KUNJUNGAN IKATAN SARJANA KOMUNIKASI INDONESIA KE TORAJA UTARA

Rangkaian kegiatan Konferensi Nasional Komunikasi di Makassar ditutup dengan kunjungan ke Toraja Utara pada tanggal 13-15 Oktober 2016. Toraja Tour diikuti oleh 20 dosen komunikasi Pengurus Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dari beberapa Perguruan Tinggi dan mendapat fasilitas akomodasi di Hotel Toraja Misiliana. 2 professor komunikasi turut dalam rombongan tersebut, yaitu Prof. Neni Yulianita (Unisba) dan Prof. Ahmad Sihabudin (Untirta). Dari Universitas Bina Nusantara diwakili oleh dosen Jurusan Marketing Communication,  Lidya Wati Evelina dan Ulani Yunus.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menyambut kedatangan rombongan di kantor bupati dan mengajak  melihat  persiapan pemakaman keluarga  Bupati di Kompleks  rumah adat Pallawa. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengikuti upacara pemakaman Adat Rambu Solo di Bangkelekila. Setelah makan siang, Bupati beserta istrinya Linda Sumilat membawa rombongan mengunjungi  Tongkonan, rumah adat Toraja yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan di kawasan Megalitik Kalimbuang, dimana terdapat batu yang tumbuh. Di tempat ini, rombongan dipersilahkan untuk menikmati kopi khas Toraja. Kegiatan sore hari dilanjutkan dengan mengunjungi Makam Gua Londa. Sedangkan pada malam hari, Bapak Kalatiku menjamu makan malam seluruh anggota rombongan dan malam tersebut, Ibu Bupati Linda Sumilat membagikan oleh-oleh berupa Kopi Toraja yang baru selesai digiling, tas Toraja, kalung dan pin dengan logo Toraja.

Keesokan harinya, sebelum menempuh perjalanan 10 jam untuk kembali  Makassar, rombongan diajak menikmati pesona negeri di atas awan di Lolai. Pada kesempatan kunjungan tersebut Bupati Kalatiku menyambut baik niat para dosen untuk melakukan penelitian atau menulis buku untuk membranding Toraja Utara menjadi destinasi wisata. (Lidya Wati Evelina, Dosen Koordinator Rumpun Marketing Public Relations).