Dalam dunia pekerjaan ada yang dinamakan dengan sikap profesional dalam berkerja. Berikut adalah cara-cara dan tahapan menjadi seorang profesional dalam bekerja.

  1. Berpakaian rapi dalam berkerja itu adalah hal yang penting, karena penampilan adalah pandangan pertama orang lain terhadap kita dan penilaian pertama orang lain terhadap kit. Maka dari itu, kita harus menggunakan pakaian rapi pada saat berkerja karena akan menjadi nilai plus terhadap penilaian orang lain terhadap diri kita.
  2. Ikuti aturan dan tata tertib dalam pekerjaan, karena dengan mengikuti aturan, kita tidak akan mendapat masalah mengenai pelanggaran di dalam aturan perkerjaan.
  3. Jadilah orang yang taat dalam waktu atau tepat waktu, karena dengan kita taat dalam waktu, itu menandakan bahwa kita adalah orang yang profesional. Tidak ada orang yang suka menunggu, akan tetapi lebih baik menunggu dari pada ditunggu, karena jika kita, menandakan bahwa kita lebih profesional. Kita akan dinilai buruk oleh orang lain apabila selalu datang terlambat. Bagaimana kita akan dipercaya apabila dengan waktu saja kita bisa ingkar? Jadi tepat waktu adalah sesuatu hal yang sangat harus diperhatikan.
  4. Selalu bersifat dan bersikap positif. Meskipun kita memiliki masalah di luar kantor, kita tidak boleh membawa masalah tersebut kedalam dunia pekerjaan. Kita harus selalu berfikir positif, karena dengan berfikir positif, orang-orang akan menilai dan mendapat energi positif juga dari diri kita.
  5. Selalu berkata atau mempunyai komunikasi yang sopan dan mempunyai tata krama. Semua orang senang berkomunikasi dengan orang yang sopan. Perkataan yang sopan akan menimbulkan energi yang positif juga terhadap lawan bicara. [Yudhi Samalo]