi interior yang simple namun sangat menarik. Hiasan tidak terlalu ramai tapi membuat sangat terkesan di mata. Paduan kayu dan bebatuan serta tanaman-tanaman hijau sangat indah dengan pemandangan laut lepas yang berwarna hijau kebiruan. Membuat kita benar-benar terasa seperti di Santorini. Tidak perlu jauh-jauh ke negara orang lain jika kita melihat kedalam negara Indonesia banyak sekali keindahan yang masih tersembunyi.

 

Back To Nature

Di Amatoa Resort ini menyediakan kamar mandi yang sangat terasa nuansa alam bebasnya. Dibagian manapun Amatoa Resort ini kami dapat menikmati suasana alam yang indah. Kamar mandi didominasikan dengan bebatuan unik dan hiasan karang-karang yang bersih dan memiliki bentuk yang menarik juga. Bentuk kamar mandi pun tertutup dengan rapat. Tetapi ada beberapa tipe kamar mandi lainnya yang terbuka jadi pengunjung dapat menggunakan kamar mandi sambal menikmati langit cerah dia Amatoa Resort.  Keindahan alam Indonesia tidak perlu dipungkiri lagi, berbagai keunikan dan kemewahan yang sederhana hanya dengan pemandangi hamparan air lau yang menenangkan. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negri jika di negara kita sendiri memiliki banyak harta karuna lam yang sangat luar biasa indahnya.

 

Photo sources:

https://www.fillyawie.com/2017/05/the-perfect-hideaway-at-amatoa-resort.html

https://www.fillyawie.com/2017/05/amatoa-resort-yang-instagrammable-banget.html

http://www.itjeher.com/liburan/11362/berkunjung-ke-amatoa-bira-resort-sulawesi-serasa-di-santorini/

https://www.idntimes.com/travel/destination/fransisca-stefanie-chandra/potret-woy-woy-sunrise-di-sulawesi-selatan-c1c2/full

www.google.com

Andi Nabilla Maharani Putri – 2101707693


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close