Siapa yang tidak mengenal aplikasi Line, WhatsApp, Instagram, atau Facebook? Aplikasi tersebut pasti sudah sangat melekat di kehidupan kita. Aplikasi tersebut, baik disadari maupun tidak sangat memudahkan hidup kita. Orang-orang lebih mudah untuk berbagi, baik secara private dengan aplikasi seperti WhatsApp maupun untuk khalayak ramai dengan menggunakan aplikasi Instagram.

Aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas juga termasuk kedalam media komunikasi modern. Jika pada zaman dahulu, orang-orang masih menggunakan media komunikasi tradisional seperti asap atau tulisan-tulisan yang terdapat di batu, kini media komunikasi modern sudah berkembang sangat pesat. Contoh mudah yang bisa kita lihat seperti aplikasi Line. Line adalah sebuah aplikasi chat dimana kita bisa mengirim pesan berupa teks, gambar, video, ataupun rekaman suara. Setiap harinya, puluhan juta orang menggunakan aplikasi tersebut. Bayangkan, betapa banyak aplikasi tersebut membantu kita dalam berkomunikasi sehingga menciptakan waktu yang efisien.

Disamping itu, aplikasi seperti Instagram ataupun Facebook juga membantu kita untuk mengetahui aktivitas seseorang. Karena baik di Instagram ataupun facebook, seseorang bisa membagikan momen-momen mereka bersama orang-orang tersayang dan bisa dilihat oleh banyak orang. Namun, seringkali orang yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan media sosial sebagai kejahatan. Sebagai contoh, kasus penipuan, penyebaran berita hoax, pencurian uang, dan lain sebagainya. Karena itu penting untuk berhati-hati pada saat menggunakan berbagai aplikasi internet tersebut. Jangan mudah percaya kepada orang baru. Dan k ada baiknya untuk tidak cepat menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya. Yuk, gunakan internet dengan sehat! (SM)