by Gary Christian – 1801400801 – Marketing Communication

Menjadi Moderator pada Tokopedia Coffee Break

Magang di Tokopedia adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Dari e-commerce yang berkembang dengan sangat pesat ini, saya mendapatkan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi dunia profesional, terutama dalam bidang komunikasi. Pada dua bulan pertama, saya bekerja pada divisi Business and Merchant Development, divisi yang fokus untuk membangun kualitas seller-seller Tokopedia. Saya mempelajari banyak hal dari berbagai kegiatan, seperti , melakukan deep interview mengenai cerita sukses beberapa seller, hingga menjadi MC, bahkan fasilitator pada acara-acara untuk seller Tokopedia.

Setelah kegigihan dan kerja keras pada dua bulan pertama, saya diberikan kesempatan yang luar biasa untuk bergabung dengan divisi yang baru, yaitu Business Development, khususnya pada tim Official Store. Pada tim ini, saya bertanggung jawab untuk mengurus end-to-end kerja sama pihak brand-brand yang ingin berjualan di Tokopedia, mulai dari presentasi dan negosiasi dengan pihak brand, melakukan training pada pihak brand, hingga menganalisis jalannya bisnis brand tersebut di Tokopedia. Dengan kata lain, saya menjadi perwakilan Tokopedia terhadap brand-brand yang menjadi Official Store. Oleh karena Official Store baru saja dibentuk, saya dengan tim saya berkesempatan untuk melakukan development yang signifikan melalui brainstorming ide-ide dan project individual.

Selama 4,5 bulan magang di Tokopedia, saya mendapatkan banyak sekali ilmu hard skills, soft skills, dan juga pengembangan karakter. Didukung oleh budaya kerja dan perilaku karyawan Tokopedia yang sangat terbuka dan bersifat kekeluargaan, saya dapat mengeksplorasi dan merasakan berbagai macam pengalaman yang membentuk mindset saya menjadi profesional dan dewasa. Saya bebas untuk bertanya kepada siapa pun di Tokopedia, meskipun tidak saling mengenal, mengobrol dan bertukar pikiran mengenai pekerjaan ataupun hal-hal lain. Maka dari itu, saya juga banyak belajar dari pengalaman orang-orang yang luar biasa di Tokopedia. Tanpa kesempatan magang ini, saat ini saya tidak dapat merasa percaya diri dan siap untuk menghadapi dunia profesional setelah lulus dari Binus.