Menurut saya program 3+1 sangat membantu kami dalam mengembangkan skill, karena biasanya mahasiswa hanya mempelajari teori dan praktik selama masa perkuliahan. Dengan adanya program 3+1 kita dapat mengembangkan skill serta ilmu yang kita pelajari, dan dapat membantu kita sebagai mahasiswa untuk mengenal dunia kerja.

Saya melakukan kerja praktek di Hotel Ciputra pada divisi Public Relations. Selama 6 bulan, saya mendapatkan banyak pelajaran dari segi hardskill maupun softskill. Karakter dari bekerja di hotel adalah tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa dari sisi teknis, namun juga dituntut untuk dapat berpenampilan sesuai standar perhotelan. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi saya, karena meskipun hanya karyawan magang, namun saya juga harus menjadi cerminan yang baik untuk menunjukan integritas sebagai bagian dari Hotel Ciputra.

Saran saya untuk mahasiswa yang akan melakukan internship pada program 3+1, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru karena disitulah kesempatan kita untuk banyak belajar dan mengembangkan kemampuan. Selain itu juga menjadi pengalaman baru untuk dijadikan nilai tambah saat nanti terju ke dunia kerja yang sesungguhnya.

by: Almira Genesia – Marketing Communication