Berbicara tentang Public Relations atau PR, berarti kita berbicara tentang bagaimana sebuah organisasi, institusi, atau perusahaan berkomunikasi dengan publik. Tidak selalu menggunakan televisi, PR dapat meraih publik dengan berbagai cara lain, misalnya dengan menyampaikan pesan melalui konten website, blog, grafik, dll.

Dalam menjalankan kewajibannya, berikut adalah fungsi PR :

  1. Fungsi Konstruktif

Membangun kondisi atau mempersiapkan mental publik untuk menerima kebijakan lembaga, penerangan/penyebaran informasi, evaluasi perilaku publik untuk direkomendasikan kepada manajemen, dan saling membantu terhadap tujuan-tujuan publik atau organisasi atau mempertemukan kepentingan lembaga dengan kepentingan publik.

  1. Fungsi Korektif

Berperan sebagai “pemadam kebakaran’ yang mengoreksi informasi dan persepsi publik yang tidak tepat tentang lembaga, termasuk meluruskan pemberitaan negatif dan menyampaikan hak jawab, termasuk mengevaluasi program lembaga, khususnya yang berkaitan dengan publik.

Source : http://www.komunikasipraktis.com/2015/04/tugas-pokok-fungsi-tupoksi-humas.html

Penulis : Edwina Ayu Kustiawan

Editor : Gayes Mahestu