Dampak Positif dan Negatif Media Online

Teknologi komunikasi di era sekarang sudah semakin maju. Komunikasi pun dirasa cukup mudah dan cepat karena adanya media online. Salah satu media online adalah media sosial yang merupakan media sharing dimana kita dapat berbagi konten dan berkomunikasi dengan mudah dengan orang lain di seluruh dunia. Contohnya seperti Line, Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi. Dengan adanya media sosial tersebut tentunya sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Bahkan sekarang media sosial pun digunakan untuk berjualan secara online. Dengan adanya online shops, sangat membantu kita dalam mencari sesuatu barang yang murah ataupun yang tidak dapat kita temukan di offline store.

Itulah salah satu dampak positif dari kecanggihan teknologi di era sekarang dan dampak positif dari media online. Selain sangat membantu dalam berkomunikasi dan media untuk marketing, media online lainnya juga sangat berguna sebagai sarana ilmu pengetahuan. Banyak orang yang akan banyak mencari jawaban dari suatu permasalahan di dalam hidup melaluiĀ  media online yang juga merupakan search engine, Google. Banyaknya orang yang mencari suatu informasi melalui Google ini menandakan bahwa peranan media online sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan kita juga dapat bertemu dan berkenalan menambah banyak relasi dari media online.

Namun terdapat pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh media online. Banyak kasus kriminal dan konflik yang terjadi yang dimulai dari media online seperti penipuan, pembunuhan, cyber bullying, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kita harus memiliki kebijaksanaan dalam menggunakan media online. Dampak negatif dari media online ini tentu dapat kita cegah jika kita memiliki tingkat kesadaran yang tinggi bahwa teknologi dan media online hanya untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi dan bersosialisasi bukan untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. (NJS)

Nathania Juliana Santoso
2001579906